Tutorial Membuat Brosur Sekolah

Brosur SekolahBikinidcard.com. Ketika Anda hendak mendaftar ke suatu sekolah maupun perguruan tinggi, Anda pasti akan mendapatkan brosur yang berisi informasi yang berkaitan dengan sekolah maupun perguruan tinggi tersebut.

Seluruh sekolah maupun perguruan tinggi yang memasang iklan pendaftaran peserta didik maupun mahasiswa baru pasti memilih brosur sebagai media promosi.

Beberapa sekolah maupun perguruan tinggi ada yang promosi menggunakan spanduk, baliho hingga billboard. Meskipun mereka beriklan menggunakan media-media luar ruangan tersebut, mereka tetap akan promosi menggunakan brosur.

Alasan brosur selalu dijadikan media untuk mengiklankan informasi mengenai pendaftaran peserta didik maupun mahasiswa baru adalah biaya cetaknya yang murah, ukurannya yang kecil dan ringan membuatnya mudah didistribusikan serta ia bisa memuat lebih banyak informasi penting yang tidak dapat disampaikan melalui spanduk, baliho maupun billboard.

Nah, jika Anda bekerja di suatu sekolah dan ditugaskan untuk membuat brosur di bawah ini ada beberapa contoh brosur sekolah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Brosur Sekolah Keren dan Simpel

Brosur-brosur sekolah seperti contoh di atas bisa Anda buat menggunakan software grafis apapun baik untuk komputer maupun untuk smarphone. Jika Anda tidak ingin ribet membuat brosur sekolah dari nol, gunakan saja aplikasi smartphone untuk membuat brosur yang banyak tersedia di Play Store maupun App Store, salah satunya adalah Canva.

Baru pertama kali mendengar nama aplikasi tersebut? Masih sangat asing dengan Canva? Nah, jika ini adalah pertama kalinya Anda mengetahui Canva, silakan ikuti petunjuk pembuatan brosur sekolah berikut:

  1. Buka aplikasi Canva (jika belum ada di ponsel Anda silakan unduh di Play Store maupun App Store).
  2. Pada kotak pencarian yang terdapat di bagian atas, ketik saja “brochure”. Akan muncul berbagai macam pilihan template brosur. Klik salah satu template brosur yang Anda sukai untuk mengeditnya. Pada tutorial ini kita menggunakan template berikut:

contoh brosur sekolah keren dan simpel

  1. Kita menghapus foto bawaan template tersebut. Caranya klik foto tersebut hingga muncul icon tong sampah yang berada di bagian atas aplikasi. Lalu klik icon tong sampah tersebut hingga foto tersebut hilang.
  1. Selanjutnya adalah menambahkan foto pada template brosur sekolah. Caranya klik tombol plus (+) yang berada di pojok kanan bawah. Akan muncul beberapa menu seperti Text, Image, Video Pilih Image.
  1. Untuk menyisipkan gambar yang Anda miliki sendiri pilih gallery. Jika Anda ingin menggunakan gambar yang terdapat di database Canva makan klik Image. Pada tutorial ini, akan disisipkan foto yang telah diunduh dari google dan tersimpan di gallery ponsel.
  1. Klik gambar yang akan Anda sisipkan. Jika sudah diklik maka gambar akan muncul pada template brosur sekolah. Sesuaikan ukuran dan posisinya.

Baca Juga : Tutorial Desain Brosur Penjualan

  1. Selanjutnya adalah mengedit teks-teks bawaan template brosur sekolah tersebut. Caranya adalah dengan klik tulisan yang akan diedit sebanyak dua kali. Tulisan akan terblok otomatis dan keyboard ponsel akan muncul. Hapus tulisan teks tersebut dan tulis teks yang Anda inginkan.
  1. Jika sudah, klik tombol centang yang terdapat dipojok kanan atas. Jika tidak jadi mengubah teks tersebut klik tanda silang yang berada di pojok kiri atas.
  1. Untuk menambahkan teks, klik tombol plus (+) yang berada di pojok kanan bawah aplikasi, selanjutnya klik menu Text. Pilih +Add some text of your own. Akan muncul tulisan ENTER YOUR TEXT. Edit teks tersebut dengan teks yang Anda inginkan. Cara mengeditnya sama dengan langkah nomor 7.
  1. Untuk mengubah jenis, ukuran dan warna font, klik teks tersebut lalu pada bagian bawah layar ponsel Anda akan muncul berbagai macam jenis font, ukuran font dan warna font. Pilih jenis, ukuran dan warna font yang Anda inginkan. Lalu klik tanda centang yang terdapat di pojok kiri atas layar ponsel.
  1. Untuk mengedit sisi brosur yang satunya, geser layar ponsel dari kanan ke kiri. Di bawah ini adalah tampilan sisi template brosur yang lain.

brosur sekolahan

Untuk template yang digunakan pada tutorial ini, sisi belakangnya tampak kosong. Di sana bisa Anda tambahkan berbagai macam informasi penting yang berkaitan dengan pendaftaran sekolah.

  1. Template yang digunakan pada tutorial ini memiliki 4 halaman atau sisi bawaan. Sementara pada tutorial ini kita hanya akan membuat brosur bolak-balik (2 sisi) sehingga hanya membutuhkan 2 halaman template. Jadi halaman lainnya akan kita hapus.

Baca Juga : Ukuran Brosur dan Contohnya

  1. Cara menghapus halaman template brosur sekolah yang tidak dibutuhkan adalah dengan mengklik icon yang berada di pojok kiri bawah. Icon tersebut menunjukkan jumlah halaman yang dimiliki pada suatu template. Jika template brosur tersebut memiliki 4 halaman maka Anda akan melihat angka 4, jika 2 halaman maka Anda akan melihat angka 2 dan seterusnya.
  1. Jika sudah diklik akan muncul tampilan seperti berikut:

brosur sekolah cdr

  1. Kita akan menghapus halaman nomor 4 dan 3. Caranya geser layar ponsel dari kanan ke kiri hingga menunjukkan halaman nomor 4. Lalu klik icon tong sampah yang berada di bawahnya hingga halaman tersebut terhapus. Klik icon tong sampah tersebut untuk menghapus halaman nomor 3.
  1. Jika halaman-halaman yang tidak diinginkan sudah terhapus, klik tanda silang yang berada di pojok kiri bawah untuk melanjutkan pengeditan.
  1. Di bawah ini merupakan hasil editan template brosur sekolah di atas:

tutorial membuat brosur sekolah 2

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan aplikasi Canva, maka Anda bisa membuat desain brosur sekolah menggunakan aplikasi lain yang sekiranya lebih mudah Anda pahami. Bisa juga dengan meminta bantuan percetakan brosur sekolah Anda, seperti Bikinidcard.com untuk mewujudkan desain yang diinginkan.

brosur sekolah

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 bikinidcard.com | Percetakan ID Card | Digital Printing | Offset