Buku Nota

Buku Notabikinidcard,com. Nota adalah bukti atau tanda jual beli. Sementara buku nota adalah buku yang berisi lembar-lembaran bukti transaksi antara pembeli dan penjual.

Tidak hanya sebagai bukti pembayaran, Buku ini juga memiliki beberapa fungsi penting yang mungkin Anda belum tahu.

buku nota

Fungsi Nota

Nota sangatlah penting baik bagi customer maupun para pemilik usaha jual-beli sebab nota dapat digunakan dalam:

  1. Catatan Pengeluaran

Banyak orang yang menyepelekan nota belanja yang mereka dapatkan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya struk atau nota-nota yang dibuang di tong sampah hingga kotak amal di pusat perbelanjaan.

Meski banyak orang yang menyepelekan nota belanja milik mereka, tidak berarti semua orang melakukan hal sama. Ada pula orang-orang yang sangat membutuhkan nota. Mereka adalah orang-orang yang selalu membuat perincian pengeluaran harian dalam hidup mereka dan telah memisahkan dana yang mereka miliki untuk berbagai kebutuhan yang berbeda.

Oleh karena itu, meskipun banyak orang yang membuang nota begitu saja, para pemilik usaha jual-beli sebaiknya selalu memberikan nota kepada para customer.

  1. Transparasi Anggaran

Selain penting bagi perseorangan, nota juga sangat penting bagi orang-orang yang berbelanja untuk kebutuhan perusahaan, lembaga maupun organisasi. Nota dapat menjadi alat transparasi anggaran supaya orang-orang yang diberikan amanah untuk berbelanja kebutuhan kantor mereka dapat mempertanggungjawabkan uang yang telah diberikan oleh pihak kantor kepada mereka.

  1. Klaim Garansi

Fungsi nota selanjutnya adalah sebagai alat klaim garansi. Para staff tempat jual-beli tentu tidak hafal dan ingat setiap customer yang berbelanja di tempat mereka. Oleh karena itu diperlukan nota bagi setiap customer yang hendak mengklaim garansi untuk membuktikan bahwa para customer memang berbelanja di tempat tersebut.

Kelebihan Buku Nota

Di era modern seperti saat ini, sudah banyak nota yang dapat ditulis menggunakan komputer maupun gadget dan dicetak menggunakan printer sehingga lebih praktis. Nota seperti itu lebih dikenal dengan sebutan “struk”.

Meskipun sudah banyak retail maupun tempat makan/ café yang menggunakan struk, tetapi penggunaan buku nota masih populer karena ia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh struk yaitu:

  1. Mudah Diperbaiki

Pada beberapa tempat belanja khususnya toko kelontong maupun warung makan sederhana sering terjadi kasus di mana para customer tengah membayar, ketika nota sudah ditulis dan dicap mendadak mereka menambah barang belanjaan maupun mengurangi barang belanjaan.

Jika Anda menggunakan buku nota manual, Anda hanya perlu mencoret barang yang dikurangi maupun menulis barang tambahan.

Sementara pada struk yang terhubung pada komputer maupun gadget, Anda harus menghapus data yang telah tersimpan pada database yang biasanya tersimpan pada file lain. Hal itu tentu akan merepotkan.

  1. Tidak Memerlukan listrik

Kelebihan kedua buku nota adalah tidak memerlukan listrik, sehingga bila terjadi pemadaman listrik transaksi jual-beli tetap berjalan lancar.

  1. Tidak Perlu Isi Ulang Tinta

Struk yang dicetak menggunakan mesin printer tentu mengandalkan tinta printer. Seperti printer pada umumnya yang pasti akan habis dan perlu diisi ulang, printer struk juga perlu diisi ulang. Pengisian ulang tinta printer biasanya memakan waktu paling cepat 5 menit. Bila tinta printer habis saat antrean panjang, tentu hal tersebut akan menjadi masalah karena para customer yang antre harus antre lebih lama karena tinta printer sedang diisi ulang.

Bila Anda menggunakan buku nota, hal tersebut tidak akan terjadi. Jika tinta pulpen habis, Anda hanya perlu mengambil pulpen lain yang masih ada tintanya dalam sekejap mata, sehingga para customer yang antre tidak perlu menunggu terlalu lama.

  1. Harga Lebih Murah

Harga buku nota dibandingkan roll struk sebenarnya sama saja. Namun, roll struk memerlukan mesin printer yang harganya cukup mahal. Selain itu, Anda juga harus membeli tinta printer tersebut. Sementara untuk menulis pada buku nota hanya diperlukan sembarang pulpen dengan harga yang murah-meriah.

Pentingnya Cetak Buku Nota

Buku nota bisa Anda beli di sembarang supermarket maupun jasa fotokopi. Bila Anda membeli buku nota di tempat-tempat tersebut maka Anda akan mendapatkan nota biasa yang tidak ada ciri khas tempat usaha Anda.

Sebaiknya Anda tidak menggunakan nota yang tidak ada identitas atau ciri khas perusahaan Anda, sebab bila Anda menggunakan nota seperti itu maka Anda akan mudah ditipu. Untuk lebih memahami hal tersebut silakan simak ilustrasi berikut:

Anda memiliki toko kelontong. Suatu saat ada seseorang yang berniat menipu Anda dengan mengaku telah membeli makanan di tempat Anda. Namun makanan tersebut telah kedaluwarsa dan menyebabkannya keracunan/sakit perut. Orang tersebut minta pertanggungjawaban Anda dengan mengganti rugi biaya berobat/perawatan.

Akan tetapi Anda dan karyawan Anda merasa tidak pernah melayani orang tersebut. Lalu Anda minta nota pembelian kepada orang tersebut. Jika toko Anda menggunakan nota yang bisa dibeli oleh siapapun di sembarang supermarket, maka orang itu bisa saja membuat nota palsu dan mengaku membeli makanan tersebut di toko Anda.

Namun, bila Anda memiliki nota khusus untuk toko Anda, maka orang tersebut tidak bisa memalsukan nota. Sebab yang memiliki desain nota tersebut hanya Anda.

Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa mencetak nota sangatlah penting bagi para pelaku usaha jual-beli.

Jasa Cetak Buku Nota Jogja

jasa cetak buku nota jogja

Bagi Anda yang berdomisili di Jogja, Anda bisa cetak buku nota Jogja di Bikinidcard.com. Kami merupakan percetakan berbagai macam kebutuhan kantor, salah satunya adalah nota.

Ada dua macam buku nota yang kami produksi yaitu nota tanpa numerator dan nota dengan numerator. Perbedaan kedua nota tersebut dapat Anda lihat pada penjelasan berikut:

  1. Buku Nota Numerator

jenis nota numerator adalah buku nota dengan penomoran pada setiap rangkapnya. Fungsi pemberian nomor tersebut adalah untuk memudahkan dalam pencarian nota. Misalkan ada customer yang hendak mengklaim garansi. Jika nota tidak ada numeratornya maka Anda harus mencari salinan nota satu per satu.

Namun jika nota tersebut ada nomornya dan Anda telah mengurutkan salinan nota berdasarkan nomornya, maka Anda tidak perlu mencari salinan nota yang bersangkutan secara satu per satu. Anda bisa melompati beberapa salinan nota dengan nomor di bawah nomor nota yang hendak dicari.

  1. Buku Nota Tanpa Numerator

Jenis nota tanpa numerator adalah jenis nota tanpa penomoran. Bila Anda memesan nota jenis ini maka Anda dapat mengganti nomor nota dengan nama customer. Jadi, Anda harus menanyakan nama setiap customer yang berbelanja di perusahaan Anda.

Ukuran dan Contoh Buku Nota

Nota yang kami produksi menggunakan kertas A4 atau 21 x 30 cm. Kertas tersebut dapat dibagi menjadi 2 hingga 6 bagian. Kertas yang telah dibagi tersebut kemudian dapat dicetak secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan keinginan Anda.

Penasaran dengan nota produksi kami? Supaya tidak penasaran lagi, langsung cek contoh buku nota berikut:

ukuran dan contoh buku nota

harga buku nota cetak

Harga Buku Nota Cetak

Bagus, kan, buku nota buatan Bikinidcard.com? Bagi Anda yang penasaran dengan harga cetak nota silakan cek harga cetak buku nota melalui situs resmi kami yaitu bikinidcard.com.

Untuk melakukan pemesanan nota percetakan langsung Silakan hubungi Customer Service kami pada nomor 082243033334 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Pemesanan juga dapat Anda lakukan secara offline di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Kami tidak hanya bisa cetak nota murah untuk daerah Jogja, kami juga bisa cetak buku nota cepat Jakarta dan untuk daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

buku nota

0.00
9.8

Rating

9.8/10