Produk Apa Saja yang Ada di Toko Percetakan?

Bikinidcard.com – Sebagai karyawan sebuah perusahaan, atau sebagai pegawai instansi bahkan anggota dari sebuah organisasi maupun komunitas, tentu tidak asing lagi dengen toko percetakan. Dalam kesehariannya, Anda akan bertemu dengan berbagai produk dari percetakan. Bahkan untuk promosi, Anda butuh produk percetakan seperti brosur, poster maupun baliho. Tidak hanya itu, identitas yang Anda pakai saat ini, seperti ID Card atau nama dada adalah hasil produk dari toko percetakan.

toko-percetakan

Menurut pengertiannya, percetakan sendiri adalah proses industry yang memproduksi secara massal produk. Terutama produk-produk yang menggunakan tinta di atas kertas dan menggunakan mesin khusus untuk proses cetaknya. Produk-produk hasil dari percetakan ini, bis akita bilang sudah jadi bagian yang penting dalam sebuah penerbitan informasi maupun dalam hal transaksi.

Produk-Produk Cetak dari Toko Percetakan

Toko percetakan, ada banyak produk yang dibuat dan pasti dibutuhkan oleh berbagai pihak, termasuk Anda sendiri. Meskipun dibedakan menjadi beberapa jenis percetakan karena mesin dan teknik yang digunakan, kapasitas dan hasilnya berbeda, tidak jarang kita temui toko percetakan yang menawarkan jenis teknis cetak yang berbeda. Contoh simple yang paling dekat adalah Bikinidcard.com. Bikinidcard.com adalah salah satu percetakan digital printing yang juga menyediakan berbagai produk cetak sablon dan offset.

Apa sih bedanya? Kan sama-sama dicetak gambar maupun tulisan bukan? Nyatanya, antara digital printing, sablon dan offset punya definisi yang berbeda. Supaya lebih jelas, kita kenalan dulu yuk dengan jenis-jenis percetakan yang ada di Indonesia.

Tapi sebelum mengetahui definisi masing-masing jenis percetakan, kita perlu tahu apa saja tahapan yang akan Anda lalui untuk mendapatkan produk dari toko percetakan. Yaitu:

1. Typesetting

Tahapan pertama dalam proses percetakan adalah typesetting yaitu menyesuaikan data berupa gambar atau tulisan dengan corak aslinya. Pada proses ini, dibutuhkan komputer.

2. Image Assembly

Umage Assembly adalah pengaturan gambar

3. Patemaking

Tahapan ketiga adalh membuat plat gambar yang nantinya akan dicetak

4. Printing Presses

Pada tahap keempat ini adalah sebuah mesin pencetak dimana plat yang sudah dibuat akan dicetak dalam media yang dibutuhkan

5. Finishing

Adalah proses akhir dalam tahapan pencetakan. Hasil akhir jika produknya berupa buku akan dirapihkan dan dikelompokkan sesuai dengan yang diinginkan alias dijilid. Sedangkan kalau ID Card, finishing bisa berupa pemberian efek embossing, perapihan bentuk, atau diberi lubang supaya ID Card bisa dikaitkan pada lanyard tanpa butuh casing.

Jenis-Jenis Toko Percetakan yang Musti Anda Ketahui

Jika dilihat dari lima proses di atas mungkin ada proses yang berbeda yang dilakukan pada setiap jenis percetakan. Loh kok bisa? Memangnya jenis percetakan itu apa saja sih kok prosesnya berbeda-beda? Nah supaya lebih jelas, berikut jenis-jenis toko percetakan yang perlu Anda ketahui:

  1. Percetakan Digital Printing

Kita mulai dari percetakan yang sangat dikenal di Indonesia karena toko percetakan digital printing ada banyak sekali dalam satu kota. Selain banyak tokonya, jenis percetakan ini juga punya banyak produk yang mereka hasilkan. Produknya antara lain: ID Card, Tali Lanyard, Mug, Stiker yang bukan dalam bentuk roll, kartu nama dan masih banyak lagi. Selain banyak produk yang dihasilkan, percetakan digital printing juga punya kelebihan lain di antaranya adalah hasil cetaknya yang keren, bisa dipesan sesuai kebutuhan dan estimasi waktu yang relative cepat.

  1. Perctekan Printing Offset

Toko percetakan kedua yang tidak kalah bekennya adalah percetakan printing offset. Jenis percetakan satu ini biasanya mencetak produk yang berbahan kertas. Beberapa contoh produknya adalah amplop, brosur, kop surat, dan majalah. Di industry kreative ini, percetakan offset juga akhirnya bisa mencetak kemasan seperti paper bag. Karena menggunakan mesin cetak offset yang besar, tentu kelebihan dari cetak ini adalah bisa mencetak produk dalam jumlan banyak.

  1. Percetakan Sablon

Jika Anda membutuhkan produk dengan desain simple dan harganya terjangkau tapi dalam jumlah yang lumayan banyak, mungkin percetakan sablon adalah pilihan yang tepat. Adalah percetakan manual, menggunakan screen yang diberi tinta sebagai prosesnya, lalu di tempelkan dan diusap menggunakan kuas khusus supaya tinta bisa tertransfer pada media cetaknya. Produk yang bisa disablon lumayan banyak seperti kaos, mug, tas spunbond, tali ID Card dan masih banyak lagi.

  1. Rotogravure

Mungkin istilah Rotogravure sangat asing di telinga Anda, terutama untuk Anda yang tidak bekerja di bidang pengolahan produk kemasan. Karena rotogravure ini menggunakan mesin khusus untuk mencetak desain pada media yang berbahan dasar plastik. Contoh hasil cetak rotogravure yang seting sekali kita temui adalah pada kemasan mie instan, lebih tepatnya adalah plastik yang membungkus mie instan beserta bumbunya itu.

  1. Percetakan Flexo

Satu lagi istilah yang asing didengar tentang jenis-jenis percetakan, yaiitu Flexo. Karena yang toko percetakan yang menggunakan flexo ini sangat khusus untuk memproduksi produk cetak dalam bentuk roll. Ini dikearenakan bahan yang dicetak juga masih dalam bentuk roll-rolan, bukan ukuran A4 atau A5. Percetakan yang paling umum menggunakan flexo adalah percetakan koran. Karena bahannya masih berbentuk roll, tentu kelebihan toko percetakan ini hemat bahan baku karena sedikit sekali yang dibuang dan tentunya menggunakan bahan tinta yang murah.

Setelah kita mengetahui tentang jenis teknik cetak yang ada di sebuah toko percetakan, sepertinya  yang sesuai dengan Anda butuhkan. Kira-kira, produk apa sajakah itu? Kalau Anda adalah seorang pegawai sebuah perusahaan yang membutuhkan produk-produk digital printing atau sablon dan offset, bikinidcard.com siap membantu.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Bikinidcard.com adalah salah satu toko percetakan yang siap mencetak berbagai produk hasil digital printing, sablon dan offset.

Tidak hanya ID Card, kami juga punya produk yang tidak kalah penting dan menarik. Beberapa di antaranya adalah gantungan ID Card itu, Flashdisk custom, berbagai merchandise, brosur, nota dan masih banyak lagi. Penasaran? Yuk kunjungi website kami bikinidcard.com untuk mengetahui produk-produk menarik lainnya! Bisa juga menghubungi Customer Service untuk order dan informasi lengkap mengenai produk, desain dan harga.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera