Ukuran Nota dan Cara Mendesainnya

Ukuran nota – Anda memiliki suatu usaha? Butuh nota custom untuk usaha tersebut, tetapi tidak tahu ukuran nota yang pas untuk usaha tersebut? Jika Anda bingung dan ingin tahu bagaimana cara mendesain nota dengan mudah, silakan simak penjelasan berikut:

Ukuran Nota Olshop, Laundry, Makanan, SPBU

Ketik Anda berbelanja di suatu supermarket, mini market maupun SPBU, Anda akan mendapatkan nota atau struk digital. Pada struk atau nota tersebut hanya akan dicetak barang-barang yang Anda beli dan berapa total belanja yang dibeli. Begitu pula dengan online shop.

Lain halnya dengan jasa laundry dan tempat makan. Jasa-jasa laundry biasanya menggunakan nota yang sudah dicetak berbagai macam layanan seperti cuci saja, setrika saja maupun cuci dan setrika. Layanan yang Anda gunakan akan diberi tanda centang.

ukuran nota dan cara mendesainnya

Beberapa rumah makan juga begitu, mereka akan mencetak macam-macam menu yang mereka sediakan dan akan mencetang menu pesanan Anda. Namun, beberapa laundry dan tempat makan juga ada yang hanya akan menulis/mencetak layanan maupun makanan yang Anda pesan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ukuran nota antara satu usaha dengan usaha yang lain tentu saja berbeda. Tergantung tipe nota seperti apa yang Anda inginkan serta berapa ukuran font (huruf) serta berapa jumlah kolom dan baris tabel yang akan dicetak pada nota tersebut. Semakin besar font serta makin banyak kolom dan baris tabel yang dicetak, tentunya ukuran nota juga akan semakin besar.

Di bawah ini merupakan ukuran nota yang ditetapkan oleh salah satu percetakan nota online yaitu Bikinidcard.com.

Nota produksi Bikinidcard.com berasal dari kertas berukuran A4 (21 x 30 cm).  tersebut dapat dibagi menjadi 2 hingga 6 bagian.

Cara Mendesain Nota

Untuk membuat desain nota Anda tidak harus menggunakan desain grafis. Anda bisa membuatnya dengan Microsoft Words. Berikut langkah-langkah mendesain nota kontan menggunakan Microsoft Words.

Harga cetak nota murah di Bikinidcard.com

Alat yang Dibutuhkan

  1. Laptop maupun komputer yang telah terinstall Microsoft Words (minimal Microsoft Words 2010).

Langkah-langkah

  1. Buka Microsoft Words. Lalu buat dokumen baru dengan menekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Lalu save dokumen tersebut dan beri nama “Desain Nota”
  2. Pada tutorial ini kita akan membuat nota setengah ukuran A4 yaitu 10.5 x 15 cm. Untuk mengubah ukuran kertas masuk ke menu “Page Layout” lalu pilih “Size” lalu pilih “More Paper Size
  3. Masih pada menu “Page Layout” pilih “Margin” lalu “Custom Margin
  4. Atur margin seperti gambar di bawah ini:

ukuran nota landscape

  1. Langkah selanjutnya adalah membuat tabel dengan kepala tabel berisi “QTY” (jumlah), “BARANG”, “HARGA” “TOTAL” seperti tabel di bawah ini.

ukuran nota kontan

  1. Jika belum tahu bagaimana cara menyisipkan tabel silakan masuk ke menu “INSERT” lalu pilih “TABEL” buat 4 kolom dan 10 baris (jumlah baris bisa ditambah menjadi 12 maupun 14).
  2. Lalu pada bagian baris paling atas beri judul sesuai dengan poin nomor 5.
  3. Tabel tersebut baru terdiri dari “QTY”, “BARANG”, “HARGA” dan “TOTAL”. Pada bagian bawah kolom “TOTAL” tambahkan 3 baris “JUMLAH”, “DISKON” dan “TOTAL”. Untuk menambahnya silakan klik salah satu kolom/baris tabel hingga muncul menu “design”. Klik menu tersebut lalu pilih menu “Draw Table”. Nantinya tabel akan berubah jadi seperti ini:

ukuran nota ncr

  1. Untuk mewarnai kepala tabel, silakan blok keempat kolom paling atas, kemudian akan muncul menu “DESIGN” masuk ke menu tersebut lalu pilih menu “SHADING”. Pilih warna yang Anda inginkan.
  2. Untuk mengubah warna garis-garis tabel adalah klik sembarang kolom/baris tabel. Masuk ke menu “design”. Pilih pen color. Pilih warna yang Anda inginkan.
  3. Lalu pilih “draw table” seperti langkah nomor 8. Pointer akan berubah menjadi bentuk pena. Lalu gambar garis di atas (menumpuk) garis-garis tabel yang sudah ada hingga warna garis-garis tabel yang tadinya hitam berubah sesuai dengan warna yang Anda pilih.
  4. Langkah selanjutnya adalah memberi judul / nama 3 kolom yang terakir dibuat. Caranya adalah dengan menambahkan 3 baris dan kolom baru di samping baris dan kolom tadi.

ukuran nota dan cara mendesainnya 2

13. Hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah menambahkan logo usaha di pojok kiri atas nota. Caranya adalah klik menu insert lalu pilih picture, pilih logo usaha Anda. Pastikan logo tersebut dalam format PNG dengan background polos agar nantinya warna kertas nota ini lah yang menjadi background logo tersebut.Lalu hilangkan garis-garisnya. Caranya masuk ke menu design, lalu pilih “border”. Pada kolom “JUMLAH” pilih left border dan bottom border. Lakukan hal yang sama pada kolom “DISKON” dan “TOTAL” hingga tabel menjadi seperti ini:

 

ukuran nota dan cara mendesainnya 3

  1. Jika sudah disisipkan, atur besar-kecilnya. Lalu pada posisi logo masih bisa diseleksi, masuk ke menu design, klik menu wrap text lalu pilih in front of text. Letakkan logo di pojok kiri atas.
  2. Tambahkan 3 hingga 4 baris tabel untuk menuliskan alamat dan nomor telepon. Jangan lupa untuk menghilangkan garis-garis pinggir tabel tersebut.
  3. Lalu di sebelah kanan nota, tambahkan nama pembeli dan tanggal pembelian.
  1. Di akhir nota tambahkan nama penerima dan pegawai yang melayani orang tersebut.
  1. Save desain tersebut. Lalu ekspor menjadi format PDF. Caranya adalah masuk ke menu file. Lalu klik save as. Pada kolom “save as type” pilih pdf. Tekan enter atau klik OK.ukuran nota dan cara mendesainnya 4
  1. Hasil akhir desain nota tersebut kurang lebih seperti ini:

ukuran nota dan cara mendesainnya 5

Nah, itulah ukuran nota dan langkah-langkah membuat desain nota berukuran 10.5 cm x 15 cm menggunakan MS Words. Jika dirasa masih kesulitan untuk desain dan menentukan ukuran nota serta bingung tempat cetak yang bagus dengan garansi 100%, Bikinidcard.com solusinya. Selamat mencoba, semoga berhasil!