Cetak Kwitansi

Cetak Kwitansi – Bikinidcard.com. Belum banyak orang yang tau apa sih kwitansi itu, dan apa bedanya dengan nota? Nah, kwitansi dan nota memang hampir sama namun pemakaiannya yang berbeda. Jika Nota adalah bukti jual beli dan diberikan kepada penjual dan pembeli, sedangkan kwitansi hanya digunakan sebagai bukti penerimaan uang.

Kwitansi berisi keterangan jumlah uang yang diterima, siapa penyerahnya dan penerimanya, atas tujuan apa uang tersebut diserahkan, pada tanggal berapa uang tersebut diterima. Contohnya dalah kwitansi pembayaran kost, kwitansi pengiriman uang melalui teller bank, kwitansi pembelian kendaraan bermotor dan sebagainya.

Cetak Kwitansi Custom

Kwitansi dijual bebas di toko peralatan kantor, toko buku atau swalayan. Namun jika Anda memiliki usaha, seperti usaha sewa sound system, lebih baik cetak kwitansi custom. Karena kwitansi ini dicetak logo dan nama perusahaan Anda. Jadi, tidak hanya bisa menjadi tanda terima tapi juga mencegah penipuan. Selain itu, pas banget digunakan sebagai media branding sekaligus iklan.

Jika Anda menggunakan kwitansi biasa yang bisa dibeli oleh siapapun di sembarang tempat, maka seseorang bisa menipu Anda dengan membuat kwitansi palsu. Mereka bisa saja membeli kwitansi yang mirip dengan milik Anda, lalu memalsukan tanda tangan Anda. Selain itu, pas banget digunakan sebagai media branding sekaligus iklan.

Pengen bikin desain sendiri? Bisa kok, yuk ikuti cara desain kwitansi berikut ini.

Cara Desain Kwitansi

Kita akan membuat kwitansi seperti desain berikut:

cara desain kwitansi

Desain kwitansi di atas dibuat menggunakan Photopea. Photopea merupakan sebuah website online yang sangat mirip dengan photoshop. Anda tidak perlu menginstall software Photopedia, cukup kunjungi situsnya yaiu Photopea.com.

1. Di bawah ini merupakan tampilan awal photopea. Pilih “Create New Project”

cara desain kwitansi 1

2. Kemudian beri nama project “Desain Kwitansi” atau nama lain yang mudah Anda ingat. Kita akan membuat kwitansi dengan ukuran setengah kertas A4. Pada kolom width ketikkan 216 dan pada kolom height ketikkan 149.5. Jika satuannya masih dalam px (pixel) ubah menjadi mm. Lalu klik create.

cara desain kwitansi 2

3. Akan muncul lembar kerja atau kanvas seperti berikut:

cara desain kwitansi 3

4. Hal pertama yang akan kita lakukan adalah menambahkan logo perusahaan. Caranya klik file lalu open, atau tekan tombol Ctrl+O pada keyboard, lalu pilih logo yang akan ditambahkan.

5. Logo tersebut akan muncul dalam dokumen baru. Selanjutnya kita akan menduplikat logo tersebut ke projek Desain Kwitansi. Caranya, masuk pada projek logo tadi. Lalu pada menu layer klik kanan layer bernama background lalu pilih duplicate into hingga muncul kotak dialog seperti berikut:

cara desain kwitansi 4

Pada destination pilih Desain Kwitansi (sesuaikan dengan nama projek desain Anda) lalu klik ok.

6. Masuk ke projek Desain Kwitansi. Dapat Anda lihat kanvas pada projek Desain Kwitansi yang tadinya kosong sudah ada logonya.

cara desain kwitansi 5

Atur ukuran logo tersebut lalu letakkan di pojok kiri atas. Posisinya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

7. Langkah selanjutnya adalah menambahkan nama dan alamat perusahaan. Caranya klik icon huruf T yang terdapat di sebelah kiri layar atau pencet saja tombol T pada keyboard. Lalu klik dan tahan pointer pada kanvas, lalu tarik hingga pointer berubah menjadi bentuk garis tegak lurus seperti pada MS Words. Selanjutnya ketikkan nama toko. Lakukan langkah yang sama untuk mengetikkan alamat toko.

Baca Juga : Peran Penting Nota Penjualan untuk Segala Macam Usaha

8. Buat teks-teks lain sesuai dengan contoh desain kwitansi di atas. Anda tidak harus membuatnya sama persis, isi kwitansi bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

9. Untuk membuat garis panjang, Anda tidak perlu menggunakan line tools, cukup pencet dan tombol underscores hingga terbentuk garis panjang seperti desain tersebut.

10. Jika proses desain sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpan projek tersebut. Caranya tekan tombol Ctrl+S pada keyboard. Akan muncul kotak dialog baru pada browser yang Anda gunakan yang meminta persetujuan untuk mengunduh file projek tersebut. Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox, akan muncul tampilan berikut.

cara desain kwitansi 6

Klik save file. File akan tersimpan di folder “download” pada komputer Anda. Ketika Anda menyimpan file projek tersebut, secara default (otomatis) file tersebut berformat PSD. Sehingga jika Anda membawanya ke percetakan, maka pihak percetakan akan membukanya dengan Photoshop.

Jika Anda ingin mengunduhnya dalam format file yang lain, klik menu file lalu export as. Anda dapat mengunduhnya dalam format JPG, PNG, SVG, GIF, PDF, BMP, RAW dan masih banyak lagi format file yang bisa Anda pilih.

Bagaimana, mudah bukan cara desain kwitansi? Anda tidak harus menggunakan software yang sama. Anda juga bisa membuatnya dengan Corel Draw, Photoshop maupun Adobe Illustrator. Langkahnya kurang lebih sama dengan langkah-langkah di atas.

Desain kwitansi Anda sudah jadi, saatnya membawa desain tersebut ke salah satu percetakan kwitansi online dan offline yaitu Bikinidcard.com. Kami salah satu percetakan kwitansi 1ply, 2 ply hingga 5 ply. Kertas yang kami gunakan untuk mencetak kwitansi merupakan kertas HVS atau NCR yang berukuran A4. Kertas tersebut dapat dibagi hingga 6 bagian.

Tertarik untuk cetak kwitansi di Bikinidcard.com, tapi belum punya desain? Sudah coba desain sendiri tapi tidak berhasil? Tenang! Kami juga membuka jasa desain kwitansi dengan biaya yang tergolong murah.

Harga Cetak Kwitansi Murah

Silakan kunjungi website kami yaitu bikinidcard.com untuk cek harga cetak kwitansi satuan. Untuk melakukan pemesanan kwitansi silakan hubungi CS kami melalui whatsapp pada nomor 0851 0050 6190. Anda juga bisa cetak kwitansi secara offline di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171 pada jam kerja yaitu Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00 WIB.

Cetak Kwitansi

0.00
9.8

Rating

9.8/10