Pentingnya Name Tag Ustadz untuk Belajar-Mengajar di Madrasah

Bikinidcard.com – Name Tag Ustadz. Julukan “Ustadz” di Indonesia sangat familiar di telinga masyarakatnya. Biasanya, julukan ustadz ini ditujukan kepada guru spiritual untuk Agama Islam, selain Kyai dan Sunan. Ustadz atau ustad dalam Bahasa Indonesia memiliki makna pendidik. Kata ustadz sendiri adalah kata serapan dari Bahasa Arab dan Persia yeng memiliki pelafalan dan makna yang sama.

name-tag-ustadz

Di dalam lembaga Pendidikan yang berbasis Islam, julukan ustadz digunakan untuk memanggil tenaga pendidik atau guru laki-laki. Sedangkan untuk guru perempuannya, dipanggil dengan Ustadzah. Sebagai guru atau tenaga pendidik, ustadz memiliki peran memelihara, mengajarkan, mendidik sekaligus membina dalam penanaman nilai akhlak kepada masyarakat supaya menjadi lebih taat.

Seperti guru pada umumnya, ustadz dan ustadzah dalam di dalam sebuah lembaga Pendidikan juga butuh seragam dan tanda pengenal. Untuk warna dan bagaimana seragam tersebut, tentu tergantung dengan instansi yang menaunginya. Sedangkan untuk bentuk identitasnya, bisa menggunakan name tag sebagai alternatif pilihan selain ID Card atau kartu.

Kenapa Ustadz Menggunakan Name Tag?

Bagi tenaga pengajar di sebuah lembaga Pendidikan, termasuk ustadz sebagai guru di sekolah islam seperti pesantren atau madrasah, name tag wajib dikenakan. Beberapa alasan kenapa name tag wajib dipakai ustadz saat ada di lingkungan sekolah antara lain:

1. Sebagai Identitas

Seperti namanya, name tag digunakan oleh beberapa karyawan atau pegawai untuk menunjukan identitas pemakainya. Nama ini dicetak pada permukaan name tag lengkap dengan nomor pegawai dan logo atau nama sekolah. Beberapa madrasah bahkan juga menambahkan jabatan sang ustadz dalam desainnya. Contohnya “Guru Olah Raga” atau “Guru Bahasa Arab” dan sejenisnya supaya makin lengkap dan mudah dikenali.

Name tag dengan keterangan lengkap memudahkan santri atau orang tua santri untuk mengenali ustadznya. Terutama untuk santri yang baru di tahun ajaran baru, atau ustadz lain yang baru saja bergabung supaya mudah dalam beradaptasi.

2. Ustadz Lebih Dekat dengan Santrinya

Menyambung poin pertama, fungsi kedua dari name tag adalah supaya ustadz lebih dekat dengan santrinya. Selain melalui nama yang sudah tertera pada name tag, ternyata santri bisa lebih dekat dengan gurunya lewat desain name tag tersebut. Semakin desainnya bagus, name tag juga lebih menarik.

Caranya tentu disesuaikan dengan identitas madrasah itu sendiri dan tingkat pendidikannya. Sebagai contoh, name tag ustadz madrasah dengan tahapan pra Sekolah Dasar desainnya lebih ceria dengan warna-warna mencolok. Sedangakan name tag ustadz yang mengajar di madrasah setara SMA, desainnya lebih formal karena santri yang diampunya sudah dewasa.

3. Sebagai Media Branding

Alasan selanjutnya adalah karena name tag menjadi media branding dari madrasah itu sendiri. Unsur brand yang dicetak pada name tag antara lain logo, warna name tag, nama instansi dan font.

Selain untuk media branding madrasah, ternyata name tag juga jadi media branding ustadz/ustadzahnya. Dengan penampilannya yang rapi ditambah name tag sehingga menambah kesan professional. Apalagi kalau ustadz dan ustadzahnya harus bertemu dengan orang tau santri maupun calon santrinya. Dengan tampilan yang professional ini, memudahkan orang tua santri mengambil keputusan menyekolahkan anaknya ke madrasah tersebut.

JENIS-JENIS NAME TAG UNTUK USTADZ

Untuk tenaga pendidik dan pengayom, name tag tidak bisa dibuat asal-asalan. Ini dikarenakan ustadz juga membawa citra madrasah di mata masyarakat. Dengan menggunakan name tag yang proper, tentu saja instansi Pendidikan Islam ini lebih dipandang. Jadi, beberapa name tag yang jadi pilihannya adalah:

  1. Name Tag PVC

PVC adalah salah satu jenis plastik yang mudah menyerap tinta pada permukaanya. Tidak heran jika PVC ini sering dipakai di dunia percetakan, salah satunya dipakai sebagai name tag. Name tag PVC ini bisa dicetak full color dengan hasil yang jelas, detail dan cerah. Cocok jadi identitas ustadz/ustadzah yang bekerja di instansi Pendidikan atau mereka yang bergabung dalam organisasi Islam.

Name tag PVC juga mudah sekali dicustom. Baik dari segi desain, bentuk dan ditambah resin supaya lebih mewah. Resin ini akan memberikan efek kaca dan melindungi desain supaya tidak mudah tergores. Sebenarnya, name tag tidak harus di resin tapi kurang cantik apalagi kalau ukurannya standar.

  1. Name Tag Akrilik

Akrilik menjadi alternative bahan yang digunakan sebagai name tag selain PVC. Seperti PVC, bahan akrilik ini juga bisa dicetak desain yang apik dan full color. Anda bisa menggunakan stiker atau dicetak printing. Tapi, jika Anda ingin name tag akrilik custom yang lebih awet dan hasilnya lebih bagus, di Bikinidcard.com menyediakan name tag akrilik yang dicetak Printing UV.

Kedua jenis name tag ini paling banyak dipakai oleh ustadz dan ustadzah di pesantren atau madrasah. Selain bahan, Anda bisa memilih penjepit yang paling cocok digunakan. bikinidcard.com menyediakan name tag ustadz jepit peniti dan magnet yang lebih tidak merusak baju. Kira-kira, name tag dengan penjepit apa yang paling Anda suka?

Pesan Name Tag di Bikinidcard.com aja!

Tidak hanya bisa cetak tali Lanyard saja, bikinidcard.com juga menyediakan name tag PVC, akrilik dan kuningan untuk Ustadz. Dengan hasil memuaskan dan harga terjangkau, kami patut dipertimbangkan.

Jika Anda ingin cetak name tag Ustadz keren dan siap kirim ke seluruh kota di Indonesia, silakan hubungi Customer Service kami. Bisa tanya-tanya tentang spesifikasi atau bisa langsung pesan tanpa minimal order.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera