Keperluan Kantor

Keperluan KantorBikinidcard.com. Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan maupun instansi, pasti membutuhkan peralatan maupun penunjang supaya pekerjaan atau event yang Anda selenggarakan berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan business owner yang memiliki tanggung jawab untuk menyediakan segala keperluan keperluan kantor tersebut. Bukan apa – apa, tapi kebutuhan ini sangat penting untuk mendukung kinerja karyawan di perusahaan.

Keperluan Kantor

Definisi Keperluan Kantor

Menurut Wikipedia, Keperluan atau perlengkapan kantor adalah istilah generic yang mengacu pada semua perlengkapan yang umumnya dipakai di kentor, perusahaan dan organisasi lainnya. Baik perorangan sampai kepemerintahan yang bekerja dalam hal pengumpulan, perbaikan dan keluaran informasi (kertas kerja).

Keperluan kantor ini meliputi barang – barang yang berukuran kecil dan biasa digunakan sehari – hari seperti pulpen, buku, binder, stopmap dll. Hingga peralatan yang canggih dan berukuran lebih besar seperti mesin pemotong, mesin pabrik, computer dan masih banyak lagi.

Fungsi Keperluan Kantor

Memang seberapa penting sih keperluan kantor ini untuk perusahaan, instansi bahkan untuk orang – orang yang bekerja di dalamnya? Supaya lebih jelas, keperluan kantor memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Menjaga Kelancaran Aktivitas Bekerja

Fungsi pertama keperluan kantor adalah untuk menjaga kelancaran aktivitas bekerja para staff. Baik karyawan di kantor sebuah perusahaan, lembaga maupun organisasi. Ketiadaan satu kebutuhan kantor yang amat penting bisa menghambat pekerjaan para staff.

Sebagai contoh, computer atau mesin yang rusak tentunya akan sangat mengganggu kinerja karyawan Anda. Terutama jika perusahaan tersebut bergerak dalam industry percetakan atau pabrik. Begitu juga dengan tempat fotokopi yang sangat membutuhkan mesin untuk aktivitasnya.

  1. Media Branding, Promosi dan Kampanye

Selain untuk menjaga kelancaran aktivitas bekerja, keperluan kantor juga bisa dijadikan sebagai media branding, promosi maupun kampanye perusahaan, lembaga maupun organisasi.

Caranya adalah dengan mencetak nama, logo serta tag line pada keperluan-keperluan kantor tersebut. Jika ada orang dari luar kantor yang melihat maupun mendapatkan kebutuhan kantor tersebut, secara tidak sengaja mata mereka pasti akan membaca tulisan dan melihat logo yang sudah dicetak pada keperluan kantor tersebut. Orang-orang itu yang tadinya tidak tahu jika ada perusahaan, lembaga maupun organisasi yang bersangkutan, akhirnya jadi tahu.

Baca Juga : Cetak Mousepad Murah Jogja, Jakarta

Contoh dan Jenis Keperluan Kantor Custom

Saking banyaknya keperluan kantor, kami memberikan 9 jenis kebutuhan kantor yang biasa dipakai. Tidak hanya menggunakan sebagai kebutuhan mendasar tapi juga bisa dipakai sebagai media branding karena dicustom.

Pulpen

Pulpen Keperluan Kantor

Pulpen merupakan keperluan kantor sehari-hari, setiap staff kantor perusahaan, lembaga maupun organisasi apapun pasti memerlukan pulpen. Jangankan kantor, perseorangan pribadi pun memerlukan pulpen untuk menulis. Meskipun pada sebuah kantor rata-rata karyawannya akan menulis menggunakan komputer maupun gadget, pulpen tetap diperlukan untuk mencatat secara mendadak, menulis catatan pengingat, menulis nota maupun kwitansi, dan sebagainya.

Stempel

Keperluan kantor yang berikutnya adalah stempel. Stempel merupakan kebutuhan kantor desa, kantor kecamatan, dan kantor apapun. Kantor setiap perusahaan, lembaga maupun organisasi pasti membutuhkan stempel karena fungsinya sangat penting.

Stempel berfungsi untuk meresmikan suatu surat maupun dokumen yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan maupun lembaga. Suatu surat maupun dokumen yang dikeluarkan sebuah perusahaan maupun lembaga perlu dicap stempel untuk memberikan bukti kepada penerima surat maupun dokumen tersebut bahwa surat maupun dokumen tersebut valid, dibuat oleh maupun atas persetujuan dari pihak perusahaan/lembaga yang bersangkutan.

Selain itu, stempel sebagai keperluan kantor juga digunakan untuk mencegah pihak lain yang melakukan penipuan atas nama perusahaan maupun kantor tersebut. Oleh karena itu, setiap kantor perusahaan maupun lembaga wajib memiliki setidaknya dua buah stempel—satu sebagai stempel utama, stempel lainnya sebagai cadangan jika hilang maupun rusak.

Kop Surat

Kop surat atau kepala surat merupakan keperluan kantor yang berupa cap dibagian atas surat yang terdiri dari logo, nama, alamat, nomor telepon serta email suatu perusahaan, lembaga maupun organisasi yang mengirim surat tersebut. Tujuan sebuah surat diberi kop surat adalah agar penerimanya tidak bingun dari siapa surat itu, serta agar tidak repot mencari alamat pengirim jika hendak membalas surat tersebut. Selain itu, kop surat juga memiliki fungi yang hampir sama seperti stempel yaitu sebagai bukti bahwa surat tersebut diterbitkan oleh perusahaan, lembaga maupun organisasi yang nama dan logonya terdapat pada kop surat tersebut.

Sebuah perusahaan, lembaga maupun organisasi wajib menggunakan kop surat ketika hendak mengirimkan surat, apalagi surat tersebut merupakan surat resmi. Maka dari itu, perusahaan maupun lembaga sebaiknya menyediakan kop surat yang telah dicetak di setiap kantornya, agar para karyawan tinggal mencetak isi surat, tanpa perlu mengatur kop surat lagi.

Nota atau Kwitansi

Sebuah kantor perusahaan maupun lembaga wajib memiliki nota atau kwitansi sebagai keperluan intinya, meskipun perusahaan maupun lembaga tersebut tidak bergerak di bidang jual-beli. Meskipun sebuah perusahaan maupun lembaga tidak bergerak di bidang jual-beli, pasti mereka tetap melakukan pembelian maupun transaksi pemindahan uang.

Nota Keperluan kantor

Contohnya adalah pemberian gaji karyawan. Ketika sebuah perusahaan maupun lembaga memberikan gaji kepada karyawan, mereka wajib memberikan kwitansi atau slip gaji agar transparan. Bukan hanya mengenai gaji, mengenai hal-hal lain yang berkaitan dengan pembelian dan pemindahan uang lainnya juga diperlukan kwitansi sebagai bukti pertanggungjawaban. Oleh karena itu, seluruh kantor perusahaan maupun lembaga apapun wajib memiliki nota atau kwitansi.

Stopmap

Stopmap atau map merupakan salah satu keperluan kantor yang berbentuk seperti “buku” yang hanya terdiri dari sampul depan dan belakang, fungsinya adalah untuk menyimpan maupun mengirim berkas-berkas penting. Pada permukaan stopmap dapat dicetak nama, logo, serta alamat lengkap kantor suatu perusahaan mauon lembaga.

Setiap kantor sebuah peruahaan maupun lembaga hendaknya memiliki stok stopmap agar setiap ada berkas penting bis segera disimpan secara terorganisir. Selain itu supaya ketika mengirim berkas penting ke perusahaan maupun lembaga lain, maka lembaga tersebut langsung tahu dari siapa berkas tersebut tanpa perlu membaca isinya.

Binder

Binder menjadi salah satu keperluan kantor yang memiliki fungsi sama dengan stopmap, tetapi ia lebih tebal. Selain itu, ia hanya bisa digunakan untuk menyimpan berkas-berkas penting, tidak cocok digunakan untuk mengirim berkas ke peruasahaan maupun lembaga lain.

Binder memiliki kapaistas yang lebih banyak dibandingkan stopmap. Oleh karena itu, meskipun sebuah perusahaan telah memiliki stok stopmap, hendaknya mereka tetap memiliki beberapa binder agar berkas-berkas penting dapat disimpan secara rapi dan terkelompok sesuai kategori tertentu.

Brosur

Brosur merupakan keperluan kantor yang digunakan sebagai media promosi maupun media kampanye yang paling banyak digunakan di Indonesia. Baik oleh sebuah perusahaan, lembaga maupun kelompok masyarakat.

Mau cetak Brosur Berkualitas? Klik!

Brosur merupakan keperluan kantor berupa media cetak yang paling murah dibandingkan media cetak lainnya. Oleh karena itu, perusahaan, lembaga maupun organisasi apapun—baik yang berprofit maupun nonprofit—perlu menyediakan brosur branding, promosi maupun kampanye/penyuluhan di kantor-kantor mereka agar para klien yang berkunjung ke kantor perusahaan, lembaga maupun organisasi yang bersangkutan membaca brosur tersebut.

Mousepad

Mousepad

Mousepad menjadi salah satu keperluan kantor yang sering dilupakan. Sebuah mouse perlu diberi mousepad agar gerak pointer pada layar komputer/laptop mudah dikendalikan. Pabila pointer sulit digerakkan maupun tidak dapat dikendalikan maka bisa menghambat kinerja karyawan yang bersangkutan.

Seorang karyawan bisa saja mengerjakan suatu pekerjaan dalam satu jam, tapi karena pointer komputer/laptop yang digunakannya sulit dikendalikan, pekerjaannya baru selesai satu setengah jam.

Pimpinan maupun pengurus sebuah perusahaan maupun lembaga tentu ingin agar para karyawannya kerja dengan tepat waktu, bahkan lebih cepat dari deadline yang telah ditentukan. Oleh karena itu, jika Anda merupakan pimpinan maupun pengurus sebuah perusahaan, maka Anda wajib menyediakan mousepad bagi karyawan-karyawan Anda.

Sertifikat

Sertifikat merupakan tanda kepemilikan suatu hal maupun bukti berlangsungnya suatu kejadian. Sertifikat termasuk pada keperluan kantor sekolah, lembaga pendidikan, perusahaan penjualan suatu barang, dan perusahaan training.

Bagi sekolah, lembaga pendidikan maupun perusahaan pengadaan training, sertifikat berfungsi sebagai bukti bahwa orang-orang yang belajar di sana telah lulus mengikuti ujian kelulusan maupun tes tertentu. Bagi perusahaan penjualan barang, sertifikat menjadi bukti bagi para klien atas kepemilkan barang yang telah dibelinya.

Akan tetapi, sertifikat sebenarnya tidak hanya sebagai keperluan untuk kantor – kantor lembaga serta perusahaan tersebut. Sertifikat sebenarnya juga dibutuhkan oleh kantor perusahaan maupun lembaga apapun, sebab bisa jadi suatu saat lembaga maupun perusahaan tersebut akan menyelenggarakan seminar maupun workshop, sehingga mereka perlu memberikan sertifikat kepada para peserta seminar maupun workshop.

Harga cetak sertifikat seminar di Bikinidcard.com

Tidak hanya itu, sertifikat juga bisa menjadi keperluan kantor yang berfungsi untuk mengapresiasi dan kenang-kenangan kepada karyawan yang telah lama bekerja. Bisa saja karyawan tersebut resign atau habis masa jabatan maupun kontraknya. Serifikat juga dapat menjadi kenang-kenangan untuk staff yang dipindahkan ke kantor lain.

Sertifikat keperluan kantor

Itulah 9 jenis keperluan kantor sehari-hari. Jadi, apakah kantor Anda sudah memiliki seluruh kebutuhan tersebut atau belum? Jika belum, segera lengkapi kebutuhan atau keperluan kantor tersebut, agar pekerjaan para staff kantor berjalan lancar.

keperluan kantor

0.00
9.8

Rating

9.8/10