Ulang Tahun

Bikinidcard.comWalaupun berkurangnya jatah umur di dunia, nyatanya perayaan ulang tahun tetap menjadi moment yang ditunggu-tunggu. Tidak terkecuali oleh masyarakat di Indonesia.

Sebagian menganggap moment ini adalah moment penanda jika dirinya sudah dewasa dan merasa harus semakin bermanfaat. Bagaimana pendapat Anda?

ulang tahun

Ulang Tahun Adalah

Menurut Wikipedia dan diambil dari namanya, ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di luar Rahim. Tidak hanya dirayakan oleh perseorangan saja, moment setahun sekali ini juga dirayakan oleh sekelompok orang juga. Contohnya perusahaan, komunitas, instansi, organisasi maupun pasangan pernikahan.

Biasanya, untuk memeriahkan moment tahunan ini, tidak sedikit orang dari berbagai kalangan yang mengadakan pesta perayaan. Bahkan para undangan secara sukarela memberikan hadiah atau kado sebagai tanda ucapan selamat.

Meriahkan hari ulang tahun dengan Souvenir Unik dan lucu

Sejarah Singkat Perayaan Ulang Tahun

Lantas, sejak kapan moment ini mulai dirayakan dan bagaimana cara untuk merayakannya? Berikut ini asal muasal perayaan ulang tahun dari berbagai negara:

Berawal di Mesir

Mari kita bernostalgia ke zaman mesir kuno. Ternyata perayaan ini pertama kali muncul di Mesir saat itu, firaun yang berkuasa. Raja mesir ini mengadakan perayaan karena ingin menandai hari kelahirannya sendiri.

Sejak saat itu para penganut politeisme merayakan hari lahir mereka berdasarkan astronomi dengan dengan harapan dapat digunakan untuk memprediksi masa depan. Saat itu, hanya para pejabat maupun bangsawan yang cukup kaya yang bisa merayakannya.

Bagian Perayaan Keagamaan Masyarakat Romawi

Perayaan hari kelahiran di kalangan masyarakat umum dimulai ketika bangsa Romawi menciptakan kalendar untuk masyarakat luas – bukan hanya digunakan oleh pihak kerajaan maupun petinggi agama. Sejak saat itu, berbagai festival masyarakat diadakan sesuai tanggal yang telah ditetapkan. Kegemaran masyarakat Romawi dalam merayakan suatu hal akhirnya juga memengaruhi perayaan hari lahir yang lebih dikenal dengan istilah dis natalis.

Namun, perayaan ulang tahun umat Romawi dianggap masuk bagian perayaan keagamaan yang suci dan kultus. Pada perayaan ulang tahun mereka melakukan pengorbanan, pembakaran dupa, membuat kue untuk ritual, dan mengenakan pakaian serba putih.

Baca Juga : Ucapan Selamat Ulang Tahun

Yunani, Kue, dan Lilin Ulang Tahun

Perayaan hari ultah yang identik dengan kue ulang tahun yang diberi lilin bermula di Yunani. Sama seperti masyarakat Romawi yang menganggap peringatan hari kelahiran adalah perayaan keagamaan, orang-orang Yunani kuno juga beranggapan demikian. Pada perayaan tersebut mereka membuat kue yang berbentuk bintang yang diberi lilin menyala sebagai persembahan pada Dewi Artemis – dewi binatang liar, alam liar, dan kelahiran. Dari sana lah tradisi pemberian kue dan peniupan lilin menjadi lazim bahkan seolah-olah wajib bagi orang-orang yang hendak merayakan moment hari jadinya dengan kue.

Perayaan Ulang Tahun Umat Yahudi

Berbeda dengan orang-orang Mesir, Romawi, dan Yunani, umat Yahudi tidak merayakan ulang tahun. Namun mereka merayakan bar dan bat mitzvah yaitu tanda seorang anak menjadi dewasa, tepatnya saat usia mereka 13 tahun.

Perayaan Ulang Tahun Umat Kristiani

Pada mulanya umat Kristiani juga tidak merayakan hari kelahiran atau ultah seperti halnya umat Yahudi karena mereka menganggap bahwa tradisi tersebut merupakan tradisi umat Pagan (agama selain agama Abrahamik). Selain itu, perayaan ini dianggap sebagai penurutan ego atau hawa nafsu yang bertentangan dengan ajaran umat Kristen kala itu. Meski demikian, ada 1 hari lahir yang mereka rayakan, yaitu hari lahir Yesus.

Lambat laun, gereja-gereja mulai melonggarkan aturan dan mengizinkan jemaatnya untuk merayakan hari kelahiran untuk umatnya. Namun kala itu, ultah yang mereka rayakan adalah perayaan kelahiran orang-orang kudus. Sementara para bangsawan dapat merayakan hari lahir mereka sendiri.

Seiring berjalannya waktu, perayaan hari lahir individu tidak hanya dirayakan oleh bangsawan, tapi juga oleh masyarakat biasa. Karena agama Kristen menjadi agama mayoritas di Eropa dan Amerika, perayaan ulang tahun menjadi tersebar ke seluruh Eropa dan Amerika, kemudian tersebar ke seluruh dunia.

Perayaan Ulang Tahun di Cina

Namun, terpisah dari perayaan hari lahir di dunia Barat dan sekitarnya, di belahan dunia lainnya, ternyata Cina telah menandai hari kelahiran sejak ratusan tahun lalu. Ulang tahun tersebut ditandai dengan tahun pertama seseorang bisa bertahan hidup, sebagai tanda berapa lama seseorang selamat dari berbagai penyakit dan bahaya, serta harapan umur panjang di masa depan.

Berbeda dengan masyarakat di Barat yang merayakan moment tahunan ini dengan kue, masyarakat di Cina merayakannya dengan mie. Seberapa panjang dan lama sehelai mie bisa bertahan di mulut orang yang berulang tahun, dianggap memengaruhi usianya. Bila helai mie yang dimakannya pendek, maka usianya dianggap pendek.

Hal-Hal yang Membuat Ulang Tahun Lebih Berkesan

Semakin dewasa seseorang biasanya makin enggan merayakan hari kelahiran. Namun, bila Anda tetap ingin membuat moment Anda maupun orang-orang yang Anda sayangi berkesan meskipun tanpa perayaan besar-besaran coba ikuti tips berikut:

  1. Makan Malam di Luar Bersama Orang Tersayang

Supaya hari kelahiran Anda tidak terasa biasa-biasa saja, Anda bisa mengajak keluarga maupun sahabat-sahabat Anda untuk makan malam di suatu resto maupun café sesuai dengan budget Anda. Selain untuk merayakan ulang tahun Anda, hal ini juga bisa mengakrabkan kembali anggota keluarga maupun sahabat-sahabat Anda bila selama ini terlalu sibuk dan tidak ada waktu untuk bersama.

Mau cetak souvenir? Klik!

  1. Touring

Jika Anda suka berwisata ke suatu tempat, Anda bisa mengambil cuti kerja untuk berlibur ke suatu tempat sebagai hadiah bagi diri Anda sendiri. Bila Anda suka pergi besama-sama, jangan lupa mengajak sahabat dekat Anda. Namun bila Anda lebih suka sendiri, Anda bisa touring secara mandiri.

  1. Bersedekah

Selain merayakan dengan cara berkumpul bersama maupun berlibur, Anda juga bisa memperingati hari kelahiran Anda dengan cara bersedekah. Anda bisa mengajak orang-orang kurang mampu untuk makan bersama Anda atau membagikan nasi kotak untuk mereka. Anda juga bisa bersedekah dengan cara lain seperti berdonasi bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan biaya berobat.

  1. Membuat Resolusi untuk Diri Sendiri

Cara terakhir agar ulang tahun makin berkesan bisa Anda lakukan dengan membuat resolusi lalu langsung menjalankan. Misalkan Anda berjanji untuk giat berolahraga, maka Anda harus segera melakukannya sebagai bentuk hadiah bagi diri Anda sendiri agar Anda bisa  hidup sehat sepanjang usia.

Jadi, mana hal-hal yang akan Anda lakukan untuk membuat ulang tahun Anda makin berkesan? Bila menurut Anda hal-hal di atas terlalu biasa, Anda bisa melakukan hal-hal lain yang menurut Anda lebih menarik dan menyenangkan.