Stempel Perusahaan

Stempel perusahaan adalah stempel berbentuk nama dan logo suatu perusahaan. Fungsi utamanya adalah untuk mengesahkan dokumen penting yang diterbitkan oleh perusahaan tersebut. Bisa juga digunakan, sebagai tanda kesepakatan mengenai dokumen yang diterbitkan oleh pihak lain.

stempel perusahaan

Wajibkah Stempel Perusahaan?

Sebelum menemukan jawaban apakah perusahaan wajib memiliki stempel atau tidak, mari kita bahas fungsi dan pentingnya stempel berikut ini,

  1. Stempel Digunakan untuk Mencegah Penipuan

Sekarang marak sekali terjadi penipuan mengatasnamakan suatu perusahaan, terutama perusahaan besar. Salah satu bentuk penipuan tersebut adalah surat edaran maupun dokumen palsu. Untuk memalsukan dokumen maupun surat edaran tidak sulit, asal memiliki logo dan tahu alamat lengkap perusahaan yang bersangkutan, dokumen maupun surat edaran palsu bisa dibuat.

Supaya masyarakat bisa membedakan mana surat edaran maupun dokumen palsu, perusahaan perlu memberikan cap pada setiap surat maupun dokumen yang mereka edarkan sebagai bukti bahwa surat maupun dokumen tersebut keasliannya terjamin. Jika ada dokumen maupun surat edaran yang tidak ada cap-nya, dapat dipastikan bahwa surat edaran maupun dokumen tersebut palsu.

Stempel memang bisa dibuat oleh siapapun. Namun para penipu tentu tidak mau rugi, mereka tidak sudi mengeluarkan uang untuk membuat stempel tiruan demi melancarkan penipuan mereka yang belum tentu berhasil. Jadi, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki stempel.

  1. Stempel Dipakai Sebagai Pengganti Tanda Tangan

Pernahkah Anda bertanya apakah kepala sekolah maupun rector perguruan tinggi tidak capek menandatangani ijazah yang begitu banyak tiap kali masa kelulusan tiba? Sebenarnya kepala sekolah dan rektor tidak benar-benar menandatangani ijazah yang jumlahnya mencapai ratusan. Mereka menggunakan stempel berbentuk tanda tangan, kemudian dibantu oleh staff mereka untuk mencap ijazah tersebut.

Jika Anda merupakan pimpinan maupun bagian manajemen sebuah perusahaan yang setiap harus menandatangani surat edaran, dokumen perjanjian maupun berkas-berkas penting lainnya, stempel perusahaan berbentuk tanda tangan Anda sangatlah penting agar proses pengesahan/persetujuan berkas-berkas tersebut bisa lekas selesai. Anda bisa segera menyelesaikan pekerjaan lain yang tak kalah penting.

Baca Juga : Cetak Stempel Flash Murah

Peraturan Stempel Perusahaan

wajibkah stempel perusahaan

Pembuatan stempel untuk sebuah tempat usaha tidak diatur dalam undang-undang maupun peraturan menteri. Akan tetapi jika Anda ingin mengajukan izin kepada Menteri Perdagangan maka pada formulir pengajuan tersebut perlu disertakan cap atau stempel perusahaan. Hal itu tertera dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia NOMOR : 37/M-DAG/PER/9/2007. Jika tidak ada stempel perusahaan Anda, maka surat izin tersebut dianggap tidak sah.

Dari 2 fungsi penting stempel perusahaan di atas serta  syarat pengajuan izin usaha ke Kementerian Perdagangan dapat bisa disimpulkan bahwa setiap tempat usaha wajib memiliki stempel mereka agar segala proses adiministratif berjalan lancar.

Jenis Stempel yang Cocok Untuk Perusahaan

peraturan stempel perusahaan

Stempel yang paling cocok untuk jenis usaha Anda adalah stempel flash karena penggunaannya sangat praktis. Ia tidak memerlukan bantalan tinta seperti stempel konvensional. Penggunaan stempel konvensional dengan bantalan tinta kurang praktis karena terkadang stempel yang dimiliki oleh kantor ada banyak sedangkan bantalan tinta hanya 1.

Sehingga bantalan tersebut digunakan bersama. Bantalan tinta yang digunakan bersama pasti rawan hilang atau lupa di mana menaruhnya saat dibutuhkan. Hal itu tidak akan terjadi pada stempel flash.

Lalu bagaimana cara menggunakan stempel flash jika tidak ada bantalan tintanya? Cara menggunakannya muda, stempel yang tintanya habis cukup ditengadahkan (bagian karet menghadap ke atas), lalu teteskan tinta secukupnya, diamkan selama 5 menit atau lebih hingga tinta terserap ke dalam karet.

Selain praktis dan mudah diisi ulang, stempel flash juga lebih jelas karena 1 stempel bisa menggunakan lebih dari 1 warna tinta. Sedangkan stempel perusahaan biasa hanya bisa menggunakan 1 warna tinta dalam 1 stempel.

Dimana Tempat Jual Stempel Perusahaan PT, CV dan Perusahaan Property?

Stempel flash untukperusahaan PT, CV, usaha property hingga UKM dapat Anda pesan di Bikinidcard.com. Kami tidak hanya bisa bikin stempel, kami juga jual tinta stempel dan menerima jasa pengisian ulang tinta stempel.

Harga stempel dan tintanya bisa Anda cek pada website kami bikinidcar.com lalu klik menu daftar harga. Pemesanan stempel bisa Anda lakukan secara online melalui whatsapp 0853-2628-2628 atau secara offline di kantor kami yang bertempat di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

stempel perusahaan

0.00
9.8

Rating

9.8/10