Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit kegiatan mahasiswabikinidcard.com. Saat masa sekolah kamu mengenal kegiatan ekstrakurikuler. Ketika kamu masuk jenjang kuliah kamu tidak akan menemukan kegaitan serupa melainkan kamu akan menemukan unit kegiatan mahasiswa.

UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Pengertian Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit kegiatan mahasiswa atau yang disingkat UKM adalah wadah bagi para mahasiswa yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama. Sederhananya, UKM merupakan versi kuliah dari ekstrakurikuler.

Macam-Macam UKM

UKM di satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya berbeda-beda. Namun, UKM-UKM di bawah ini merupakan unit kegiatan mahasiswa yang pasti ada di hampir seluruh perguruan tinggi negeri.

  • UKM Resimen Mahasiswa

Resimen mahasiswa atau Menwa merupakan “tentaranya” perguruan tinggi. Dulu, Menwa memang dibentuk oleh TNI sebagai kekuatan sipil cadangan untuk mempertahankan keamanan dan wilayah NKRI.

Namun, kini menwa sekadar unit kegiatan mahasiswa untuk aktualisasi diri para mahasiswa yang memiliki minat serupa dengan tentara, meski demikian menwa tetap dilatih oleh TNI.

  • UKM Paduan Suara

UKM paduan suara atau choir merupakan UKM yang pasti ada di perguruan tinggi apapun. Bahkan, perguruan tinggi kecil tidak terkenal sekalipun pasti tetap memiliki UKM paduan suara. Jika kamu memiliki minat dalam bernyanyi maka kamu bisa bergabung dengan UKM ini.

  • UKM Teater

Memiliki minat yang kuat dalam seni sandiwara? Kamu bisa bergabung dengan UKM teater. Terkadang, UKM teater dan UKM paduan suara saling berkaitan karena teater merupakan peraduan dari bernyanyi, menari, dan bersandiwara.

  • UKM Bahasa Inggris

Unit Kegiatan Mahasiswa berikutnya yang pasti ada pada perguruan tinggi apapun adalah klub bahasa Inggris. Jenis UKM ini pasti ada di seluruh perguruan tinggi karena masa kuliah adalah masa di mana sudah hampir memasuki  dunia kerja yang mana kemampuan bahasa Inggris amat diperlukan.

  • UKM Pecinta Alam

Unit Kegiatan Mahasiswa terakhir yang ada hampir di seluruh perguruan tinggi adalah UKM pecinta alam. Jika kamu gemar melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung, panjat tebing, arung jeram maka bergabung dengan UKM pecinta alam merupakan pilihan yang pas buatmu,

Pentingkah Mengikuti UKM?

Mengikuti UKM bukan hal wajib, tetapi kamu perlu mengikuti setidaknya satu UKM karena mengikuti UKM akan mendatangkan banyak manfaat untukmu, yaitu:

  1. Menambah Pengalaman Organisasi

Ketika kamu melamar kerja, pengalaman berorganisasi akan menambah nilai plus CV-mu di mata para recruiter. Apalagi jika dalam UKM tersebut kamu berperan dalam hal-hal teknis misalkan sebagai konten creator instagram UKM-mu. Kemudian kamu melamar pekerjaaan sebagai konten creator maka pengalaman tersebut dapat dianggap sebagai pengalaman kerja.

  1. Melatih Kemampuan Bekerjasama dan Jiwa Kepemimpinan

Bergabung dalam UKM membuatmu terbiasa bekerjasama dengan rekan satu UKM. Sementara itu kemampuan bekerjasama sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Selain itu jiwa kepemimpinanmu juga akan terasah karena selama bergabung dengan UKM pasti kamu akan menemukan suatu problem dan diminta untuk menyelesaikannya.

  1. Menambah Kenalan Memperluas Relasi

Mengikuti UKM akan mmebuat kenalanmu bertambah dan relasimu semakin luas. Sebab, kamu bisa mengenal mahasiswa dari jurusan/kelas lain, mengenal kakak tingkat, dan ketika kamu menjadi kakak tingkat kamu akan mengenal adik tingkat.

Bertambahnya kenalan dan luasnya relasi akan sangat berguna bagimu ketika sudah lulus kuliah. Misalkan kamu belum juga mendapatkan pekerjaan, tidak menutup kemungkinan kakak tingkatmu adalah menawarkan/membagikan lowongan pekerjaan.

Buat Kartu Member Unit Kegiatan Mahasiswa di Bikinidcard.com

Udah bergabung dengan UKM dan terpilih sebagai pengurus? Jangan lupa untuk membuat kartu member untuk teman-temanmu yang berada di UKM yang sama. Kartu member tersebut bisa kamu buat di Bikinidcard.com.

Kartu member produksi kami terbuat dari plastik PVC berkualitas tinggi yang anti air dan tidak akan sobek. Berukuran 53 x 85 mm, dapat dimasukkan ke dompet maupun dikenakan menggunakan lanyard maupun gantungan yoyo.

Kamu bisa bikin desain kartu member UKM sendiri maupun menggunakan desain dari kami. Desain tersebut akan kami cetak menggunakan mesin printing khusus yang mampu menghasilkan cetakan full color.

Kunjungi kantor kami yang beralamat di Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun, Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171  untuk memesan kartu member unit kegiatan mahasiswa. Kamu juga  bisa pesan online via WhatsApp: 0851-0050-6190.

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera