Pengertian RFID

RFID bikinidcard.com. Apakah Anda pengguna e-tol atau e-money? Tahukah Anda jenis apa kartu itu dan apa saja fungsinya? Jika Anda sudah memiliki salah satunya, kartu tersebut disebut dengan kartu RFID.

Jenis kartu ini memang belum disadari sudah banyak digunakan bahkan bisa digunakan untuk perusahaan Anda. So, Anda harus mengerti dan memahami tentang kartu RFID lebih dalam lagi,

Pengertian RFID

Apasih RFID itu?

Menurut Wikipedia, RFID atau Pengenal Frekuensi Radio (Radio Frequency Identification) merupakan metode identifikasi dengan menggunakan transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Cara kerja teknologi ini adalah dengan mengandalkan gelombang radio atau gelombang elektromagnetik.

Apa Saja Fungsinya?

RFID berfungsi untuk mendeteksi dan membaca suatu data menggunakan gelombang elektromagentik. Dalam pengaplikasiannya, teknologi ini bisa dipakai pada:

  • Manajement Akses
  • Pelacakan barang
  • Pembayaran tol
  • Pelacakan bagasi di bandara
  • Pelacakan identitas dan mesin pembaca dokumen berjalan

Ada dua macam tag RFID yaitu jenis pasif dan aktif atau bertenaga baterai. Jenis yang pasif menggunakan tenaga gelombang elektromagnetik dari mesin pembaca untuk menyampaikan data yang disimpannya kepada mesin pembaca tersebut.

Sementara RFID aktif menggunakan tenaga baterai untuk membaca data yang disimpannya. Lalu mengirimkannya pada mesin pembaca menggunakan gelombang elektromagnetik miliknya sendiri.

Cara Kerja Radio Frequency Identification

Tag atau label Radio Frequency Identification memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah microchip yang berfungsi untuk menyimpan dan memproses informasi. Bagian kedua adalah antenna untuk menerima dan mengirimkan sinyal.

Setiap tag atau label Radio Frequency Identification memiliki nomor seri tertentu yang hanya berlaku untuk satu objek. Misalkan sebuah kunci pintu elektronik memiliki sebuah nomor seri, kunci pintu itu hanya dapat digunakan untuk pintu A dan tidak bisa digunakan untuk pintu yang lain.

Untuk membaca informasi yang dikodekan pada tag, alat pembaca yang bertugas sebagai penerima sekaligus pemancar gelombang elektromagnetik memancarkan sinyal ke tag menggunakan antena. Ketika sinyal telah dipancarkan maka tag akan merespon dengan memberikan informasi yang tersimpan pada memori banknya. Alat baca tersebut kemudian akan mengirimkan informasi yang telah ia baca/ia dapatkan dari tag ke program komputer Radio Frequency Identification yang terdapat pada alat baca tersebut. Jika data tersebut sesuai dengan program komputer RFID.

Dalam penggunaannya, teknologi identifikasi radio ini lebih banyak dikenal dalam bentuk kartu atau disebut dengan kartu RFID.

RFID Card Adalah

Merupakan kartu yang memanfaatkan teknologi RFID biasanya digunakan sebagai e-tol dan e-money. Kartu ini terbuat dari bahan dasar pembuatan kartu ATM maupun e-money yaitu PVC. Tentunya bahan PVC ini adalah bahan yang sangat umum digunakan sebagai bahan pembuatan kartu ATM, kartu identitas karyawan, dan Jenis ID Card yang lain.

RFID Card

Dalam penggunaannya, kartu ini tidak bisa lepas dari alat pembacanya (reader). Ini dikarenakan data yang ditanamkan pada kartu ini hanya bisa dibaca oleh alat yang bersangkutan.

RFID Reader

Mesin pembaca kartu RFID berbeda dengan mesin pembaca kartu ATM, debit maupun kredit. Kartu ATM, debit maupun debit harus digesekkan/dimasukkan pada mesin pembaca kemudian pemegang kartu perlu memasukkan kata sandi yang sesuai. Sementara untuk membaca kartu RFID bagian kartu yang terdapat tag atau label cukup ditempelkan pada muka mesin pembaca, tidak perlu memasukkan password.

Kartu yang menggunakan teknologi Radio Frequency Identification ini bisa Anda pesan di Bikinidcard.com. Anda bisa menggunakannya sebagai kartu akses ruangan, e-money dan bekerjasama dengan bank terentu maupun kartu identitsa karyawan Anda. Bahkan Anda bisa menggunakannya sebagai kartu member yang bisa membantu pengelolaan member Anda menjadi jauh lebih mudah.

Bikinidcard.com merupakan pusat pembuatan kartu ID card, Tali ID card, souvenir dan media branding lainnya yang terpercaya dan salah satunya adalah kartu ID card RFID. Kami mennggunakan bahan baku berkualitas, mesin canggih dan kapasitas besar serta dikerjakan oleh tenaga profesional sehingga hasilnya tidak mengecewakan.

Informasi lebih lanjut dan pemesanan RFID card Anda bisa menghubungi Customer Service kami pada nomor 0822 4303 3334 atau datang ke kantor kami yang berlokasi l. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Pengertian RFID

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera