Kenang Kenangan KKN

Kenang kenangan KKNbikinidcard.com. Kuliah kerja nyata merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa semester akhir kepada masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Pengabdian tersebut berupa aksi nyata untuk memecahkan permasalahan di daerah KKN misalkan di desa tersebut hanya sedikit anak-anak yang bersekolah maka kegiatan yang dilakukan bisa berupa belajar membaca dan berhitung secara gratis.

kenang kenangan KKN bikinidcard

Sejarah Kegiatan KKN Desa Untuk Mahasiswa

Pada mulanya KKN hanya diselenggarakan oleh 3 perguruan tinggi, yaitu Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Hasanudin, dan Universitas Andalas. Namun, pada tahun 1972 tepatnya pada bulan Februari, kegiatan KKN menjadi sangat dianjurkan untuk seluruh perguruan tinggi khususnya negeri. Jangka waktunya beragam, lazimnya adalah 3 bulan.

Ide Kenang-Kenangan yang Berkesan

Masa KKN yang  cukup lama tak jarang membuat hubungan mahasiwa KKN dan masyarakat setempat menjadi dekat, terutama dengan anak-anak.

Sebagai rasa terima kasih kepada masyarakat karena telah memberikan izin untuk menjalankan KKN serta agar hubungan tetap berjalan baik di masa mendatang maka sebaiknya mahasiswa memberikan kenang-kenangan yang berkesan.

Berikut hadiah kenang-kenanagan untuk masyarakat dan kepala desa yang berkesan:

  • Plakat 

Plakat merupakan sejenis piagam maupun piala penghargaan maupun ucapan terima kasih yang terbuat dari papan logam seperti aluminium maupun papan akrilik.

Ada juga plakat yang terbuat dari kayu, tetapi plakat dari logam dan akrilik lebih banyak diminati karena lebih tahan air dan tidak akan dimakan rayap.

Sebagai kenang-kenangan KKN, plakat dapat diberikan kepada kepala dusun/desa setempat dengan ucapan terima kasih.

  • Hiasan di Poskampling 

Hiasan pos kampling merupakan pos untuk ronda. Jenis Hiasan untuk pos kampling beragam dapat berupa lampu hias, lampion dari botol bekas, papan informasi RW sekian mencakup RT berapa saja, dan sebagainya.

Selain memberi hiasan, pos kampling juga bisa dicat agar terlihat lebih cerah dan sebagai tanda bahwa kegiatan ronda di desa tersebut masih berjalan.

  • Masker dan Bak Cuci Tangan 

Sejak terjadinya pandemi COVID-19 menggunakan masker dan mencuci tangan menjadi hal yang telah umum. Sayangnya, tidak semua perkampungan memiliki dana untuk membuat bak cuci tangan. Oleh karena itu kamu dan teman-temanmu bisa memberikan bak cuci tangan, jangan lupa berikan masker juga.

  • Tempat Sampah 

Untuk mencapai desa/kota yang bersih dimulai dari ranah terkecil dulu, yaitu lingkungan RT dan RW. Bila kamu merasa lingkungan KKN-mu dan teman-teman kekurangan tong sampah untuk umum maka kamu bisa memberikan kenang-kenangan berupa tong sampah.

Tong sampah tersebut tidak harus berupa tempat sampah baru dari supermarket. Kamu dapat membuatnya dari ember cat bekas maupun barang-barang bekas lainnya yang tahan air. Supaya terlihat menarik jangan lupa untuk mengecat tempat sampah tersebut.

  • Rambu-Rambu Jalan Kampung dan Tempat Wisata Terdekat 

Ide kenang kenangan KKN terakhir yang dapat kamu berikan kepada penduduk tempatmu KKN adalah rambu-rambu jalan kampung seperti pemberitahuan suatu area merupakna RT dan RW berapa, lalu jika akan menuju ke RT dan RW sekian harus kea rah mana.

Jika di daerah sana terdapat tempat wisata bisa juga berupa petunjuk arah menuju temat wisata terdekat.

Rambu-rambu ini bisa berasal dari papan kayu maupun papan akrilik. Jika memiliki dana berlebih tidak ada salahnya membuat rambu-rambu dari aluminium.

Mau ide kenang-kenangan custom yang nggak kalah menarik? Klik di sini!

Sudah terpikirkan mau memilih kenang kenangan KKN yang mana? Jika kamu tertarik untuk memberikan masker, rambu-rambu jalan, dan plakat,  kamu bisa memesannya di Bikinidcard.com. Informasi lebih lanjut silakan hubungi customer service kami melalui WhatsApp: 0899-5178-302.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera