Daftar Bisnis Musiman Modal Kecil

Daftar Bisnis Musiman Modal Kecil – Anda ingin mencoba berwirausaha tapi tidak tahu harus memulai bisnis apa? Takut jika bisnis yang Anda jalankan tidak ada pasarnya atau takut jika pasar tiba-tiba lesu? Jika itu masalah yang Anda hadapi, Anda perlu mencoba bisnis musiman.

 

daftar bisnis musiman modal kecil

Apa, sih Bisnis Musiman Itu?

Bisnis musiman adalah bisnis yang muncul ketika musim-musim atau hari-hari tertentu, seperti saat hari raya keagamaan, saat musim panen buah tertentu, event kemerdekaan dan lain-lain. Jenis bisnis ini juga ada karena tercipta suatu trend jenis makanan, minuman atau barang tertentu. Salah satu contohnya adalah boba drink, fresh milik dan lain-lain.

Nah, kali ini kita akan memberikan 7 daftar bisnis musiman untuk Anda yang rutin ada setiap tahun.

7 Contoh Bisnis Musiman

  1. Bisnis Tukar Uang

Menjelang hari raya keagamaan seperti lebaran, imlek dan hari raya agama lainnya, para orangtua/ orang dewasa pasti mulai mencari uang pecah dua ribuan, lima ribuan dan sepuluh ribuan untuk dibagikan ke kemenakan-kemenakan maupun para cucu.

Banyaknya orang yang butuh uang pecah menjadikan bisnis tukar uang perlu Anda coba. Anda bisa mencari untung 200 hingga 500 rupiah per lembar uang yang ditukarkan.

Misalkan ada orang yang akan menukar uang kertas Rp100.000 ke pecahan 2000. Berarti ada 50 lembar uang 2000 yang mereka butuhkan. Jika Anda mengambil untuk 500 rupiah per lembar uang 2000 maka Anda akan mendapatkan keuntungan 500 x 50 = RPp25.000.

Jika Anda berjualan 10 hari sebelum hari raya dan dalam sehari ada setidaknya 2 orang yang menukar uang pecah ke Anda berarti dalam 10 hari Anda akan mendapatkan keuntungan Rp25.000 x 2 x 10 = Rp 500.000. Lumayan bukan? Jika Anda berjualan di tempat ramai dan lebih giat dalam menawarkan jasa Anda maka Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari itu,

  1. Bisnis Makanan Hari Raya

Makanan adalah salah satu hal penting dalam menyambut hari raya suatu agama. Agama apapun itu pasti memerlukan makanan khas contohnya kue kering seperti nastar dan kue salju yang banyak dicari menjelang Idul Fitri maupun Natal, kue keranjang yang banyak dicari menjelang Imlek dan sebagainya.

Orang-orang biasanya mulai mencari makanan-makanan tersebut jauh-jauh hari sebelum hari raya tersebut tiba hingga H-1 hari raya tesebut. Jadi, jika Anda giat menawarkan makanan-makanan hari raya beberapa hari sebelum hari raya tersebut tiba, maka Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak.

  1. Bisnis Perlengkapan Hari Raya

Selain makanan hari raya, perlengkapan hari raya juga banyak dicari misalkan perlengkapan sholat dan pakaian muslim untuk hari raya Idul Fitri, pohon natal dan lilin untuk hari natal, dupa untuk hari imlek dan waisak, dan sebagainya.

Meskipun barang-barang tersebut dapat dijual di hari-hari biasa, nyatanya penjualannya akan melonjak menjelang hari raya keagamaan.

Baca juga : Tempat cetak brosur murah untuk bisnis Anda

  1. Bisnis Buah Musiman

Bisnis buah musiman juga perlu Anda coba. Buah-buahan yang hanya panen pada musim tertentu menjadikannya dinantikan oleh orang-orang. Ketika musim panen tiba orang-orang yang telah lama menunggu pasti akan membelinya.

Contoh buah musiman adalah duren, mangga, kelengkeng, strawberry, manggis, sawo dan sebagainya.

  1. Bisnis Event Tertentu

Bisnis event tertentu adalah bisnis yang menyesuaikan suatu event. Misalkan ada pameran komputer dan gadget maka Anda bisa mencoba bisnis pemasangan guard screen dan guard skin untuk laptop maupun ponsel.

Jika ada event Japan Festival atau Korea Festival maka Anda bisa berjualan barang-barang custom yang bisa dicetak foto atau gambar karaker anime maupun wajah seorang pemain film, solois maupun anggota grup. Contoh barang-barang custom yang bisa Anda jual tanpa mengeluarkan modal banyak adalah gantungan kunci custom, mug custom dan tumbler custom.

Tidak hanya barang-barang custom, Anda juga bisa berjualan makanan khas negara tersebut misalkan untuk Japan Festival maka Anda bisa berjualan takoyaki, sementara untuk Korea Festival Anda bisa berjualan tteobokki.

  1. Bisnis Cokelat Valantine

Cokelat memang dijual bebas di sembarang supermarket maupun minimarket. Jadi rasanya tidak ada yang istimewa dengan berjualan cokelat. Eits, tunggu dulu. Jika Anda berjualan cokelat custom yang bisa dibentuk nama seseorang maupun ucapan-ucapan tertentu, pasti akan laku keras, apalagi menjelang hari valantine.

Jika Anda takut jika cokelat yang Anda jual tidak laku, maka Anda bisa menjualnya dengan sistem preorder agar Anda bisa menghitung berapa modal yang Anda butuhkan.

  1. Guru Les

Saat ini sudah banyak lembaga bimbingan belajar baik berbasis offline seperti Primagama dan Neutron maupun yang berbasis online seperti Ruang Guru dan Zenius. Meski begitu menjelang ujian nasional maupun menjelang tes masuk perguruan tinggi negeri, murid-murid yang membutuhkan guru les akan melonjak. Maka dari itu Anda perlu mencoba peruntungan sebagai guru les.

Tidak seperti bisnis bukan musiman seperti warung makan, laundry, salon dan bisnis bukan musiman lainnya yang memerlukan modal cukup banyak, bisnis-bisnis musiman di atas hanya memerlukan modal sedikit karena Anda hanya perlu menyediakan modal untuk beberapa hari. Jika sudah tidak musim, maka Anda tidak perlu berjualan. Jadi, bisnis musiman mana yang hendak Anda coba?

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera