Perbedaan Antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator

Perbedaan antara Adobe Photoshop dengan Adobe IllustratorAdobe Photoshop dan Adobe Illustrator merupakan software grafis terbitan Adobe Incorporated yang paling terkenal dibandingkan software-software terbitan Adobe yang lain.

Perbedaan Antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator

Anda yang kerap mengoprek kedua software grafis tersebut pasti tahu betul perbedaan kedua software grafis tersebut. Namun, jika Anda baru akan mulai mempelajari kedua software tersebut dan Anda bingung harus mulai mempelajari software yang mana dulu. Coba simak perbedaan antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator berikut:

Apa Saja Perbedaan Antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator?

Perbedaan-perbedaan antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator akan kita lihat dari beberapa poin seperti fungsi, tools serta kelebihan dan kekurangannya.

Perbedaan Fungsi Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator

Jika melihat dari namanya, sebenarnya fungsi kedua software grafis besutan adobe ini dapat ditebak. Adobe Photoshop berfungsi untuk mengedit dan memanipulasi foto, sedangkan Adobe Illustrator berfungsi untuk membuat ilustrasi alias menggambar.

Secara detail, Adobe Photoshop berfungsi untuk mengganti tone warna (preset) foto secara keseluruhan , mengganti warna asli suatu objek pada foto (misalkan mengganti warna rambut putih menjadi hitam), memanipulasi objek pada foto (misalkan menghilangkan kerutan pada wajah, melangsingkan perut buncit, membuat bibir yang pucat jadi berwarna dan sebagainya).

Adobe Photoshop merupakan software grafis yang sangat diperlukan oleh para fotografer dan orang-orang yang bekerja di bidang pemotretan. Seorang fotografer biasanya juga menguasai Adobe Photoshop, tidak hanya menguasai teknik-teknik fotografi.

Meski begitu, Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk membuat desain-desain basic seperti desain brosur, desain poster, desain website dan sebagainya.

Sementara Adobe Illustrator dapat dikatakan sebagai pesaing Corel Draw. Ya, software grafis yang satu ini memiliki fungsi yang sama persis dengan Corel Draw yaitu untuk menggambar berbagai macam hal seperti logo brand, ilustrasi wajah, komik dan menggambar hal-hal lainnya menggunakan komputer.

Berbeda dengan Adobe Photoshop yang dapat digunakan untuk menggambar, Adobe Illustrator tidak bisa digunakan untuk mengedit foto. Ia tidak dapat digunakan untuk mengubah preset foto maupun melakukan manipulasi-manipulasi yang dapat dilakukan oleh Adobe Photoshop.

Adobe Illustrator merupakan software grafis yang sangat diperlukan oleh para illustrator, desainer setting, komikus/mangaka, content creator dan pekerjaan-pekerjaan lain yang memerlukan kemampuan menggambar

Perbedaan Tools Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator

Beberapa tools pada Adobe Photoshop tersedia pula pada Adobe Illustrator. Namun, banyak tools pada Adobe Photoshop yang tidak tersedia pada Adobe Illustrator dan sebaliknya. Tools-tools yang tersedia di kedua software adobe tersebut adalah:

  • Selection tools
  • Magic wand
  • Lasso tools
  • Pen tools
  • Rectangle
  • Brush tools
  • Eraser tools

Sementara tools-tools yang dimiliki oleh Adobe Photoshop tetapi tidak dimiliki oleh Adobe Illustrator maupun sebaliknya cukup banyak. Tools-tools Adobe Illustrator justru banyak yang mirip dengan tools-tools pada Corel Draw. Jadi, jika selama ini Anda kerap menggunakan Corel Draw untuk menggambar ilustrasi, maka Anda bisa cepat beradaptasi dengan Adobe Illustrator.

Perbedaan Format File dan Format Warna

Secara default atau otomatis, file photoshop akan tersimpan dalam format PSD sedangkan file Adobe Illustrator akan tersimpan dalam format AI.

Sementara untuk warnanya Adobe Photoshop menggunakan tipe warna RGB, sedangkan Adobe Illustrator menggunakan tipe warna CMYK sebagaimana halnya Corel Draw. Meski begitu, pada Adobe Photoshop, tipe warna RGB tetap dapat diubah ke CMYK.

Penggunaan tipe file yang berbeda tersebut juga memengaruhi industri apa yang paling banyak menggunakan kedua software tersebut.

Tipe warna RGB yang mengandalkan ketajaman kontras layar media (komputer, laptop, tablet dan ponsel cerdas) dan kontras bahkan kesesuaian warnanya akan berubah sesuai dengan layar media yang digunakan untuk menampilkan desain yang menggunakan warna RGB, membuat Adobe Photshop lebih banyak digunakan dalam desain digital yang tidak akan dicetak seperti:

  • Desain aplikasi ponsel
  • Desain website
  • Desain konten digital marketing

Tiper warna CMYK merupakan tipe warna yang mengandalkan kesamaan antara yang ditampilkan pada layar laptop/komputer/tablet dengan yang dicetak pada suatu media cetak misalkan kertas. Oleh karena itu, Adobe Illustrator yang menggunakan format warna CMYK lebih banyak digunakan pada industri percetakan, penerbitan, jurnalisme, produsen merchandise dan sebagainya.

Perbedaan Tipe Gambar Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator

Desain yang dibuat menggunakan Adobe Photoshop merupakan desain bitmap, artinya desain tersebut tidak dapat menyesuaikan besar-kecilnya lembar kerja/kanvas pada Adobe Photoshop. Jika suatu desain photoshop diperbesar hingga mencapai titik tak tertentu, maka objek pada lembar kerja tersebut akan blur/gambarnya pecah.

Misalkan, Anda membuat desain pada kanvas berukuran 10  x10 cm. Lalu Anda ingin mengubah ukuran kanvas beserta objek yang berada pada kanvas tersebut menjadi 50 x 50 cm. Maka, beberapa objek pada kanvas terutama yang ukurannya kecil akan menjadi blur.

Sementara desain yang dibuat mengunakan Adobe Illustrator memiliki tipe gambar/desain vektor yang ukurannya dapat disesuaikan menjadi lebih besar maupun menjadi lebih kecil. Jika Anda akan mengubah suatu desain berukuran 10 x 10 cm menjadi 50 x 50 cm maka desain tersebut tidak akan blur atau pecah. Kualitas desain tersebut tetap sama.

Antara Photoshop dan Illustrator, Mana yang Dapat Digunakan untuk Membuat Animasi?

Baik Adobe Photoshop maupun Adobe Illustrator bukanlah software untuk membuat animasi. Adobe mengeluarkan software lain untuk membuat animasi, software tersebut bernama Adobe Animate. Namun, Anda tetap bisa membuat animasi menggunakan Adobe Photoshop maupun Adobe Illustrator, tetapi Anda juga memerlukan bantuan software lain yaitu Adobe After Effect.

Anda dapat membuat beberapa objek dengan beberapa layer menggunakan salah satu software grafis tersebut, lalu mengekspornya ke Adobe After Effect untuk dijadikan animasi. Namun, mengingat tipe gambar yang dihasilkan oleh Adobe Photoshop adalah bitmap yang jika diubah ukurannya akan blur, maka sebaiknya Anda membuat ilustrasi-ilustrasi yang Anda butuhkan melalui Adobe Illustrator, agar saat ilustrasi-ilustrasi tersebut disisipkan pada adobe after effect, maka gambarnya tidak akan blur atau pecah.

Baca juga: Bikin ID Card Online, bisa dibantu desainnya juga lho

Kesimpulan dari perbedaan-perbedaan antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator di atas adalah: jika Anda merupakan seorang fotografer, foto editor produk, UI desainer software aplikasi maupun website maka gunakanlah Adobe Photoshop. Jika Anda merupakan seorang desainer grafis yang ditugaskan untuk membuat logo, ilustrasi, komik dan animasi maka gunakan lah Adobe Illustrator.

Perbedaan Antara Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator

0.00
9.8

Rating

9.8/10