Souvenir Ramadhan

Souvenir Ramadhanbikinidcard.com. Souvenir umumnya diberikan oleh seseorang yang memiliki suatu hajat kepada para tamu undangan, misalkan souvenir pernikahan, souvenir haji, dan sebagainya. Selain itu, souvenir juga identik dengan oleh-oleh dari seseorang yang habis melakukan liburan ke suatu tempat untuk saudara, sahabat maupun rekan-rekannya.

Souvenir Ramadhan

Namun, souvenir tidak harus diberikan oleh seseorang yang memiliki hajat maupun orang yang habis berlibur. Souvenir juga dapat diberikan dalam rangka merayakan suatu hari besar maupun hari raya, contohnya adalah souvenir ramadhan.

Fungsi Souvenir Ramadhan

Fungsi utama souvenir bulan Ramadhan tentu untuk merayakan datangnya bulan suci Ramadhan. Di samping itu, souvenir ramadhan juga memiliki fungsi lain yaitu:

1. Sedekah

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar dari kita pasti akan mengaitkan sedekah dengan uang maupun makanan. Padahal, bentuk sedekah tidak hanya itu, melakukan hal maupun memberikan barang bermanfaat juga merupakan sedekah.

Jika kita memberikan souvenir ramadhan yang bermanfaat kepada orang-orang yang lebih membutuhkan, kita sama saja telah melakukan sedekah.

2. Media Branding

Fungsi souvenir ramadhan yang selanjutnya adalah sebagai media branding. Ya, souvenir ramadhan juga dapat dijadikan sebagai media branding suatu perusahaan, lembaga maupun organisasi.

Cara melakukan branding melalui souvenir ramadhan adalah dengan mencetak nama dan logo perusahaan, lembaga maupun organisasi. Selanjutnya souvenir tersebut dibagikan kepada karyawan perusahaan/lembaga maupun anggota organisasi.

Jenis Souvenir Ramadhan

Ada banyak barang yang bisa dijadikan sebagai souvenir ramadhan. Namun, pada artikel ini akan dibahas 5 jenis souvenir ramadhan.

1. Goodie Bag

Goodie bag atau tote bag adalah tas cangklong yang terbuat dari kain furing, kanvas maupun kain blacu. Goodie bag merupakan souvenir yang pas dibagikan kepada orang-orang saat ramadhan, sebab goodie bag dapat dimanfaatkan sebagai wadah perlengakapn sholat, beras zakat, takjil, dan sebagainya.

Selain dapat digunakan untuk membawa berbagai macam barang, goodie bag juga dapat digunakan oleh siapapun baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan.

Tidak hanya itu, jika Anda memberikan souvenir ramadhan berupa goodie bag kepada orang-orang, artinya Anda telah mengajak mereka untuk mengurangi bahkan berhenti menggunakan kantong plastik. Saat bulan Ramadhan, penggunaan kantong plastik pasti meningkat, karena makin banyak orang yang berbelanja. Supaya penggunaan kantong plastik tidak membludak, maka Anda perlu membagikan goodie bag kepada orang-orang.

2. Mug

Es buah, es kelapa muda, es cendol, dan es-es lain dengan berbagai macam isinya selalu diburu saat bulan Ramadhan. Sementara itu, mug merupakan gelas berukuran besar yang sanggup menampung es-es tersebut.

mug souvenir ramadhan

Tidak semua orang memiliki alat minum yang bisa digunakan untuk wadah es-es tersebut. Tidak semua keluarga memiliki wadah yang jumlahnya sesuai dengan anggota keluarga mereka. Jadi, jika Anda memberikan mug di saat bulan Ramadhan, orang-orang yang menerimanya pasti merasa senang dan akan sangat berterimakasih kepada Anda.

Mau cetak souvenir murah, unik dan bergaransi? Klik!

3. Tumbler Insert Paper

Tumbler insert paper adalah tumbler yang terbuat dari plastik food grade alias plastik yang dirancang khusus untuk wadah makanan dan minuman, sehingga keamanannya terjamin.

Disebut “inser paper” karena ia dapat disisipi kertas. Kertas tersebut nantinya dapat dicetak dengan berbagai macam gambar dan tulisan. Contohnya nama dan logo suatu perusahaan, lembaga maupun organsisasi. Doa berbuka puasa dan niat puasa. Serta informasi-informasi bermanfaat lainnya.

Tumbler insert paper merupakan wadah minum yang dapat digunakan berkali-kali, bukan sekali pakai seperti botol air mineral maupun minuman instan. Sama halnya dengan goodie bag, jika Anda memberikan tumbler inser paper kepada orang-orang, artinya Anda tengah mengajak mereka untuk berhenti atau setidaknya mengurangi penggunaan gelas plastik sekali pakai.

Di bulan Ramadhan, pasti banyak orang yang mencari takjil berupa es. Hampir seratus perse pedagang es di bulan ramadhan masih menggunakan plastik bening maupun gelas plastik sebagai bungkus dagangan mereka. Semenatra itu, seseorang bisa membeli lebih dari 1 macam es. Jika dalam sehari seseorang bisa menghasilkan 2 pcs sampah plastik dari bungkus minuman, belum dari bungkus takjil lain yang dibelinya, bayangkan ada berapa banyak sampah plastik yang dihasilkan oleh suatu kota selama bulan Ramadhan.

Anda tentu tidak mau jika di bulan Ramadhan yang harusnya dipenuhi dengan ibadah, justru menjadi bulan di mana umat muslim menyumbang sampah plastik dengan jumlah yang sangat banyak. Nah, oleh karena itu, jika Anda hendak memberikan souvenir ramadhan kepada karyawan maupun anggota organisasi Anda, berilah mereka tumbler insert paper.

4. Tumbler Stainless atau Termos Portable

Tidak hanya tumbler insert paper yang dapat dijadikan sebagai souvenir ramadhan, tumbler stainless atau termos portbale juga cocok dijadikan sebagai souvenir.

Tidak semua orang bisa bangun pagi untuk sahur. Oleh karena itu, banyak orang yang menyiapkan sahur di malam hari agar saat pagi mereka hanya perlu menghangatkannya, tidak perlu masak. Sahur yang mereka siapkan di malam hari bukan hanya makanan, minuman juga termasuk.

Oleh karena itu, memberikan souvenir tumbler stainless yang dapat dijadikan sebagai termos portable adalah pilihan yang tepat, karena orang-orang dapat memasak air panas di malam hari, lalu menyimpannya dalam tumbler stainless. Saat sahur, mereka tidak perlu repot masak air.

Tumbler stainless tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan air panas,ia juga bisa digunakan untuk menyimpan minuan dingin, meskipun daya tahannya tidak seperti kulkas. Jadi, tumbler stainless juga dapat digunakan untuk berbuka, karena bisa digunakan untuk menyimpan es yang dibeli satu jam sebelum azan maghrib berkumandang.

Cetak souvenir untuk ramadhan di Bikinidcard.com

5. Notebook

Barang yang cocok dijadikan sebagai souvenir Ramadhan berikutnya adalah notebook. Notebook yang dimaksud di sini adalah buku catatan, ya, bukan “anaknya” laptop.

Notebook dapat dimanfaatkan oleh siapapun untuk mencatat hal-hal penting selama bulan Ramadhan, seperti resep untuk sahur dan buka puasa, target hafalan surat-surat dalam Al-Quran, pengingat mulai kapan datang bulan dan kapan selesainya, catatan siapa saja yang akan diberi zakat fitrah maupun siapa saja anggota keluarga yang harus ditanggung pembayaran zakatnya, dan sebagainya.

6. Gantungan Kunci

Selain identik dengan es, bulan Ramdhan di Indonesia juga identik dengan sirup dalam botol kaca. Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat untuk membuka tutup botol sirup. Maka dari itu, Anda bisa membagikan souvenir gantungan kunci yang pada salah satu sisinya terdapat alat pembuka tutup botol.

Sementara itu, pada sisi gantungan kunci yang lain dapat dicetak suatu tulisan seperti ucapan “Marhaban Yaa Ramadhan” maupun tulisan lainnya.

Desain Souvenir Ramadhan

Di bawah ini merupakan contoh desain souvenir ramadhan di goodie bag:

Desain Souvenir Ramadhan

Menarik ya? Jadi, barang mana yang cocok untuk souvenir Ramadhan Anda??

Souvenir Ramadhan

0.00
9.8

Rating

9.8/10