Daftar Bisnis Online Rumahan Modal Minim

Daftar bisnis online rumahan modal minimbikinidcard.com. Bisnis online adalah proses jual-beli jasa maupun barang melalui internet. Sejak tahun 2015, bisnis online di Indonesia menjamur dan terus mengalami perkembangan. Semakin banyak orang-orang yang berbisnis secara online karena pangsa-pasar mereka nyatanya lebih suka bertransaksi secara online.

Saat ini bisnis online tidak hanya dilakukan oleh mereka yang sejak awal berprofesi sebagai pedagang, orang-orang berprofesi lain yang saat ini masih menjadi pegawai di perusahaan pun banyak yang berbinis online agar mendapat penghasilan tambahan.

Bisnis Online untuk Pemula

Jika Anda juga ingin mendapat penghasilan tambahan, coba pilih salah satu bisnis online untuk mahasiswa, pelajar dan bisnis online untuk ibu rumah tangga berikut.

  1. Dropship

Bisnis online pertama yang paling mudah dilakukan oleh siapapun adalah dropship. Dropship merupakan bisnis online dengan cara menjualkan dagangan orang lain tetapi kita tidak perlu menyimpan stok barang dagangan tersebut. Kita hanya perlu menaikkan harganya, lalu menawarkannya melalui whatsapp, instagaram, facebook maupun marketplace seperti shopee.

Jika ada orang yang bertanya apakah stok ready, maka Anda perlu menanyakannya pada penjual yang sesungguhnya. Bila ready, tunggu hingga pembeli Anda membayarnya, kemudian Anda baru membayarnya ke pihak penjual.

Untuk melakukan dropship Anda perlu izin dulu kepada pedagang yang sebenarnya agar mereka mengirim barang ke alamat pembeli atas nama online shop Anda, bukan online shop mereka.

Dorpship tidak memerlukan modal yang besar karena Anda baru mengeluarkan uang ketika ada pembeli.

  1. Jasa Transfer Antar Bank

Bisnis online untuk pemula kedua yang sangat mudah dilakukan oleh siapapun adalah jasa transfer antar bank. Syarat untuk menjalankan bisnis ini adalah Anda harus memiliki rekening berbagai macam bank, terutama bank-bank yang paling banyak nasabahnya di Indonesia.

Namun Anda memerlukan modal yang lumayan banyak, setidaknya di setiap rekening bank, Anda harus menyimpan saldo Rp500.000.

Setiap orang yang menggunakan jasa Anda bisa Anda kenakan tarif Rp2500 hingga Rp3000. Biaya tersebut jauh lebih murah dibandingkan biaya admin transfer antar bank yang telah ditentukan oleh setiap bank. Rata-rata bank mematok biaya transfer antar bank paling rendah Rp5000. Orang-orang pasti lebih memilih menggunakan jasa Anda karena biayanya lebih murah.

Bila dalam sehari ada 1 orang yang mengirim uang, maka dalam sebulan Anda bisa mendapatkan penghasilan 2500×30 = Rp75000. Walaupun tidak seberapa, tapi cukup untuk biaya tambahan membayar listrik, beli bensin, gas 3 kg maupun kebutuhan harian lainnya.

  1. Jasa Translator Online

Kalau kamu merupakan seorang mahasiswa maupun pelajar yang jago berbahasa asing, jasa translator online wajib kamu coba karena kamu bisa menajalankannya tanpa modal. Sebenarnya butuh modal laptop dan kuota internet, sih, tapi kalua kamu sudah memilikinya, tentu nggak masalah untuk memlaui bisnis ini.

Tahukah kamu? Biaya translator tersumpah dan resmi tergolong mahal apalagi bagi masyarakat awam. Biaya translate 500 kata berkisar dari 50 ribu hingg 100 ribu rupiah. Itu untuk penerjemahan Bahasa Inggris, untuk Bahasa lain yang lebih sulit atau masih sedikit penerjemahnya, biayanya lebih mahal.

Kamu bisa mematok harga jauh lebih murah dari itu supaya banyak orang menggunakan jasamu. Misalkan per 100 kata Rp1500. Kok murah banget?! Eittss, itu kan Cuma 100 kata. Rata-rata orang yang butuh jasa penerjemah akan mengirimkan teks atau naskah setidaknya 500 kata. Jika dalam sehari kamu bisa menerjemahkan setidaknya 1000 kata, maka dalam sebulan kamu bisa mendapatkan penghasilan 1500x10x30 = Rp450.000. Buat ukuran pelajar dan mahasiswa, tentu penghasilan tersebut lumayan banget.

Jika jasa penerjemahanmu sudah cukup terkenal, kamu bisa menaikkan tarifnya menjadi 2000 hingga 3000 rupiah per 100 kata. Sebaiknya jangan naikkan hingga setara biaya penerjemah tersumpah. Kenapa? Karena kamu belum terdaftar sebagai penerjemah tersumpah, sehingga kamu tidak memiliki sertifikatnya. Jadi orang-orang akan berpikir bahwa biaya penerjemahan di tempatmu sangat mahal.

  1. Jasa Merangkai Kata

Selain jasa penerjemah, bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa yang mudah dilakukan adalah jasa merangkai kata.

Beberapa orang ada yang sulit merangkai kata ucapan selamat ulang tahun, kata-kata untuk melamar maupun permintaan maaf. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa merangkai kata.

Selain merangkai kata untuk hal-hal tersebut, kamu juga bisa membuka jasa membuat teks promosi/marketing, jasa pembuatan tag line, jasa menulis caption Instagram untuk bisnis online shop, dan sebagainya.

Harganya bisa kamu bedakan. Untuk jasa merangkai kata untuk keperluan pribadi seperti kaliamat untuk melamar, biayanya bisa kamu buat lebih murah dibandingkan jasa merangkai kata untuk promosi barang dagangan, pembuatan slogan maupun jasa rangkai kata lain untuk perusahaan/lembaga.

  1. Jasa Illustrator

Hobi menggambar? Merasa gambar buatanmu bagus? Kenapa tidak dibisniskan saja? Kamu bisa membuka jasa illustrator seseorang. Harga menggambar perkepala/perwajah bisa kamu patok sekitar Rp20.000. Jika full body tambah Rp10.000. Ingat ya, biaya tersebut biaya perorang/perkarakter yang digambar, bukan biaya satu projek.

Kalau dalam satu projek ada 3 orang yang harus kamu gambar wajahnya maka biaya peprojek menajdi Rp60.000. Jika full body maka menjadi Rp90.000. Begitu seterusnya. Namun, harga tersebut hanya saran, kamu bisa menentukan harga yang paling pas untukmu.

  1. Jasa Desain

Selain jasa ilustrasi, kamu bisa membuka jasa desain seperti desain sampul buku, desain wadah makanan/minuman, desain poster hingga desain logo perusahaan. Biayanya bisa kamu patok lebih mahal dibandingkan biaya jasa illustrator karena rata-rata orang yang akan menggunakan jasamu pasti para pelaku bisnis lain.

jasa desain produk

Jasa desain tidak hanya bisa dijalankan oleh para pelajar dan mahasiswa, apabila kamu sudah bekerja, tetapi tidak sesuai dengan hobimu, kamu bisa menyalurkan hobi menggambarmu dengan cara membuka jasa desain.

  1. Jastip

Jastip atau jasa titip adalah jasa membelikan suatu produk titipan orang lain. Jasa titip merupakan bisnis online yang sangat pas dijalankan oleh ibu rumah tangga yang sering belanja baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk jastip dalam negeri, misalkan di suatu kota terdapat kue yang sangat terkenal, kemudian banyak orang di kota Anda yang ingin mencoba kue tersebut tapi jaraknya terlalu jauh, maka Anda bisa menawarkan orang-orang tersebut jastip. Biaya jasa titip bisa Anda tentukan per barang, bukan perkota.

Sedangkan jastip luar negeri banyak sekali contohnya adalah pakaian dan makanan. Untuk jastip barang elektronik agak repot karena Anda pasti akan dikenakan pajak per item. Sedangkan untuk pakaian bisa Anda lepas dulu labelnya lalu Anda masukkan ke kopor agar dianggap sebagai barang pribadi Anda. Makanan juga begitu, bisa dianggap sebagai oleh-oleh, tetapi jangan terlalu banyak karena jika terlalu banyak akan ketahuan bahwa makanan-makanan tesebut akan Anda jual kembali.

Bisnis Online yang Menjanjikan

Sudah mencoba bisnis online tetapi selalu gagal? Coba, deh ide bisnis online yang menguntungkan berikut.

  1. Bisnis Sayuran

Apabila Anda tinggal di perkotaan, berualan sayur secara online akan laris manis. Masyarakat di perkotaan memiliki tingkat aktivitas yang tinggi sehingga terkadang tidak sempat belanja. Oleh karena itu berualan sayur dan bumbu-bumbu akan laris-manis.

Sayuran yang Anda jual sebaiknya dibersihkan dulu dari akar maupun tanah. Hilangkan bagian yang layu maupun digigit ulat. Lalu bungkus dengan wadah yang menarik seperti di supermarket. Sebaiknya Anda menjual per 100 gram, supaya orang-orang yang ingin beli sedikit tetap belanja di tempat Anda.

Harga per 100 gram dengan harga per kilogram bisa Anda bedakan. Misalkan Anda menjual cabe merah harga per serratus gram 2000 rupiah. Sedangkan harga per kilonya 15 ribu rupiah. Hal itu dimaksudkan agar orang-orang banyak langsung membeli 1 kilogram.

Anda juga bisa menerapkan jasa COD, tetapi minimal belanja 1 kg (belanjaan bisa dicampur berbagai macam sayur dan bumbu). Jika kurang dari 1 kg maka dikirim menggunakan ojek online, ongkir ditanggung pembeli.

Selain menjual sayur dan bumbu per 100 gram, Anda bisa menjual paket sayuran dan bumbunya karena beberapa orang ada yang ingin memasak suatu sayur tapi malas membli bahannya satu per satu. Contoh paket sayuran adalah paket sop, paket sayur asem, paket sayur lodeh, dan sebagainya.

  1. Bisnis Sembako

Sembako atau Sembilan bahan pokok yang beberapa isinya meliputi beras/jagung, telur, gula, teh/kopi, dan minyak goreng adalah kebutuhan harian yang selalu dicari oleh masyarakat Indonesia. Sangat banyak pedagang sembako offline, bahkan jaringan minimarket modern pun menjualnya.

Walaupun sudah banyak yang jual sembako, tidak ada salahnya berjualan sembako secara online. Supaya orang-orang lebih memilih belanja di tempat Anda, sediakan layanan yang tidak disediakan oleh pihak lain. Contohnya adalah gratis ongkir dalam kota dengan minimal belanja Rp100.000. Gratis COD dengan syarat maksimal jarak COD dari tempat Anda adalah 3 KM. Menerima jasa pengiriman JNE trucking maupun cargo lainnya untuk pengiriman ke luar kota supaya lebih murah. Bisa transfer melalui gopay maupun ovo. Masih banyak lagi layanan yang bisa Anda tawarkan agar orang-orang tertarik dan senang berbelanja di tempat Anda.

Anda juga bisa menerapkan sistem member. Setiap customer yang sudah belanja minimal Rp500.000 akan mendapatkan kartu member. Para member akan mendapatkan diskon sekian persen setiap belanja, berapapun total belanjanya. Supaya tidak rugi, hanya 50 customer yang akan mendapatkan kartu member tersebut

  1. Bisnis Frozen Food

Kalau membahas perihal frozen food, hal pertama yang muncul di pikiran Anda mungkin sejenis sosis, bakso, nugget, rolade, dan sebagainya. Padahal segala jenis makanan yang dibekukan merupaka frozen food.

Bisnis frozen food sejenis sosis sudah sangat banyak, bahkan semua supermarket juga menjual sosis dan kawan-kawannya. Supaya beda dari yang lain, Anda bisa jual makanan berat yang dibekukan. Contohnya adalah sambal hati, oseng cumi, opor ayam, dan sebagainya. Makanan berat atau lauk-pauk matang yang dibekukan seperti itu akan sangat laris di daerah perkotaan yang orang-orangnya sangat sibuk, tidak sempat masak, tetapi tetap ingin hidup sehat tanpa memakan makanan instant buatan pabrik.

Selain makanan berat yang sudah matang, Anda bisa menjual ikan laut beku. Berbeda dengan sosis dan saudara-saudaranya, ikan laut hanya dijual di pasar tradisional maupun supermarket-supermarket tertentu, sehingga beberapa orang sulit mendapatkannya. Berjualan ikan laut beku secara online masih menjadi peluang usaha yang menguntungkan dan menjanjikan.

  1. Katering

Anak muda pekerja kantoran yang tidak tinggal bersama orang tua mereka sering memesan makanan melalui ojek online karena tidak mau repot memasak. Meski sudah ad acara yang praktis, terkadang mereka masih dihadapi masalah bingung mau memesan makanan apa.  Momen tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis catering harian. Anda bisa menawarkan jasa paket catering 1 minggu, selama 1 minggu setiap harinya mereka akan mendapatkan makanan sebanyak 2 hingga 3 kali dengan menu yang berbeda-beda. Selain paket satu 1 Anda juga bisa menyediakan paket 1 bulan.

Selain catering harian Anda juga bisa membuka jasa catering untuk acara besar seperti rapat, pernikahan, ulang tahun, arisan, wisuda, dan sebagainya.

Contoh Bisnis Online Modal Minim

Ingin memulai bisnis online rumahan dengan modal minim, tapi tidak tahu bisnis apa yang cocok untuk Anda? Barangkali, beberapa contoh bisnis online modal minim berikut cocok untuk Anda.

  1. Makanan Ringan

Masyarakat Indonesia sangat hobi ngemil, hal itu bisa dilihat dari seberapa banyaknya makanan ringan yang dijual di supermarket dan minimarket serta adanya toko khusus makanan ringan.

Berbisnis makanan ringan tidak memerlukan modal terlalu banyak. Hanya dengan beberapa ratus ribu, Anda sudah bisa kulak beberapa jenis makanan ringan.

  1. Kaos Kaki

Taku jika makanan ringan sudah mau kadaluarsa tetapi belum laku juga? Coba jual kaos kaki secara online, terutama kaos kaki bayi dan anak-anak. Modalnya tidak terlalu banyak, hanya denan Rp200.000 Anda sudah bisa mendapatkan sekitar 40 pcs kaos kaki (tapi modal tersebut tergantung harga kaos kaki dari produsen).

  1. Jajanan Pasar

Kalau Anda hobi masak dan merasa masakan Anda enak, Anda bisa berbisnis jajanan pasar seperti risoles, tahu bakso, lemper, arem-arem modalnya juga tidak banyak. Supaya tidak rugi, sebaiknya Anda memulai bisnis dengan cara preorder, jika tidak ada yang memesan maka jangan membuatnya supaya Anda tidak rugi.

Contoh bisnis-bisnis online di atas hanya sebagian saja. Masih banyak peluang bisnis online lainnya yang bisa Anda coba.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Online

Setiap bisnis pasti ada keuntungan dan kerugiannya, begitu pula dengan bisnis online. Berikut bebeberapa keuntungan dan kerugian bisnis online yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulainya.

Kelebihan:

  1. Tidak Butuh Modal Banyak

Beberapa bisnis online tidak butuh modal banyak, bahkan tanpa modal seperti halnya jasa translator, illustrator, desain, merangkai kata, dan sebagainya,

  1. Tenaga yang Digunakan Lebih Sedikit

Bisnis online tetap membutuhkan tenaga, tetapi tidak sebanyak bisnis offline. Misalkan Anda berjualan pakaian. Maka Anda hanya perlu menyapu gudang penyimpanan, cek stok, dan mengirim barang. Meskipun sedang bad mood, Anda tetap bisa membalas chat customer dengan ramah tanpa harus tersenyum sungguhan.

Sedangkan berjualan pakaian secara online, para customer pasti akan mencob beberapa pakaian. Anda harus merapikannya lagi, baru saja dirapikan, datang customer lain. Anda juga harus menjaga penampilan dan sikap Anda di hadapan para customer.

  1. Bisa Menjadi Penghasilan Tambahan

Berbisnis secara online bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan Anda. Dengan berbisbis online Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan Anda saat ini. Bila ternyata bisinis online Anda lebih menguntungkan, Anda bisa resign dari pekerjaan Anda saat ini.

Kekurangan:

  1. Rawan Terjadi Penipuan

Bila Anda berbisnis online tanpa melalui marketplace, oknum tidak bertanggungjawab bisa menipu Anda. Mereka bsia berupra-pura membeli barang dagangan/jasa Anda, lalu mengirimkan bukti pengiriman palsu.

Supaya Anda tidak menjadi korban penipuan, setiap customer mengirimkan bukti transfer, sebaiknya segera cek saldo Anda apakah bertambah sesuai jumlah uang yang ditransfer oleh si customer atau tidak. Oleh karena itu Anda harus selalu ingat saldo terakhir Anda.

  1. Miskomunikasi

Dalam melakukan trasaksi online, kerap kali customer salah paham maupun tidak membaca peraturan yang telah Anda tuliskan.

Contoh misskomunikasi antara penjual dan pembeli adalah yang terjadi di shopee. Seorang penjual botol minuman memasukkan tambahan variasi bubble wrap seharga 2000 rupiah pada salah satu produk botol minum. Penjual tersebut sudah membeli judul “tambahana bubble wrap” berserta foto bubble wrap.

Ternyata ada customer yang memilih varian bubble wrap saja, kemudian si customer memberikan bintang 1 pada kolom review produk karena ia merasa memesan botol minum, tetapi yang datang hanya bubble wrapnya.

Oleh karena itu setiap kali ada pembeli yang membeli sesuatu yang terasa ganjil, sebaiknya konfirmasi dulu sebelum mengirimkan pesanan. Jika ada barang habis, juga sebaiknya memberitahu kepada si customer apakah barang mau diganti dengan yang lain atau refund. Konfirmasi kepada customer sangat penting karena akan memengaruhi rating dan ulasan bisnis Anda.

Demikian daftar bisnis online yang bisa Anda coba serta kelebihan dan kekurangan dalam berbisnis online. Selamat mulai berbisnis, semoga bisnis online Anda bisa menjadi pekerjaan utama Anda.