Perbedaan Cetak Offset dan Digital Printing

Perbedaan Cetak Offset dan Digital Printing — Ketika Anda mencari percetakan terdekat melalui Google dengan kata kunci “percetakan terdekat” maka Google akan menunjukkan berbagai jenis percetakan yang terdekat dari tempat tinggal Anda, termasuk bikinidcard.com.

Percetakan-percetakan tersebut terdiri dari percetakan offset dan percetakan digital printing. Lalu apa bedanya kedua percetakan tersebut? Jika Anda hendak mencetak kartu nama, brosur dan kop surat, mug, gantungan kunci serta media maupun merchandise lainnya, percetakan mana yang harus Anda datangi?

Perbedaan Cetak Offset dan Digital Printing

Nah, sebelum membahas perbedaan kedua jenis metode pencetakan tersebut, mari kita bahas sekilas mengenai pengertian keduanya.

Cetak Offset Adalah…

cetak offset dan digital printing

Cetak offset merupakan metode pencetakan menggunakan lembaran yang umumnya terbuat dari aluminium yang berfungsi untuk mentransfer hasil cetakan ke sebuah “selimut” yang terbuat dari karet, kemudian gambar yang telah ditransfer tersebut digulungkan pada permukaan kertas sehingga gambar tertransfer dari “selimut” karet ke kertas.

Tampat cetak berkulitas dan bergaransi : Bikinidcard.com

Lalu kenapa dinamakan cetak offset? Pencetakan pada kertas yang dilakukan secara tidak langsung atau membutuhkan media lain membuat metode pencetakan ini dinamakan metode cetak offset.

Digital Printing Adalah…

digital printing adalah

Digital printing adalah metode pencetakan di mana mesin cetak akan langsung mencetak gambar, foto maupun tulisan yang akan dicetak pada media cetak seperti kertas, PVC, akrilik hingga kaca.

Contoh mesin digital printing adalah printer yang kerap Anda gunakan untuk mencetak kertas, printer sublime dan printer UV.

Apa Saja Perbedaan Cetak Offset dan Digital Printing?

Kita sudah membahas pengeritan cetak offset dan digital printing secara singkat, sekarang mari kita bahas perbedaan kedua metode pencetakan tesebut:

  1. Desain yang dicetak menggunakan mesin cetak offset, tidak langsung dicetak pada media yang akan dicetak. Sementara desain yang dicetak menggunakan mesin digital printing akan langsung dicetak pada permukaan media cetak.
  2. Cetak offset diperuntukkan untuk mencetak suatu barang/media dalam jumlah yang sangat banyak (sedikitnya 100 lembar/pcs) dan dengan desain yang sama. Sedangkan digital printing diperuntukkan untuk mencetak media maupun barang dalam jumlah satuan.
  3. Cetak offset hanya bisa mencetak media yang tipis seperti kertas. Sedangkan digital printing dapat digunakan utnuk mencetak media yang lebih tebal dibandingkan kertas seperti papan akrilik, PVC, kaca, kayu dan keramik.
  4. Semakin banyak barang yang dicetak secara offset, biaya produksi semakin sedikit. Hal yang sebaliknya berlaku pad digital printing, semakin sedikit barang yang dicetak maka biaya produksinya semakin sedikit.
  5. Cetak offset dapat mencetak kertas dengan tekstur yang kasar dan tebal seperti kertas buffalo. Sementara digital printing hanya dapat digunakan untuk mencetak kertas-kertas yang halus dan relatif tipis. Sebenarnya, metode digital printing juga bisa digunakna untuk mencetak kertas yang kasar dan tebal, tetapi hasil cetakannya kurang maksimal.

Lalu, barang atau media apa saja yang dapat dicetak dengan metode cetak offset dan barang atau media apa saja yang dapat dicetak menggunakan metode digital printing?

Media yang Dapat Dicetak Offset

cetak offset adalah

Media-media yang dapat dicetak secara offset adalah:

Brosur

Kartu nama

Stopmap

Kop surat

Media yang dapat Dicetak Digital Printing

cetak offset dan digital printing

Sedangkan media atau barang-barang yang dapat dicetak secara digital printing antara lain:

Mug keramik

Gantungan kunci akrilik

Name tag akrilik

Flashdisk PVC

ID Card PVC

Tumbler Insert Paper

Plakat kaca

Pulpen custom

Sertifikat

Lanyard (tali ID card)

Sekarang Anda sudah tahu, apa perbedaan cetak offset dan digital printing serta barang/media apa saja yang dapat dicetak secara offset maupun secara digital printing.  Karena sudah tahu, jangan sampai salah mendatangi percetakan, ya!

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 bikinidcard.com | Percetakan ID Card | Digital Printing | Offset