Cara Cuci Masker Scuba

Cara cuci masker scubabikinidcard.com. Masker scuba yang dulunya popular di kalangan kpopers karena sering digunakan oleh artis Korea Selatan kini juga popular di kalangan masyarakat umum semenjak masker medis harganya melunjak tinggi dan menjadi langka. Banyak masyarakat yang memilih masker scuba ketimbang masker dari kain lainnya karena masker scuba sangat lembut dan modelnya tampak keren.

cara cuci masker scuba

Sayangnya, tidak semua pengguna masker scuba paham bagaimana cara cuci masker scuba yang benar. Sebagian dari kita pasti berpikir bahwa cara mencuci masker scuba sama denganc ara mencuci masker kain yang lain maupun pakaian pada umumnya. Padahal, kesalahan dalam mencuci masker scuba bisa membuat masker scuba cepat rusak.

Tips Mencuci Masker Scuba yang Benar

tips mencuci masker scuba yang benar

Supaya masker scuba dapat bertahan lama, coba ikuti tips cara mencuci masker bahan scuba berikut:

  1. Pisahkan dengan Pakaian Lain

Bila masker scuba tersebut adalah masker baru, sebaiknya pisahkan dengan pakaian lain untuk mengantisipasi bila ada pakaian Anda yang luntur. Selainn itu, supaya tidak ikut masuk ke dalam mesin cuci.

  1. Cuci Secara Manual

Kain scuba memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan kain polyester, salah satunya adalah tidak cocok dicuci dengan mesin cuci karena bisa menyebabkan melar. Kenapa bisa melar? Karena cara kerja mesin cuci yang memutar pakaian, termasuk masker Anda.

Jadi cucilah masker secara manual. Dalam mencucinya, Anda bisa menggunakan detergen bersifat lembut, jangan yang terlalu keras. Deterjen yang terlalu keras dapat menyebabkan warna masker scuba cepat pudar. Anda bisa beralih dari detergen bubuk ke detergen cair, supaya selain masker Anda yang tetap awet, tangan Anda juga tetap lembut.

  1. Jangan Direndam

Ketika mencuci pakaian secara manual, pakaian perlu direndam kurang lebih 30 menit. Namun, masker scuba tidak perlu direndam, cukup dicelupkan saja pada air sabun cuci. Perendaman masker scuba bisa mengakibatkan cetakan masker cepat pudar. Selain itu bisa membuat sabun sulit dibilas.

Celupkan masker beberapa kali, jika tidak ada noda yang menempel, langsung bilas masker scuba. Jika ada noda yang menempel, kucek secara perlahan, jangan terlalu kuat apalagi menggunakan sikat cuci pakaian.

Mengucek masker terlalu kuat maupun menyikatnya dapat membuat masker berlubang dan membuatnya tertarik ke berbagai arah. Jika mengucek tidak bisa menghilangkan noda, Anda bisa mengakalinya dengan sikat gigi bekas dan gosok memutar secara perlahan.

  1. Jangan Gunakan Air Panas

Beberapa ahli mengatakan bahwa masker kain yang telah digunakan sebaiknya dicuci dengan air panas bersuhu 50 derajat celcius untuk membuhuh virus dan bakteri. Namun masker scuba tidak bisa dicuci dengan air panas karena bisa merusaknya.

Untuk mengganti air panas tersebut, Anda bisa menyemprotkan desinfektan setelah masker kering atau mencampur deterjen dengan desinfektan.

Tempat Bikin Masker Online Murah. Klik!

  1. Hindari Penggunaan Mesin Pengering

Selain tidak boleh mencuci menggunakan mesin, Anda juga tidak disarankan untuk mencuci menggunakan mesin pengering baik yang menjadi satu dengan mesin cuci maupun tidak. Pengeringan menggunakan mesin juga bisa membuat masker scuba melar dan berpotensi menyebabkannya berlubang

  1. Jemur di Tempat Teduh

Untuk mengeringkan masker scuba yang telah dicuci, masker perlu diperas hingga benar-benar tidak ada tetes-tetes airnya. Selanjutnya dijemur di tempat yang teduh seperti di bawah pohon atau di bawah kanopi teras rumah, tidak harus di bawah sinar matahari langsung.

Sebenarnya tidak apa-apa menjemur masker scuba langsung di bawah sinar matahari langsung, asal jangan saat cuaca terik. Paling pas menjemurnya pada sinar matahari pagi maupun sore sekitar jam 3.

Mudah bukan cara cuci masker scuba di atas? Setelah dicuci dan kering, Anda bisa melakukan perawatan selanjutnya. Jika Anda belum membuka halaman cara merawat masker scuba, Anda bisa mengunjungi halaman tersbut sekarang. Selamat mencoba!

Cara Cuci Masker Scuba

0.00
9.8

Rating

9.8/10