Ukuran Brosur dan Contohnya

Ukuran Brosur dan ContohnyaBikinidcard.com. Brosur adalah salah satu sarana promosi berprofit dan sarana kampanye nonprofit. Brosur banyak dipilih menjadi media promosi dan kampanye karena ukuran brosur relatif kecil, bobotnya ringan serta biaya pembuatannya murah.

ukuran brosur dan contohnya

Nah, jika Anda berniat untuk berpromosi maupun kampanye menggunakan brosur. Anda perlu mengetahui berapa ukuran pada umumnya supaya Anda tidak salah ketika mendesainnya.

Ukuran Brosur Standar

Para percetakan brosur menggunakan kertas A4 (21 x 29,7cm), A3 (30 x 42cm) maupun F4 (21 x 33cm). Ukuran tersebut bisa diaplikasikan untu yang dicetak single atau ukuran ketika belum dilipat.

Kertas yang mereka gunakan adalah kertas HVS dan art paper.  Untuk kertas HVS mereka menggunakan kertas dengan berat 80 gram. Sedangkan untuk art paper mereka menggunakan kertas dengan berat 120gram dan 150gram. Semakin besar gramasi kertas maka makin tebal kertas tersebut, begitu pula sebaliknya.

Ukuran Brosur Lipat

Ukuran brosur yang telah dilipat tergantung ukuran kertas yang Anda gunakan, berapa lipatan yang Anda pilih dan apakah kertas tersebut digunakan sepenuhnya atau dibagi.

Misalkan Anda menggunakan kertas berukuran A3. Kertas tersebut memiliki ukuran 30 x 42cm. Jika Anda menggunakan kertas tersebut sepenuhnya lalu brosur tersebut dilipat menjadi 2 bagian maka ukurannya jika dilipat dua menjadi 21 x 15cm (ukuran tersebut merupakan ukuran kertas A3 dalam posisi landscape dan dilipat menjadi 2 bagian). Jika kertas A3 tersebut digunakan seluruhnya dan dijadikan brosur lipat 3 maka ukuran brosur lipat 3 adalah 30 x 14 cm (posisi kertas landscape).

Ukuran brosur lipat di atas hanya estimasi saja. Ukuran sesungguhnya belum tentu sama dengan estimasi di atas karena pasti brosur akan mengalami proses pemotongan dan ada bagian yang dibuang, sehingga ukuran kertasnya pun akan berkurang.

Lalu, berapa ukuran brosur untuk promosi dan kampanye yang pas? Brosur untuk promosi maupun kampanye biasanya menggunakan kertas berukuran A4 maupun F4. Kertas-kertas tersebut akan digunakan sepenuhnya untuk membuat satu lembar brosur. Umumnya brosur berukuran A4 maupun F4 akan dilipat menjadi 3 bagian dan dicetak secara landscape (tiduran/ horizontal) sehingga ukuran brosur A4 setelah dilipat menjadi 21 x 9.9cm, sedangkan brosur berukuran F4 setelah dilipat menjadi 21 x 11 cm.

Di bawah ini adalah contoh brosur yang dilipat menjadi 3 bagian:

ukuran brosur standar
Gambar: brosur tampak dari satu sisi
ukuran brosur lipat
Gambar: sisi brosur yang lain

Bila brosur tersebut akan digunakan untuk mempromosikan suatu produk, maka brosur tersebut dapat dilipat menjadi dua bagian dengan posisi landscape agar gambar dan tulisan yang dicetak terlihat jelas.

Jika sudah menentukan berapa ukuran brosur yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah membuat desain brosur. Anda bisa mendesain brosur mulai dari nol menggunakan aplikasi seperti corel draw, adobe illustrator maupun InkSpace.

Namun bila Anda tidak familiar dengan software-software tersebut, Anda bisa membuat brosur menggunakan Microsoft Publisher. Pada MS Publisher sudah terdapat berbagai macam template brosur. Anda tidak perlu membagi layout-layoutnya. Anda hanya perlu mengubah beberapa elemen dan mengubah teks sesuai dengan informasi yang ingin Anda sampaikan. Untuk mengubah ukuran kertas desain brosurnya pun sangat mudah, sama dengan cara mengubah ukuran kertas pada Microsoft Words.

Contoh Desain Brosur 3 Panel

Di bawah ini merupakan tampilan salah satu desain brosur 3 panel (yang akan dilipat menjadi 3 bagian).

Seperti yang dapat Anda lihat sendiri, pada desain tersebut brosur tersebut telah dibagi menjadi 3 bagian yang sama persis serta sudah terdapat suatu teks dan gambar. Anda tinggal mengganti teks dan gambar tersebut.

Ukuran default (otomatis) desain-desain brosur pada MS Publisher adalah Letter dengan posisi landscape (27.94 x 21.59cm).

Nah, jika Anda merasa kesulitan untuk desainnya, bisa lho diserahkan desain dan cetaknya di Bikinidcard.com. kami tidak hanya bisa mencetak ID Card saja namun juga kebutuhan usaha Anda termasuk brosur. Order dan informasi lebih lanjut, hubungi cs kami di 0851 0050 6290 ya, kami tunggu.

Ukuran Brosur dan Contohnya

0.00
9.8

Rating

9.8/10