Perawatan Masker Scuba

Perawatan masker scubabikinidcard.com. Sejak terjadi kelangkaan masker medis di Indonesia, masyarakat banyak yang beralih ke masker kain, salah satunya adalah masker dari kain scuba.

perawatan masker scuba

Masker scuba merupakan masker kain yang dapat dipakai ulang. Meski begitu, alangkah lebih baiknya Anda menggunakan masker scuba yang berbeda setiap hari. Hal itu untuk memaksimalkan pencegahan penyakit dan penularan virus corona serta virus-virus dan bakteri lainnya.

Masker scuba yang sudah dipakai seharian hendaknya segera dicuci. Cara mencuci dan perawatan masker scuba tidak bisa dilakukan sembarangan, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan,

Cara Perawatan Masker Scuba

cara perawatan masker scuba

  1. Cuci Tanpa Mesin

Cara pertama untuk perawatan masker scuba adalah mencucinya. Akan tetapi masker dari kain scuba berbeda dengan masker kain jenis lain, yaitu tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Jenis masker ini hanya bisa dicuci secara manual.

Baca Juga : Bagaimana Cara Cuci Masker Scuba?

  1. Jemur dengan Cara Diangin-Angin

Setelah dicuci, jangan lupa untuk mengeringkannya supaya bisa digunakan kembali. Salah satu karakteristik kain scuba adalah mudah kering. Jadi jika sudah dicuci, cukup Anda jemur di tempat terbuka yang teduh. Dengan diangin-anginkan tersebut, walaupun tanpa terik matahari, masker custom Anda bisa kering dengan sempurna.

  1. Jangan disetrika

Peringatan bagi Anda untuk tidak menyetrika masker dari bahan kain scuba. Ini dikarenakan karakteristik dari bahan scuba yang bisa melar jika terkena panas secara langsung. Semakin melar masker scuba, semakin tipis masker tersebut. Hal ini tentu membuatnya menjadi tidak efektif untuk melindungi dari virus dan bakteri.

Selain itu, masker yang terlalu melar tentu tidak nyaman digunakan karena jadi kebesaran, tidak pas diwajah maupun talinya tidak kencang sehingga mudah lepas dengan sendirinya. Tidak hanya melar, masker scuba yang disetrika alih-alih menjadi halus justru jadi berkerut bahkan terbakar meskipun Anda mengatur suhu setrika paling rendah.

Jika Anda ingin lebih cetpat kering, angin-anginkan saja menggunkana kipas angin atau hair dryer berdaya kecil jadi tidak terlalu panas.

  1. Jauhkan dari Benda Tajam

Hati-hati dalam menyimpan masker scuba, jangan sampai tersangkut benda tajam karena bisa sobek. Masker scuba harus dijahit dengan mesin khusus, tidak bisa sembarang dijahit. Jadi jika masker scuba sobek, tidak bisa Anda tambal sendiri. Jika Anda menambal bagian yang sobek dengan cara dijahit manual, masker tersebut bisa saja semakin sobek.

  1. Lipat dengan Benar

Masker scuba yang bersih hendaknya dilipat dengan benar seperti melipat pakaian. Jangan asal dilipat lalu dimasukkan ke lemari karena bisa membuat masker bisa kusut. Padahal masker scuba tidak boleh disetrika, jadi kalau kusut Anda tidak bisa menghaluskannya.

Baca Juga : Cetak Masker Scuba Custom Full Print

  1. Semprot dengan desinfektan

Ketika Anda menjemur masker yang sudah dicuci, berbagai macam organisme yang ada di udara bisa saja menempel pada masker tersebut. Jadi, setelah kering dan Anda hendak menggunakannya, jangan lupa semprot dengan desinfektan maupun hand sanitizer. Semprot secukupnya, jangan terlalu banyak apalagi hingga basah.

  1. Simpan dengan benar

Langkah perawatan masker selanjutnya adalah menyimpannya dengan benar. Jangan sembarangan meletakkan masker supaya tidak terkena debu atau kotor. Selain sudah tidak steril, masker apapun termasuk dari bahan scuba juga bisa menyebabkan Anda alergi. Tentu bukan karena bahannya, tapi karena debu atau kotoran yang menempel pada kain.

Anda bisa memasukkannya kembali ke dalam plastik atau memasukannya di kotak khusus yang sudah disemprot desinfektan dan tidak berdebu. Masker yang disimpan ini harus steril terlebih dulu dan jangan mencampurkan masker bersih dengan yang baru saja Anda pakai.

  1. Ganti Masker Secara Berkala

Jika masker scuba sudah terlalu tipis maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Masker scuba yang terlalu tipis tidak akan efektif mencegah virus, bakteri, debu, dan polusi.

Tempat Bikin Masker Online Murah. Klik!

Bagaimana, sangat mudahkan langkah – langkah perawaran masker scuba ini? Seperti halnya merawat pakaian, Anda bisa mencuci, menjemur, dan menyimpannya. Hanya saja perlakuannya sedikit khusus supaya tetap awet dan efektif dalam mencegah penuluran penyakit. Baik dari diri kita ke orang lain maupun sebaliknya. Selamat mencoba!

Perawatan Masker Scuba

0.00
9.8

Rating

9.8/10