Perbedan Katalog dan Brosur

Perbedaan katalog dan brosurbikinidcard.com. Katalog dan brosur adalah dua media cetak yang serupa sehingga banyak orang yang mengira bahwa keduanya sama padahal kedua media cetak ini tidak kembar identic.

perbedaan kataog dan brosur

Apa Saja Perbedaan Katalog dan Brosur?

Berikut perbedaan katalog dan brosur yang belum banyak diketahui:

  • Bentuk

Perbedaan pertama katalog dengan brosur adalah bentuknya. Katalog dijilid sehingga membentuk buku tipis seperti bulletin, sedangkan brosur tidak dijilid. Brosur hanya terdiri dari selembar kertas yang dilipat menjadi dua hingga tiga bagian sehingga ia memiliki halaman.

  • Penggunaan

Perbedaan  kedua  anatara katalog dan brosur adalah penggunaannya. Brosur berfungsi untuk mempromosikan jasa maupun produk, sementara katalog berfungsi untuk menunjukkan daftar jasa maupun produk seperti halnya daftar menu pada restoran.

Sebagai media promosi, brosur dibagikan kepada orang-orang di tempat umum, dipasang di papan pengumuman maupun di papan koran.

Sementara katalog tidak untuk dibagikan kepada orang-orang di temapt umum, serta tidak dapat dipasang di papan pengumuman maupun papan koran karena ia berupa buku, sehingga akan memakan seluruh permukaan papan pengumaman maupun papan koran jika ditempel.

  • Isi

Isi brosur dan katalog tentu berbeda karena fungsinya pun berbeda. Sebagai media promosi, brosur berisi informasi-informasi yang sangat penting yang dijelaskan secara padat dan singkat tetapi membuat para pembacanya tertarik untuk membeli jasa maupun produk pada brosur tersebut.

Contohnya adalah brosur universitas. Isinya adalah perkenalan singkat mengenai perguruan tinggi tersebut, informasi singkat mengenai fakultas dan jurusan pada universitas tersebut, biaya kuliah per semester, biaya SKS, lamanya masa studi, syarat pendaftaran, alur pendaftaran, alamat univertistas dan alamat tempat pendaftaran.

Sementara katalog berisi daftar produk maupun jasa secara detail. Contohnya adalah katalog universitas. Jika pada brosur nama dan fakultas disebutkan secara singkat maka pada katalog pengenalan fakultas dan jurusan dijelaskan secara detail misal berapa tahun masa studi, apa saja yang dipelajari, lulusan dari jurusan tersebut dapat bekerja di bidang apa, fasilitas yang dimiliki setiap fakultas atau jurusan, bagaimana suasana perkuliaha di setiap jurusan, dan sebagainya.

Karena isi atau informasi yang terkandung pada katalog lebih banyak dibandignkan brosur maka dari itu bentuk katalog dan brosur berbeda.

  • Lama Penggunaan

Brosur hanya berlaku selama promo masih berlaku. Sementara katalog berlaku selama tidak ada perubahan jasa maupun produk.

Kita ambil contoh lagi dari brosur dan katalog universitas. Universitas selalu membuat brosur pendaftaran mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru. Sementara jika tidaka ada penambahan, pengurangan maupun perubahan akreditasi fakultan dan jurusan maka desain katalog lama dapat dicetak kembali.

Contoh lainnya adalah brosur promosi restaurant dengan buku menu. Retoran pasti akan mengadakan promo yang berbeda-beda sehingga brosur yang dicetak pun berbeda, sementara buku menu selalu sama bila tidak ada produk baru yang ditambah atau bila tidak terjadi perubahan harga.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja perbedaan katalog dan brosur jadi jangan sampai salah memilih media cetak yang akan Anda gunakan. Bila Anda hendak berpromosi kepada orang-prang yang belum menajdi klien Anda gunakanlah brosur, sementara jika ingin membuat daftar produk maupun jasa  yang akan ditunjukkan kepada calon klien maupun klien pilihlah katalog.

Contoh Brosur dan Katalog

Untuk lebih memhamai seperti apa perbedaan brosur dan katalog silakan lihat contoh berikut:

perbedaan kataog dan brosur

Butuh brosur maupun katalog untuk usaha Anda? Pesan di Bikinidcard.com saja! Informasi lebih lanjut silakan chat WhatsApp customer service kami pada nomor 0853-2628-2628. Bila Anda berdomisili di Kota Jogja dan sekitarnya bisa konsultasi langsung di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera