HVS vs Art Paper – Mana yang Terbaik untuk Brosur Anda?

Perbedaan HVS dan Art Paper untuk Brosur – Memilih jenis kertas yang tepat untuk kebutuhan percetakan merupakan hal yang penting. Kertas yang tepat dapat meningkatkan kualitas hasil cetak dan memberikan kesan profesional. Dua jenis kertas yang umum digunakan untuk berbagai keperluan adalah HVS dan Art Paper. Bingung memilih antara HVS dan Art Paper? Temukan perbedaannya dalam hal tekstur, gramatur, kegunaan, dan harga. Pilihlah kertas yang tepat untuk hasil cetak terbaik!

Perbedaan HVS dan Art Paper untuk Brosur

Brosur merupakan media promosi yang efektif untuk menjangkau target audience dan meningkatkan brand awareness. Memilih jenis kertas yang tepat untuk brosur adalah kunci untuk mendapatkan hasil cetak yang berkualitas dan menarik perhatian. Dua jenis kertas yang commonly used untuk brosur adalah HVS dan Art Paper.

Memilih jenis kertas yang tepat untuk kebutuhan percetakan merupakan hal yang penting. Dua jenis kertas yang umum digunakan adalah HVS dan Art Paper. Meskipun sama-sama berwarna putih, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal tekstur, gramatur, kegunaan, dan harga.

Apa itu HVS?

Perbedaan HVS dan Art Paper untuk Brosur bikinidcard gambar 1

 

HVS (Hout Virj Schrijfpapier) adalah jenis kertas yang paling umum digunakan untuk keperluan tulis menulis dan fotokopi. Kertas ini memiliki permukaan yang kasar dan tidak licin, serta tersedia dalam berbagai gramatur (ketebalan). HVS umumnya lebih murah daripada Art Paper.

Kertas HVS untuk Brosur

Kertas HVS (Harga Verval Standar) merupakan salah satu jenis kertas yang paling umum digunakan untuk mencetak brosur. Selain itu, Kertas ini tersedia dalam berbagai ketebalan, warna, dan tekstur, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain brosur Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih kertas HVS untuk brosur:

Ketebalan Kertas

  • HVS 70 gsm: Ketebalan yang paling umum digunakan untuk brosur standar. Cocok untuk brosur dengan informasi yang tidak terlalu banyak dan ingin dihemat biaya.
  • HVS 80 gsm: Ketebalan yang ideal untuk brosur dengan informasi yang lebih banyak dan ingin terlihat lebih kokoh.
  • HVS 100 gsm: Ketebalan yang paling tebal dan kokoh, cocok untuk brosur premium yang ingin memberikan kesan eksklusif.

Warna Kertas

  • Putih: Warna yang paling umum digunakan untuk brosur, memberikan kesan bersih dan profesional.
  • Warna-warni: Tersedia dalam berbagai warna, dapat digunakan untuk menarik perhatian dan menyesuaikan dengan tema brosur.

Tekstur Kertas

  • Smooth: Permukaan halus dan licin, memberikan hasil cetak yang tajam dan jelas.
  • Matte: Permukaan yang tidak licin, memberikan kesan lebih elegan dan tahan terhadap sidik jari.

Apa itu Art Paper?

Perbedaan HVS dan Art Paper untuk Brosur bikinidcard gambar 2

Art Paper adalah jenis kertas yang memiliki permukaan licin dan mengkilap. Kertas ini tersedia dalam berbagai gramatur dan umumnya lebih tebal daripada HVS. Art Paper lebih mahal daripada HVS, tetapi menghasilkan cetakan yang lebih tajam dan berwarna.

Kertas Art Paper untuk Brosur

Kertas art paper merupakan salah satu jenis kertas yang populer digunakan untuk mencetak brosur. Selain itu, Kertas ini memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya ideal untuk brosur, antara lain:

Karakteristik Kertas Art Paper:

  • Permukaan Halus dan Mengkilap: Kertas art paper memiliki permukaan yang halus dan mengkilap, sehingga menghasilkan cetakan yang tajam dan berwarna cerah.
  • Ketebalan: Kertas art paper tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 80 gsm hingga 310 gsm. Ketebalan yang umum digunakan untuk brosur adalah 120 gsm, 150 gsm, dan 200 gsm.
  • Jenis Lapisan: Kertas art paper dapat dilapisi dengan berbagai jenis lapisan, seperti glossy, matte, dan satin. Lapisan glossy menghasilkan efek kilap yang tinggi, sedangkan lapisan matte menghasilkan efek yang lebih halus dan tidak mengkilap.
  • Kualitas Cetak: Kertas art paper dapat menghasilkan kualitas cetak yang tinggi dengan detail yang tajam dan warna yang cerah.
  • Daya Tahan: Kertas art paper memiliki daya tahan yang cukup baik, namun tidak tahan air.

Keuntungan Menggunakan Kertas Art Paper untuk Brosur:

  • Hasil Cetak yang Menarik: Kertas art paper menghasilkan cetakan yang tajam, berwarna cerah, dan detail yang jelas. Hal ini membuat brosur terlihat lebih menarik dan profesional.
  • Kesan Mewah: Kertas art paper memberikan kesan yang lebih mewah dan elegan dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.
  • Daya Tahan: Kertas art paper memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga brosur dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Cocok untuk Berbagai Jenis Brosur: Kertas art paper dapat digunakan untuk berbagai jenis brosur, seperti brosur produk, brosur perusahaan, dan brosur acara.

Perbedaan Utama Kertas HVS dan Art Paper untuk Brosur

Memilih jenis kertas yang tepat untuk brosur adalah kunci untuk mendapatkan hasil cetak yang berkualitas dan menarik perhatian. HVS dan Art Paper adalah dua jenis kertas yang commonly used untuk brosur, dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah jenis kertas yang tepat untuk kebutuhan Anda, dengan mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

1. Bahan Baku

  • HVS: Terbuat dari 100% pulp kayu dengan permukaan yang halus dan licin. Gramatur kertas HVS beragam, mulai dari 60 gsm yang tipis untuk surat, hingga 80 gsm yang ideal untuk fotokopi dan dokumen internal, dan 100 gsm untuk dokumen penting dan laporan.
  • Art Paper: Terbuat dari campuran pulp kayu dan bahan lain seperti kapur dan kaolin, menghasilkan permukaan yang lebih halus dan mengkilap. Art Paper memiliki gramatur yang lebih berat, umumnya berkisar antara 100-300 gsm. Art Paper 120 gsm cocok untuk brosur dan poster tipis, sedangkan Art Paper 200 gsm ideal untuk majalah dan kartu nama.

2. Tampilan dan Tekstur

  • HVS: Memiliki permukaan putih bersih dengan tekstur yang lebih kasar, sehingga lebih cocok untuk teks dan cetakan hitam putih. Tekstur kasar HVS membantu tinta menempel lebih baik, sehingga tulisan lebih jelas dan mudah dibaca.
  • Art Paper: Memiliki permukaan putih yang lebih cerah dan mengkilap dengan tekstur yang lebih halus, ideal untuk gambar dan cetakan berwarna. Kilauan Art Paper meningkatkan kualitas gambar dan membuat warna terlihat lebih cerah dan tajam.

3. Kemampuan Tahan Tinta

  • HVS: Memiliki daya serap tinta yang lebih tinggi, sehingga lebih mudah luntur dan bleed. Tinta yang basah di atas HVS membutuhkan waktu lebih lama untuk kering, sehingga berisiko mencoreng dan berpindah ke halaman lain.
  • Art Paper: Memiliki daya serap tinta yang lebih rendah, sehingga hasil cetak lebih tajam dan tahan lama. Tinta cepat kering di atas Art Paper, sehingga tidak mudah luntur dan bleed.

4. Penggunaan

  • HVS: Cocok untuk dokumen, surat, fotokopi, dan keperluan tulis menulis. HVS ideal untuk dokumen internal, surat resmi, dan laporan karena teksturnya yang mudah dibaca dan harganya yang ekonomis.
  • Art Paper: Ideal untuk gambar, brosur, poster, majalah, kalender, dan kartu nama. Art Paper cocok untuk media promosi, publikasi, dan kartu nama karena tampilannya yang menarik dan profesional.

5. Harga

  • HVS: Memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Art Paper karena bahan bakunya yang lebih sederhana dan proses pembuatannya yang lebih mudah.
  • Art Paper: Memiliki harga yang lebih mahal karena kualitas bahan dan proses pembuatannya yang lebih kompleks.

Tips Memilih Kertas untuk Brosur

Memilih kertas yang tepat untuk brosur dapat meningkatkan kualitas, estetika, dan daya tarik brosur. Pertimbangkan faktor-faktor di atas sebelum memilih kertas untuk brosur Anda, dan ciptakan brosur yang mampu memberikan kesan pertama yang menawan kepada calon pelanggan.

  • Sesuaikan jenis kertas dengan desain brosur

Gunakan kertas HVS untuk brosur dengan desain yang sederhana dan minimalis. Sedangkan, Gunakan kertas Art Paper untuk brosur dengan desain yang penuh warna dan gambar yang detail.

  • Pilih ketebalan kertas yang sesuai dengan kebutuhan

Gunakan kertas yang lebih tebal untuk brosur yang sering dipegang dan dibawa. Sedangkan, Gunakan kertas yang lebih tipis untuk brosur yang dibagikan dalam jumlah besar.

  • Pertimbangkan warna kertas yang sesuai dengan target audience

Gunakan warna putih untuk brosur yang ditujukan untuk profesional. Sedangkan, Gunakan warna cerah untuk brosur yang ditujukan untuk anak-anak.

  • Pilih tekstur kertas yang sesuai dengan konsep brosur

Gunakan kertas dengan tekstur halus untuk brosur yang ingin memberikan kesan profesional. Sedangkan, Gunakan kertas dengan tekstur kasar untuk brosur yang ingin memberikan kesan natural.

  • Tentukan finishing kertas yang sesuai dengan budget

Laminating adalah finishing yang paling umum dan terjangkau. Varnish dan embossing memberikan efek yang lebih menarik, tetapi dengan harga yang lebih mahal.

Bikin id card

Bikin Id card adalah solusi tepat untuk pembuatan tanda pengenal dan media branding lainnya. Kami menyediakan berbagai jenis tanda pengenal, seperti ID card karyawan, kartu pelajar, kartu anggota, dan lain sebagainya.

Kunjungi website kami di bikinidcard.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan untuk memesan tanda pengenal dan media branding Anda sekarang!

Hubungi kami:

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera