Format Bitmap

Format Bitmapbikinidcard.com. Ketika Anda mengunduh sebuah gambar melalaui google, pasti Anda sering mendapatkan gambar dengan format JPG maupun JPEG kemudian disusul format PNG. Pernahkah Anda menemukan gambar dengan jenis bmp atau bitmap? Tahukah Anda apa itu?

Pengertiannya Adalah…

Format bitmap adalah salah satu jenis format gambar dan merupakan format yang paling sering digunakan pada website. Format gambar ini terdiri dari garis dan persegi yang disebut pixel. Setiap pixel memuat informasi warna.

Pixel-pixel tersebut bergabung kemudian membentuk suatu gambar. Semakin banyak pixel yang dimuat pada sebuah gambar maka semakin tinggi resolusi gambar tersebut. Anda bisa membuktikan hal tersebut dengan mengunduh suatu gambar yang sama tapi dengan resolusi yang berbeda, katankanlah gambar 8bit dengan gambar 16bit, lalu zoom in atau perbesar hingga maksimal, pasti gambar beresolusi 16bit tampak lebih jelas dibandingkan gambar 8bit.

Jadi, jika Anda memiliki suatu gambar berformat bitmap lalu Anda hendak mengubah ukurannya maka gambr tersebut bisa pecah atau blur.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan gambar berformat vector yang tidak akan pecah jika Anda membesarkan ukurannya menjadi beberapa lipat, bahkan jika Anda membesarkan gambar vector hingga 20x lipat, gambar tersebut tidak akan pecah.

Format Bitmap Image

Format bitmap disingkat dengan BMP. Jadi, jika Anda membuat desain dalam format tersebut maupun mengunduh gambar berformat bitmap maka gambar tersebut akan memiliki nama [nama gambar].bmp. Namun, file gambar bitmap tidak hanya berakhiran bmp saja. File gambar GIF, JPEG, PNG, TIFF dan EXIF juga termasuk dalam kelompok gambar bitmap.

Perlu Anda ketahui, jika Anda hendak mengunggah suatu foto maupun gambar ke website, sebaiknya gunakan format GIF, JPEG, PNG, PSD, TIFF maupun EXIF karena format-format file tersebut dapat dikompress (ukurannya dapat dikecilkan) sehingga website tidak berat dan loading lama ketika dibuka. Sementara format BMP tidak dapat dikompres. Jadi jika Anda mengunggah gambar BMP ke website, maka website tersebut akan menjadi berat dan loading lama saat diakses.

Format Bitmap File

Bitmap, tidak hanya memuat format gambar, bitmap juga memuat format file yaitu PDF (Portable Document Format) dan EPS (Encapsulated PostScript). Sebenarnya, kedua jenis file tersebut khususnya PDF berbasis vector. Namun, file PDF maupun EPS juga bisa berformat bitmap tergantung proses pembuatan file tersebut.

Format Bitmap vs Vector

Di awal artikel sempat dibahas sekilas mengenai format vector. Lalu apa saja perbedaan antara bitmap dengan vector?

  • Format ini lebih diperuntukkan untuk desain digital. Sedangkan format vector diperuntukkan untuk desain yang akan dicetak.

  • Tampilan warna pada gambr berdormat bitmap bisa mengalami perubahan jika media yang digunakan untuk menampilkannya berbeda. Misalkan gambar mawar warna merah ditampilkan melalui layar ponsel dan ditampilkan melalui layar laptop. Ketajaman warna antara gambar yang ditampilkan oleh layar ponsel bisa berbeda dengan ketajaman warna yang ditampilkan di layar laptop.

  • Format ini tetap dapat dicetak, tetapi ada resolusi minimum untuk mencetak gambar maupun file berformat bitmap. Jika Anda ingin mencetak gambar pada kertas maka resolusi minimum suatu gambar bitmap adlaah 300 ppi. Jika Anda ingin mencetaknya pada kaos maka resolusi minimum adlaah 240 ppi. Sementara jika Anda ingin mencetaknya pada banner, spanduk maupun billboard maka resolusinya tergantung berapa ukuran media-media tersebut dan berapa perkiraan jarak pandang seseorang dari media-media tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai format bitmap. Semoga bermanfaat!