Apa Itu RFID Card

RFID cardbikinidcard.com. Apakah Anda pernah mendengar istilah RFID? Dapatkah Anda menjelaskan apa itu RFID card? Apabila Anda belum pernah mendengar istilah tersebut dan belum mengetahui, silakan simak penjelasan berikut.

Pengertian dan Fungsi RFID Card

Pengertian RFID card adalah kartu yang pada permukannya ditanam label atau tag RFID. Fungsi tag RFID tersebut adalah untuk menyimpan suatu data. Untuk memasukkan data pada kartu tersebut diperlukan mesin RFID reader yang dapat dihubungkan pada komputer.

rfid card

Fungsi RFID card sendiri sangat beragam, kartu rfid ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari seprti:

  1. E-Money

E-money atau uang elektronik merupakan sebuah kartu yang mirip dengan kartu debit maupun kredit tetapi tidak memiliki kata sandi. Ketika Anda betransaksi menggunakan kartu debit maupun kredit, maka kartu perlu digesekkan maupun dimasukkan pada mesin EDC kemudian Anda harus memasukkan kata sandi. Sementara ketika bertransaksi dengan e-money, Anda hanya perlu menempelkan bagian kartu yang terdapat tag RFID ke Radio Frequency Identification card reader.

Mesin pembaca e-money yang digunakan untuk bertransaksi biasanya hanya berupa mesin reader bukan writer reader. Artinya, mesin tersebut hanya dapat membaca data pada e-money dan tidak dapat digunakan untuk menginput data ke e-money.

Perbedaan lain Frequency Identification card dengan kartu debit maupun kredit adalah e-money dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi. Kartu debit maupun debit biasanya hanya dapat digunakan berbelanja di retail, sementara e-money tidak hanya dapat digunakan berbelanja di retail, tetapi dapat digunakan untuk membayar transportasi umum, membayar tol hingga pengganti tiket parkir.

  1. Kartu Akses untuk Pegawai dan Tamu Hotel

Jenis Kartu ini tidak hanya dapat digunakan untuk kegiatan jual-beli, tetapi juga dapat dijadikan sebagai kunci pintu elektronik. Saat ini sudah banyak hotel yang menggunakan kunci elektronik untuk kamar-kamarnya.

Berbeda dengan e-money yang tidak membutuhkan kata sandi, RFID card yang digunakan sebagai kunci kamar hotel disertai dengan kata sandi agar keamanan dan privasi para customer terjamin.

RFID card sebagai kunci pintu elektronik tidak hanya diterapkan pada hotel, apartemen-apartemen juga menggunakan kunci ini. Bahkan, kini kunci pintu elektronik dari RFID card dapat Anda beli di toko CCTV dan perlengkapan security, sehingga Anda dapat mengaplikasikannya pada pintu rumah Anda.

Tipe RFID Card

  • Kartu Mifare adalah tipe Frequency Identification card yang kerap digunakan untuk bertransaksi seperti pembayaran di retail, parkir dan tol. Selain untuk transaksi, kartu jenis ini juga dapat dijadikan sebagai kartu absen dan ID card. Jenis kartu RFID ini umumnya bekerja pada frekuensi 13,56 MHz.
  • Kartu Proximity adalah tipe kartu RFID yang digunakan dalam bidang security access seperti kunci pintu elektronik maupun kartu akses suatu gedung/ruangan tertentu. Tipe RFID card ini umumnya bekerja pada frekuensi 125 KHz. Namun sekarang jenis kartu ini sudah banyak yang bekerja pada frekuensi 13,56 Mhz.

Tempat Cetak dan Harga RFID Card

Kartu ini dapat Anda beli di percetakan khsusus ID card terdekat, salah satunya adalah Bikinidcard.com. Bila Anda memesan RFID card di tempat kami, Anda tidak sekadar mendapatkan RFID card polos, Anda akan mendapatkan RFID card custom yang desainnya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda bahkan Anda bisa menggunakan desain buatan Anda.

Desain pada kartu RFID akan kami cetak menggunakan mesin printer khusus ID card yang dapat mencetak desain full color dan hasil cetakannya tahan air.

Ukuran Frequency Identification card produksi kami sama dengan ukuran standar ID card, sehingga ID card tersebut cocok dijadikan sebagai kartu karyawan, kartu mahasiswa, kartu pelajar, kartu perpustakaan hingga e-money.

Berapa minimal pemesanan Frequency Identification card tersebut? Bebas! Jika Anda cetak Frequency Identification card di tempat kami, maka Anda bisa pesan dalam jumlah berapa pun, meskipun hanya 1 pcs tetap kami layani.

Harga cetak RFID card di Bikinidcard.com dapat Anda lihat melalui situs resmi kami yaitu bikinidcard.com. Segera hubungi kami pada nomor 0822 4303 3334 untuk melakukan pemesanan. Anda juga dapat memesan Frequency Identification card langsung di kantor kami yang beralamat di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

RFID Card

0.00
9.8

Rating

9.8/10