Mengenal Kertas Linen Lebih Jauh

Kertas LinenBikinidcard.com. Kertas manila, kertas buffalo, kertas HVS, kertas karton adalah jenis-jenis kertas yang banyak beredar di pasaran dan dimanfaatkan oleh orang-orang untuk membuat berbagai macam barang. Jadi, Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis kertas tersebut. Namun, pernahkah Anda mendengar maupun membaca jenis kertas linen?

mengenal kertas linen lebih jauh

Pengertian Kertas Linen

Kertas linen adalah kertas yang memiliki tekstur unik. Jenis kertas ini kerap digunakan untuk membuat sertifikat, ijazah maupun  piagam penghargaan. Kertas ini juga dikenal dengan istilah kertas linen Jepang dan karton linen.

Baca juga : Contoh Sertifikat untuk Ajang Bergengsi

Karakteristik Kertas Linen

karakteristik kertas linen

Memiliki beberapa karakteristik yang mirip dengan kain linen. Perlu diketahui, kain linen sendiri merupakan kain yang banyak digunakan sebagai bahan rok, baju, blous dan lainnya dan sering digunakan di daerah dingin karena karakteristiknya yang bisa menghangatkan. Karena permukaannya terlihat sama ini lah, dinamakan kertas linen. Karakteristik-karakteristik tersebut antara lain:

  1. Memiliki gramasi yang relatif besar alias tebal mulai dari 150 hingga 350 gram.
  2. Karakteristik kertas ini tidak seluwes kertas HVS, ia kaku seperti kertas karton.
  3. Permukaannya kasar, teksturnya terlihat jelas tampak bergaris-garis sebagaimana halnya kain linen.
  4. Kedua permukaannya kesat
  5. Dapat dicetak menggunakan mesin digital printing maupun ditulis manual menggunakan spidol maupun pulpen tinta jel. Namun, hasilnya lebih bagus jika dicetak menggunakan mesin, sebab permukaannya yang kasar bisa membuat si penulis kehilangan kendali saat menuliskan nama, gelar bagkan tanda tangan.

Ukuran Kertas Linen

Ukuran kertas ini bervariasi sama seperti jenis kertas yang lain. Akan tetapi, ukuran yang paling banyak dijual adalah ukuran A3, A4 dan F4. Ada pula toko atau tempat swalayan kertas  yang menjual per rol.

Warna Kertas Linen

Kertas ini memiliki berbagai macam pilihan warna seperti halnya manila maupun buffalo. Contoh warna yang bisa Anda temui antara lain hitam, abu-abu tua, merah, cokelat, krem, kuning telur, merah muda, abu-abu muda, hijau tentara, biru dongker dan putih.

Akan tetapi, dari warna-warna yang ada ini, yang banyak digunakan untuk sertifikat tentu saja warna putih karena mudah dicetak. Hasil warnanya juga bisa lebih maksimal dibanding jika menggunakan warna – warna lainnya.

Kertas Linen untuk Sertifikat

Kertas inilah yang digunakan untuk membuat sertifikat rata-rata berwarna putih. Selain warna putih, warna krem juga kerap digunakan untuk membuat sertifikat.

Alasan kenapa warna putih kerap dijadikan sebagai sertifikat karena biasanya para pembuat sertifikat akan mendesain sertifikat dengan berbagai macam warna. Oleh karena itu diperlukan warna netral yang cocok dipadukan dengan berbagai macam warna. Sementara kertas  yang berwarna krem kerap dipilih untuk mencetak sertifikat dengan desain vintage.

kertas linen untuk sertifikat

Berapa ukuran kertas linen yang digunakan untuk membuat sertifikat?

Di Indonesia, sertifikat dibuat dengan ukuran yang berfariasi menurut kebutuhan masing – masing. Akan tetapi, ukuran yang lebih banyak digunakankan adalah kertas yang berukuran A4 maupun F4. Sedangkan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya menggunakan ukuran letter.

Cetak Sertifikat Murah dan Berkualitas di Bikinidcard.com

Kegunaan Kertas Linen yang Lain

Tidak hanya digunakan untuk membuat sertifikat, jenis kertas ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat undangan pernikahan/tunangan, amplop dan jilid sampul soft cover.

Jilid sampul soft cover biasanya menggunakan kertas buffalo maupun art carton. Namun, jika tidak ditemukan kertas buffalo, bisa diganti dengan kertas ini karena tingkat kekakuan dan ketebalannya hampir sama, meskipun kertas buffalo lebih halus.

Baca Juga : 7 Jenis Kertas Percetakan

Tempat dan Harga Jual Kertas Linen

Jenis kertas ini banyak dijual dengan bebas di supermarket atau swalayan dan toko perlengkapan kantor maupun toko khusus kertas. Selain itu, online shop-online shop di market place juga banyak yang menjualnya. Harga jenis kertas ini tentu saja tergantung gramasi yang dibutuhkan, ukuran kertas serta dalam satu pak terdiri dari berapa lembar atau berapa rim (1 rim = 500 lembar).

Sekian informasi tentang jenis kertas ini. Semoga bermanfaat.

Alamat Pemesanan di Bikinidcard.com

Anda juga bisa datang ke kantor kami langsung yang berada di Retro Card Jogja. Kantor kami beralamatkan di Bikinidcard – Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171 atau Klik Langsung di Sini. Kami buka setiap hari Senin – Sabtu pada jam 9.00 – 17.00 WIB, libur nasional dan hari minggu Kami tutup.

Jangan lupa untuk follow akun instagram @bikinidcard.com_admin kami untuk melihat produk menarik lainnya.

Kontak Pemesanan Bikinidcard.com

CS3: 0853 2628 2628 (klik Langsung Untuk Pemesanan).

Kertas Linen

0.00
9.8

Rating

9.8/10