Apa sih Perbedaan Brosur dan Pamflet?

Perbedaan brosur dan pamfletbikinidcard.com. Brosur dan pamflet merupakan dua media cetak yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Tentu Anda sudah pernah mendengar kedua istilah itu. Namun tahukah Anda apa perbedaan brosur dan pamflet? Bila Anda belum tahu, yuk baca penjelasan berikut secara perlahan.

macam-macam perbedaan brosur dan pamflet

Macam-Macam Perbedaan Brosur dan Pamflet

Sebelum kita membicarakan apa perbedaan brosur dan pamflet mari kita bahas sekilas mengenai pengertian keduanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) brosur adalah:

  1. Bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem
  2. Cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid . Sedangkan pamflet adalah surat selebaran.
  3. Selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan atau organisasi)
  4. Sementara pamflet adalah surat selebaran.

Dari definisi kedua media cetak di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa brosur termasuk selebaran. Sedangkan selebaran belum tentu brosur, bisa berupa media cetak lain seperti poster, surat pengumuman, dan surat selebaran lainnya.

perbedaan brosur dan pamflet

Supaya lebih jelas, berikut ciri-ciri brosur dan pamflet selain brosur:

  • Brosur terbuat dari selembar kerta yang dilipat menjadi dua maupun tiga bagian tanpa dijilid
  • Pamflet selain brosur, misalkan poster tidak dilipat. Surat undangan dari RT/RW untuk menghadiri rapat maupun arisan biasanya juga terdiri dari setengah maupun seperempat bagian kertas berukuran A4/folio yang tidak dilipat.
  • Brosur 2 lipat terdiri dari 4 halaman, brosur 3 lipat terdiri dari 6 halaman. Sedangkan poster maupun surat pemberitahuan/surat undangan umumnya hanya terdiri dari 1 halaman, tapia da pula yang terdiri dari 2 halaman.
  • Brosur umumnya berisi informasi lengkap yang berlaku dalam jangka panjang. Contohnya adalah brosur profil perusahaan, pendaftaran murid/mahasiswa baru, brosur daftar produk. Sedangkan pamflet berisi informasi yang masa berlakunya hanya sebentar contohnya adalah poster suatu lomba, bila lomba tersebut sudah diselenggarakan maka informasi dalam poster tersebut tidak berlaku lagi.
  • Brosur biasanya untuk dibagikan kepada orang-orang sedangkan pamflet untuk ditempelkan pada papan pengumuman maupun tempat-tempat lain yang mudah dijangkau khalayak umum. Sebenarnya brosur juga bisa ditempelkan, tapi perlu ditempelkan pada papan pengumuman yang tembus pandang. Jika ditempelkan pada media yang tidak tembus pandang misalkan dinding suatu bangunan, maka harus 2 brosur yang ditempelkan.
  • Brosur umumnya berukuran A4 maupun folio, sedangkan pamflet tidak pasti.

Baca Juga : Perbedaan Brosur dan Poster

Terlepas dari perbedaan-perbedaan tersebut, sebenarnya tujuan dan fungsi keduanya sama, di antaranya adalah:

  1. Media Branding dan Promosi

Brosur dan pamflet sama-sama digunakan untuk membranding maupun mempromosikan suatu perusahaan, lembaga, organisasi, komunitas maupun suatu acara. Bentuk promosi tersebut bisa promosi secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh promosi langsung adalah sebuah minimarket mengadakan diskon mulai tanggal sekian hingga tanggal sekian. Sedangkan promosi secara tidak langsung adalah seminar berbayar dengan bonus buku gratis (sebenarnya seminar tersebut untuk mempromosikan buku yang dibagikan secara gratis).

Pada brosur dan pamflet dapat dicetak nama, logo, tag line, kontak hingga alamat lengkap sebuah perusahaan, lembaga, organisasi, komunitas maupun kepanitiaan.

  1. Pemberitahuan Hal-hal Penting

Brosur dan pamflet juga digunakan untuk memberitahukan hal-hal penting kepada khalayak umum. Misalkan brosur seminar dapat berisi penjelasan singkat mengenai pembahasan tema seminar tersebut. Sedangkan pamflet seperti surat pemberitahuan bisa berisi informasi mengenai imunisasi gratis untuk warga di suatu wilayah.

Itulah perbedaan-perbedaan brosur dan pamflet serta fungsi-fungsinya. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, jadi media cetak mana yang akan Anda gunakan untuk promosi dan branding?

NB : Jika Anda ingin mencetak brosur murah dengan kualitas tidak murahan, hubungi CS kami di sini.

Perbedaan brosur dan pamflet

0.00
9.8

Rating

9.8/10