7 Jenis Kertas Percetakan

7 Jenis Kertas Percetakan – Ketika Anda menghubungi sebuah percetakan dan mengutarakan keinginan Anda untuk cetak brosur, sertifikat, undangan, calender dan barang-barang lain dengan media kertas. Pihak percetakan akan menyebutkan beberapa jenis kertas yang mereka gunakan untuk mencetak barang-barang tersebut.

Nah, supaya Anda tidak bingung ketika pihak percetakan menyebutkan beberapa jenis kertas, di bawah ini ada beberapa jenis kertas percetakan yang perlu Anda ketahui:

Jenis Kertas yang Digunakan Oleh Percetakan

  1. Art Paper dan Art Carton

jenis kertas yang digunakan oleh percetakan

Art paper dan art carton merupakan kertas dengan permukaan yang lembut dan kedua sisinya mengkilap (seperti jenis kertas foto). Bedanya, art carton lebih tebal dibandingkan art paper. Art paper memiliki gramasi atau ketebalan sekitar 85 hingga 150 gram. Sedangkan art carton memiliki ketebalan 190 gram ke atas.

Baca Juga : Sertifikat Keren untuk Ajang bergengsi

Art paper merupakan salah satu jenis kertas poster dan brosur. Selain digunakan untuk membuat poster dan brosur, art paper juga digunakan untuk membuat kalendar dinding, photo book, katalog, tumbler insert paper dan barang-barang yang relatif tipis lainnya.

Sedangkan art carton biasa digunakan untuk mencetak kartu nama, calendar meja, kipas kertas, sampul buku/majalah, stopmap, undangan, daftar menu, hingga cue card MC.

  1. Kertas Ivory

Kertas ivory memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan art carton, tetapi hanya salah satu sisinya yang mengkilap. Kertas ivory digunakan untuk mencetak paper bag, box makanan, kemasan kosmetik,

  1. Kertas Buffalo dan Manila (BC)

Kertas buffalo dan kertas manila memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu tebal, halus, permukaannya kesat dan memiliki beragam pilihan warna.

Perbedaan keduanya adalah permukaan kertas buffalo seperti memiliki tekstur atau motif-motif abstrak, sedangkan permukaan kertas manila polos, teksturnya tidak tampak.

Kertas buffalo dan manila kerap digunakan sebagai sampul penjilidan makalah, laporan magang/PKL, hasil fotokopi buku paket/modul dan sampul jilid lainnya. Selain itu kertas buffalo dan manila juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan stopmap.

  1. Kertas BW dan Karton Linen Jepang.7 jenis kertas percetakan

Kertas BW dan karton linen Jepang merupakan kertas yang ketebalannya mirip dengan art carton. Kedua permukaannya kesat (doff), kasar, teksturnya terlihat jelas. Kedua kertas ini merupakan jenis kertas sertifikat dan undangan.

  1. Kertas Vinyl

Kertas vinyl merupakan salah satu jenis kertas stiker yang paling banyak digunakan. Ia memiliki salah satu permukaan yang mengkilap dan permukaan lainnya terdapat lem atau perekat. Kertas vinyl juga dapat digunakan untuk membuat poster.

  1. Kertas HVS

jenis kertas

Anda pasti sudah tahu jenis kertas yang dicetakan yang satu ini. Kertas HVS bisa Anda beli dengan mudah di sembarang supermarket. Umumnya kertas HVS digunakan untuk mencetak dokumen, selebaran, laporan, kertas ujian dan sebagainya, Namun di tempat cetak, kertas HVS digunakan untuk mencetak brosur, poster dan nota.

Mau Cetak Brosur untuk Jualan ? Klik!

  1. Corrugated Sheet

Corrugated sheet adalah kertas karton yang digunakan untuk mencetak kardus-kardus berukuran besar seperti kardus mi instan, kardus barang eletronik, dan kardus barang-barang pecah belah dan kardus-kardus sejenisnya.

Corrugated sheet merupakan jenis kertas untuk percetakan offset. Percetakan digital printing tidak bisa mencetak kertas corrugated karena hanya mesin offset yang bisa mencetak jenis kertas ini.

Jenis-jenis kertas di atas merupakan jenis kertas yang paling kerap digunakan oleh tempat cetak secara umum. Setiap percetakan bisa jadi menggunakan jenis kertas yang tidak disebutkan pada daftar di atas, maka jika percetakan yang Anda datangi/hubungi menyediakan jenis kertas percetakan yang masih asing untuk Anda jangan lupa untuk menanyakan detail mengenai kertas tersebut bila perlu minta contohnya.

Untuk jenis kertas yang biasa dicetak selain kertas corrugated bisa Anda beli di supermarket maupun toko khusus kertas. Sedangkan untuk kertas corrugated hanya bisa Anda beli di toko khusus karton, toko khusus kemasan hingga toko besi.

Harga jenis kertas percetakan di atas berbeda-beda, tergantung gramasi (bobot), ukuran (panjang dan lebarnya) serta terdapat berapa lembar kertas dalam satu bungkus jenis kertas percetakan yang dijual oleh suatu toko.  Supaya tidak repot dalam melakukan survei harga kertas di tempat cetak, Anda bisa mengecek harga jenis-jenis kertas di atas melalui online shop.

7 Jenis Kertas Percetakan

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera