Tips Bikin Cover Binder Keren dan Mudah

Tips Bikin Cover BinderBikinidcard.com. Binder adalah sebuah buku yang tidak dijilid secara permanen. Kertasnya dapat dilepas-pasang. Jika kertas isinya sudah tidak ada yang kosong, bisa ditambah kertas baru yang masih kosong.

Binder dapat Anda temukan dengan mudah di sembarang supermarket menjual alat tulis. Supermarket-supermarket maupun toko-toko lain yang jual binder menjual binder dengan berbagai macam ukuran antara lain ukuran B5, A5, A4, A6 dan A7.

Supermarket-supermarket menjual 3 macam binder yaitu binder yang covernya sudah dicetak dengan suatu gambar maupun tulisan, binder dengan cover bening dan binder dengan warna yang tidak tembus pandang.

Binder jenis pertama covernya terbuat dari 2 macam bahan yaitu plastik maupun kertas. Baik binder dengan cover plastik maupun kertas, jika sudah dicetak suatu gambar maupun tulisan maka gambar dan tulisan tersebut tidak bisa dihapus dan diganti dengan gambar maupun tulisan lain.

Binder jenis kedua covernya terbuat dari plastik tebal, pada bagian belakang covernya terdapat kantong yang bisa disisipkan suatu kertas maupun benda-benda tipis lainnya. Anda dapat menyisipkan kertas bergambar pada kantong tersebut, sehingga cover binder tampak bergambar dan jadi lebih keren.

Binder jenis ketiga covernya terbuat dari kertas yang tebal, pada bagian belakangnya juga terdapat kantong untuk menyimpan kertas. Sayangnya, Anda tidak bisa membuat cover binder jenis ketiga jadi bergambar, sebab cover tersebut tidak tembus pandang. Jadi, jika Anda menyisipkan kertas bergambar pada kantong tersebut, maka gambar pada kertas tersebut tidak akan tampak dari sisi lain cover binder tersebut.

Tips Bikin Cover Binder Keren

Jika Anda senang membuat barang-barang DIY dan gampang bosan dengan sesuatu, binder jenis kedua merupakan barang yang cocok untuk Anda karena Anda dapat mengganti gambar covernya kapanpun Anda mau.

Tertarik untuk bikin cover binder custom keren, tetapi belum pernah membuatnya? Jika ini adalah kali pertama Anda bikin cover binder, silakan simak tips-tips bikin cover binder keren berikut:

  1. Tentukan Ukuran Binder

Tentukan ukuran binder yang akan Anda beli apakah B5, A4 atau ukuran lain. Pastikan bahwa cover binder tersebut bening dan di baliknya terdapat kantong untuk menyisipkan kertas.

  1. Pilih Jenis Kertas

Sebenarnya Anda bisa menggunakan kertas polos apapun, baik kertas HVS biasa maupun art paper. Namun, sebaiknya Anda gunakan kertas yang agak kaku seperti art paper agar ketika kertas tersebut disisipkan ke dalam kantong maka kertas tidak akan kusut dan tidak akan terlipat.

  1. Sesuaikan Ukuran Kertas

Ada yang perlu Anda ketahui, ukuran binder B5, A4 dan seterusnya sebenarnya ukuran kertas yang dapat dimasukkan ke dalam binder tersebut. Jadi, biasanya ukuran cover binder lebih panjang dan lebar beberapa millimeter dibandingkan ukuran kertas binder. Jadi, pilihlah ukuran kertas cover sesuai dengan ukuran kertas binder.

Jika kertas tersebut terlalu lebar maupun panjang maka potong hingga benar-benar pas dan dapat disisipkan ke kantong cover binder.

  1. Buat Desain

Buatlah suatu desain yang ukurannya sama dengan kertas cover binder maupun beberapa millimeter lebih pendek. Anda dapat membuat desain menggunakan PC maupun smartphone. Anda juga dapat menggunakan foto idola Anda maupun karakter film favorit Anda. Jika sudah selesai, cetak desain tersebut pada kertas yang akan disisipkan pada cover binder.

Anda dapat mencetak desain tersebut menggunakan printer digital full color merk apapun. Tidak perlu menggunakan printer digital yang canggih-canggih amat, cukup gunakan printer yang biasa digunakan untuk mencetak kertas.

  1. Sisipkan Kertas Secara Perlahan

Langkah terakhir adalah sisipkan kertas yang sudah ada desainnya pada kantong cover binder. Hati-hati ketika menyisipkannya agar kertas tidak tertekuk, kusut bahkan sobek.

Penyisipan yang kasar juga dapat menyebabkan kantong cover binder tersebut sobek. Jika kertas desain yang sobek, maka Anda dapat mencetaknya kembali. Namun jika kantong cover binder yang sobek, maka lupakan saja keinginan Anda untuk mengubah cover binder menggunakan desain buatan Anda.

Contoh Cover Binder Keren

Sudah duduk di depan komputer untuk membuat desain cover binder, tetapi tidak dapat inspirasi? Coba cek contoh cover binder keren berikut untuk mendapatkan inspirasi.

tips bikin cover binder keren

Bagaimana, mudah bukan? Kalau Anda ingin cetak binder dan cover binder yang berkualitas dan bergaransi, cetak saja di Bikinidcard.com. Caranya, hubungi nomor 0899 6178 302.

Tips Bikin Cover Binder

0.00
9.8

Rating

9.8/10