Brosur Seminar

Brosur seminarbikinidcard.com. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) brosur memiliki beberapa pengertian, dua di antaranya adalah:

  1. Cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid
  2. Selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan atau organisasi)

brosur seminar

Dari penjelasan di atas maka dapat diartikan bahwa brosur seminar adalah selebaran yang hanya terdiri atas beberapa halaman yang berisi keterangan singkat , tetapi lengkap mengenai suatu seminar.

Fungsi Brosur untuk Seminar Online dan Offline

Brosur seminar baik untuk seminar online maupun offline memiliki fungsi-fungsi penting sebagai berikut:

  1. Mempromosikan Seminar

Secara umum, fungsi utama brosur adalah untuk mempromosikan suatu acara yang akan diselenggarakan. Brosur seminar biasanya akan disebarkan sekitar 3 hingga 1 bulan sebelum seminar yang bersangkutan diselenggarakan, tujuannya agar semakin banyak orang-orang yang mendapatkan informasi mengenai seminar tersebut.

Selain agar makin banyak orang-orang yang mendapatkan informasi mengenai seminar tersebut adalah agar proses pendaftaran peserta lebih terorganisasi.

  1. Handout Seminar

Handout merupakan cetakan yang berisi isi dari seminar, tetapi hanya dijelaskan secara singkat, hanya memuat gagasan utama dari topik yang akan dibahas dalam seminar. Tujuannya agar para peserta seminar paham ke mana arah pembicaraan seminar tersebut, serta untuk menimbulkan pertanyaan-pertanyaan pada pikiran para peserta mengenai gagasan-gagasan utama.

  1. Profil Narasumber/Pembicara

Fungsi brosur seminar yang berikutnya adalah untuk memberikan informasi mengenai profil narasumber atau pembicara kepada para peserta. Profil narasumber yang kredibel juga akan menarik minat calon peserta untuk menghadiri seminar tersebut.

Baca Juga : Pengertian Seminar, Fungsi, Ciri, dan Perlengkapan Pendukungnya

Poin Poin yang Harus Ada di Brosur Seminar

Sesuai dengan fungsi-fungsi brosur yang sudah disebutkan di atas maka poin poin penting yang harsu ada di brosur seminar adalah:

  1. Tema Seminar

Tema atau topik seminar adalah poin paling penting yang harus ada di brosur seminar. Tanpa adanya topik seminar, orang-orang tidak akan tahu apa yang akan dibicarakan dalam seminar tersebut. Orang-orang yang akan menghadiri seminar rata-rata merupakan mahasiswa maupun para pekerja kantoran dengan jadwal yang cukup padat, sehingga mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu mereka  untuk menghadiri seminar yang topiknya tidak jelas.

  1. Narasumber/Pembicara

Nama, gelar, dan keahlian narasumber juga perlu dicantumkan pada brosur. Tujuannya, agar orang-orang dapat menilai apakah seminar tersebut nantinya berbobot atau tidak, apalagi jika seminar tersebut merupakan seminar nasional maupun internasional. Narasumber yang terkenal kredibilitasnya akan menarik minat masyarakat untuk menghadiri acara tersebut.

  1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Brosur ini dapat dikatakan sebagai undangan. Jadi, tentu harus ada waktu dan tempat pelaksanaannya.

  1. Cara Pendaftaran

Setiap seminar hendaknya diselenggarakan dengan pendaftaran, jika tidak ada pendaftaran dan dibuka untuk umum bisa jadi ruang yang digunakan untuk menyelenggarakan seminar tersebut tidak cukup karena jumlah peserta yang membludak. Selain untuk membatasi agar peserta tidak membludak, pendaftaran peserta juga ditujukan agar yang menghadiri seminar tersebut tidak terlalu sedikit.

Karena diselenggarakan dengan system pendaftaran maka pada brosur terseut perlu disertakan cara pendaftaran dan kontak panitia pendaftaran agar orang-oran gyang berminat untuk menghadiri seminar tersebut tidak perlu bingung mencari informasi pendaftaran.

  1. Latar Belakang Diselenggarakannya Seminar

Latar belakang mengapa seminar tersebut diselenggarakan juga perlu ada di dalam brosur karena bisa jadi masyarakat tidak sadar bahwa permasalahan yang melatar belakangi diselenggarakannya. Merupakan suatu masalah, dengan disertakannya latar belakang tersebut masyarakat akan tersadar bahwa ternyata hal-hal tersebut merupakan suatu masalah yang harus diselesaikan bersama.

Bikin Brosur Seminar

Perlu brosur seminar kesehatan, keperawatan, nasional, internasional maupun acara lainnya? Pesan saja di Bikinidcard.com. Kami merupakan ahlinya cetak digital printing dan offset. Salah satu layanan kami adalah cetak brosur untuk acara-acara penting kantor, instansi, organisasi maupun komunitas.

Brosur produksi kami terbuat dari 2 jenis kertas yaitu kertas HVS dan art paper. Untuk brous dari kertas HVS kami menggunakan kertas bergramasi 80 gram. Sedangkan brosur dari art paper bergramasi 120 gram dan 150 gram.

Sementara ukuran brosur tersebut ada 3 macam yaitu A4 (21×29,7cm), F4 (21×33 cm), dan A3 (42×30 cm).

Brosur-brosur tersebut dapat dicetak satu maupun dua muka. Kami mencetak brosur tersebut dengan mesin printing offset yang bisa mencetak desain full color.

Brosur seminar produksi kami dapat Anda pesan mulai dari 500 exemplar. Silakan hubungi whatsapp CS kami pada nomor 0853-2628-2628 untuk melakukan pemesanan atau datang ke kantor kami yang beralamat di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

Brosur Seminar

0.00
9.8

Rating

9.8/10