kartu osis

Kartu OSIS Bikinidcard.com. Sebagai anak SMP / SMA tentu tidak asing dengan organisasi yang didirikan oleh sekolah yang dikenal dengan Organisasi Intra Sekolah (OSIS). Sebuah wadah untuk anak didik sebuah instansi pendidikan untuk mengasah keahlian berorganisasi, merealisasikan program sekolah untuk para siswa dan sebagai tempat pengembang minat dan bakat. Sayangnya, meski semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pengurus OSIS, tetapi belum tentu semua bisa bergabung.

kartu OSIS

Sebagai pengurus organsasi dirian sekolah, tentu tidak lengkap tanpa kartu identitas khusus. Berbeda dengan kartu pelajar, kartu anggota organisasi ini hanya dimiliki oleh pengurus organisasi. Dilengkapi dengan jabatan dan ada identitas OSIS-nya. Sementara itu kartu Organisasi Intra Sekolah dapat berupa kartu pelajar yang diberikan kepada seluruh siswa maupun kartu tanda kepengurusan OSIS yang hanya dimiliki para pengurus OSIS.

Fungsi Kartu OSIS

ID card OSIS baik dalam bentuk kartu pelajar maupun kartu kepengurusan OSIS tidak hanya berfungsi sebagai formalitas. Kartu ini memiliki fungsi penting, yaitu:

1. Menggantikan Beberapa Fungsi KTP

Kartu OSIS dapat menggantikan beberapa fungsi KTP. Fungsi KTP yang dapat digantikan oleh ID card OSIS adalah sebagai penujuk identitas pemiliknya.

Para siswa SMP maupun SMA/SMK sederajat yang belum berusia 17 tahun belum bisa membuat KTP. Jika terjadi hal-hal buruk kepada seorang siswa maka pihak berwajib akan kesulitan  mengidentifikasi siswa tersebut karena ia belum memiliki KTP. Pihak berwajib juga akan kesulitan menghubungi anggota keluarganya.

Dengan adanya kartu OSIS maka pihak berwajib dapat menghubungi pihak sekolah mengenai keadaan siswa tersebut. Kemudian pihak sekolah dapat memberitahu orang tua maupun wali siswa.

Selain untuk memudahkan pihak berwajib untuk mengidentifikasi siswa,  ID card OSIS juga bisa digunakan untuk mendapatkan diskon pelajar di pusat perbelanjaan maupun tempat makan yang mengadakan promo khusus pelajar.

Pengelola pusat perbelanjaan maupun tempat makan akan meminta para siswa untuk menunjukkan ID card milik mereka sebagai bukti bahwa mereka memang merupakan seorang murid.  Jika tidak menunjukkan ID card OSIS maka para siswa tidak akan mendapatkan diskon khusus pelajar tersebut.

Walaupun dapat digunakan fungsi KTP sebagai petunjuk identitas, tetapi ID card OSIS tidak dapat digunakan untuk kegiatan administrasi yang berkaitan dengan pemerintah. Bisa untuk membuat paspor, membuka rekening bank non pelajar, mengajukan cicilan kendaraan bermotor, dan berbagai hal administrasi penting lainnya

2. Kartu Multifungsi

ID card OSIS dapat dijadikan sebagai kartu multifungsi untuk berbagai kegiatan seperti sebagai kartu perpustakaan sekolah, kartu absensi, uang elektronik untuk membayar makan siang di kantin sekolah/belanja di koperasi sekolah, untuk membuka portal parkir di sekolah, hingga untuk membayar busway.

ID card OSIS yang dapat dijadikan sebagai ID Card perpustakaan mesti dicetak barcode maupun QR code. Sementara jika akan dimanfaatkan sebagai kartu absensi, alat pemabayaran maupun untuk membuka portal parkir maka ID card untuk anggota organisasi mesti dibuat dari kartu yang diberi chip RFID maupun yan gdiberi pita magnetik.

Ukuran Kartu OSIS

Kartu untuk organisasi intra sekolah dibuat dari plastik PVC, kartu ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan KTP maupun SIM, yaitu 85×53 mm. Sementara ketebalan rata-ratanya adalah 0.76 mm. Meski demikian ada pula yang ketebalannya hanya 0.4 mm maupun mencapai 0.96 mm.

Contoh Desain Kartu OSIS

Di bawah ini merupakan contoh desain kartu OSIS MTs/SMP, SMA/MA maupun SMK produksi Bikinidcard.com.

Contoh Desain Kartu OSIS

Cetak ID card OSIS di tempat kami bisa menggunakan desain buatan Anda sendiri. Bagi ANda yang akan mencetak desain buatan Anda sendiri, silakan buat desain dalam format CDR maupun AI.

ID card-ID card OSIS buatan kami akan kami cetak menggunakan mesin press oven, ada pula yang kami cetak menggunakan mesin printing UV. Baik kartu yang dicetak press oven maupun print UV akan menghasilkan cetakan full color dan tahan air.

Untuk memesan kartu OSIS di Bikinidcard.com silakan hubungi WA kami pada nomor 0851-0050-6190 atau datang ke kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera