Pengertian Seminar, Fungsi, Ciri, dan Perlengkapan Pendukungnya

Bikinidcard.com – Tidak sedikit perusahaan atau instansi rutin mengadakan seminar atau workshop. Selain sebagai program rutin, mereka menggunakan kegiatan ini sebagai moment mempromosikan program baru atau menjadi media branding. Supaya lebih jelas, berikut ini penjelasan lebih lengkap, mengenai pengertian menurut para ahli, fungsi, ciri dan perlengkapan pendukung yang Anda butuhkan.

Pengertian Seminar Menurut Ahli

Menurut KBBI, kegiatan ini adalah pertemuan persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya).

Menurut Cambridge Dictionary seminar adalah peristiwa atau kesempatan ketika seorang guru maupun ahli dan sekelompok orang bertemu untuk mempelajari dan membahas suatu hal.

Sementara menurut salah satu ahli, yaitu Rusland Ahmadi “salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai proses untuk memecahkan suatu masalah, atau proses menemukan solusi yang biasanya diangkat dari hasil sebuah penelitian atau literatur.”

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa seminar adalah kegiatan yang hampir mirip dengan diskusi di dalam kelas. Akan tetapi diskusi tersebut hanya focus pada topik tertentu. Diikuti oleh orang dalam jumlah yang banyak dengan narasumber seorang guru maupun ahli yang paham betul dengan topik yang tengah didiskusikan. Selain itu, di dalam acara tersebut ada modertator yang bertugas untuk melancarkan, membatasi waktu maupun untuk menengahi jalannya diskusi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh lembaga pendidikan resmi—umumnya perguruan tinggi—maupun perusahaan, lembaga atau organisasi professional yang ahi dalam menangani masalah sesuai dengan topik yang akan dibawakan.

Kegiatan ini tidak hanya menyajikan diskusi yang bermanfaat tapi juga memiliki fungsi lain yang dirasakan oleh peserta.

Fungsi Seminar Adalah

Secara garis besar, ada dua fungsi yang bisa mereka dapatkan yaitu:

  1. Mengupas Suatu Permasalahan Hingga Tuntas

Secara umum, fungsi utamanya memang sebagai wadah berdiskusi dan mengupas suatu permasalahan belum tuntas tuntas. Bisa berupa isu social, teknologi, bisnis dan masih banyak lagi.

  1. Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dan Berdiskusi

Sedangkan secara khsusu, acara ini bisa membuat pesertanya berpikir kritis mengenai topik yag tengah dibahas. Ini dikarenakan setelah narasumber bicara, para peserta akan diberi kesempatan untuk bertanya, menyampaikan pemikirannya maupun menanggapi gagasan peserta lain. Dalam sesi diskusi tersebut, para peserta dilatih untuk bisa menerima gagasan peserta lain yang berbeda dengan peserta lain.

Jenis dan Ciri Seminar

Berdasarkan cakupannya, seminar dibedakan menjadi 4 jenis yaitu lokal, regional, nasional, dan internasional. Masing-masing jenis acara ini memiliki ciri-cirinya sendiri yaitu:

Ciri-Ciri Seminar Lokal

  • Diselenggarakan secara local (bisa dilingkup perguruan tinggi/lembaga)
  • Dilaksanakan secara terencana tetapi topiknya terencana tetapi tidak spesifik maupun tidak direncanakan.
  • Narasumber dari lingkup local (misal diselenggarakan oleh perguruan tinggi A, maka narasumber merupakan dosen, dekan maupun rector perguruan tinggi A. Bisa juga mengundang narasumber dari perguruan tinggi maupun lembaga lain).
  • Pesertanya mencakup merupakan orang-orang lokal (misalkan mahasiswa perguruan tinggi sebagai penyelenggara acara), bisa juga dihadiri oleh peserta umum (mahasiswa dari kampus lain maupun para pekerja).
  • Agenda tidak tetap (bisa berubah).

Ciri-Ciri Seminar Regional

  • Diselenggarakan secara regional (di lingkup kota/kabupaten maupun provinsi)
  • Terencana dan topiknya sudah ditentukan secara spesifik
  • Narasumber berasal dari institusi maupun perusahaan regional
  • Pesertanya berasal dari regional yang sama maupun dari luar wilayah
  • Agenda terstruktur tapi dapat pula berubah bila terjadi factor-faktor tertentu

Ciri-Ciri Seminar Nasional

  • Diselenggarakan dalam lingkup suatu negara
  • Topi telah ditentukan dan spesifik
  • Narasumber dari dalam negeri maupun luar negeri
  • Peserta dari dalam negeri maupun luar negeri
  • Agenda terstruktur dan tetap

Ciri-Ciri Seminar Internasional

  • Diselenggarkan dalam lingkup internasional (bisa dalam lingkup benua maupun seluruh dunia)
  • Topik telah ditentukan Bersama denga lembaga internasional yang telah ditunjuk
  • Narasumber yang memiliki kredibilitas dari berbagai negara
  • Agenda struktur dan tetap
  • Menggunakan bahasa internasional yang telah ditentukan (biasanya bahasa Inggris, tetapi jika dihadiri oleh negara-negara dengan bahasa yang mirip, bisa jadi memilih salah satu bahasa dari negara-negara tersebut sesuai dengan kesepakatan).

Baca Juga : Apa Saja Fungsi Bikin Brosur Seminar?

Contoh Seminar

Ada banyak sekali seminar yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, perusahaan maupun organisasi. Sedangkan jenis yang paling sering diselenggarakan adalah seminar:

  • Keperawatan (seminar untuk para perawat medis)
  • Kewirausahaan
  • Kebahasaan
  • Sosial-budaya
  • Pendidikan

Macam-Macam Peralatan Untuk Seminar

Dalam menyelenggarakan acara, panitia seminar perlu menyediakan peralatan-peralatan berikut untuk para peserta:

  1. Pulpen

Tidak semua peserta membawa pulpen, maka dari itu pihak panitia perlu menyediakan pulpen agar para peserta bisa mencatat materi dari para narasumber yang mereka perlukan. Bukan hanya berguna untuk para peserta, pulpen juga akan berguna untuk narasumber itu sendiri.

pulpen seminar

Pulpen yang biasa digunakan antara lain pulpen carinex dan pulpen cabe. Kedua jenis pulpen bisa dicetak desain sesuai tema atau judul acara. Selain itu, harganya juga lebih sangat terjangkau walaupun dengan desain custom sekalipun.

  1. Notebook

Jika ada pulpen, acara yang penuh pemateri ini tidak lengkap jika tidak ada notebook. Buku kecil ini bisa digunakan sebagai pencatat materi yang penting. Walaupun mungkin beberapa dari mereka akan mencatat pada tablet maupun laptop mereka. Akan tetapi, tentu saja tidak semua peserta memiliki tablet dan tidak semua peserta bakal membawa laptop. Oleh karena itu, notebook wajib diberikan kepada setiap peserta.

  1. Brosur

Brosur bisa menjadi media untuk mempromosikan seminar jauh sebelum acara tersebut diselengagrakan. Selain untuk mempromosikan, brosur juga bisa digunakan untuk memberikan informasi-informasi penting mengenai materi kepada para peserta. Informasi-informasi tersebut meliputi nama lengkap, gelar dan keahlian narasumber, topik apa saja yang akan dibahas, ringkasan pembahasan topik atau tema bahasan, dan sebagainya.

Bisa juga sebagai informasi tambahan tentang program yang sedang dibicarakan. Sebagai contoh, jika Anda mengadakan acara serupa tentang penyakit ternak, brosur ini bisa berisi materi tentang antrax. Padahal dalam acara tersebut tidak hanya antrax yang dibahas, tapi juga jenis penyakit ternak lainnya.

  1. Sertifikat

Sertifikat dapat diberikan kepada peserta maupun narasumber. Bagi para peserta, sertifikat akan menjadi bukti bahwa mereka memang pernah mengikuti acara diskusi yang bersangkutan. Sedangkan bagi narasumber, sertifikat berfungsi sebagai ucapan terimakasih sekaligus penghargaan dari pihak panitia.

  1. Goodie Bag

Goodie bag atau tote bag berfungsi sebagai seminar kit atau souvenir yang berfungsi sebagai wadah perlengkapan-perlengkapan di atas. Para peserta mungkin memang memabwa tas. Akan tetapi jika perlengkapan di atas dijadikan satu dan ditempatkan pada goodie bag yang didesain khusus, acara yang Anda adakan ini lebih terasa ekslusif.

  1. Souvenir Ekslusif dengan Desain Custom

Souvenir juga cukup penting untuk diberikan kepada para peserta sebagai kenang-kengangan. Barang-barang yang bisa dijadikan sebagai souvenir sangat beragam contohnya adalah mug keramik, tumbler insert paper, tumbler stainless steel, pin dan gantungan kunci, lanyard, dan masih banyak lagi.

Peralatan untuk acara penting tersebut bisa dipesan di produsen seminar kit Jogja maupun kota lainnya. Sementara untuk souvenir, bisa dipesan di produsen souvenir pada umumnya maupun produsen seminar kit. Salah satunya adalah bikinidcard.com. Hubungi customer service kami di 0899 5178 302 untuk informasi lebih lanjut.