Komunitas Adalah – Pengertian dan Jenis Menurut Para Ahli

BIKIN ID CARD – Komunitas adalah hal yang pasti tidak asing lagi bagi mahasiswa atau masyarakat umum. Di Indonesia sendiri, ada banyak komunitas yang seru dan menyenangkan seperti komunitas anime, dog lovers, cat lovers, pecinta lingkungan, komunitas kuliner dan masih banyak lagi. Komunitas-komunitas ini beridiri karena anggotanya punya kesamaan, baik dalam minat atau persamaan tempat tinggal atau geografis. Karena mimiliki visi-misi yang sama juga, mereka tidak hanya berkumpul tanpa manfaat, mereka punya banyak kegiatan postif untuk lingkungan.

KOMUNITAS

Mengutip dari Wikipedia, secara umum komunitas adalah kelompok sosia yang terdiri dari beberapa organisme yang berbagai lingkungan. Pada umumnya, sekelompok orang ini memiliki ketertarikan dan tempat tinggal yang sama. Menurut sejarah, komunitas ini berasal dari Bahasa asing yaitu “communities” yang memiliki arti kesamaan.

Pengertian Komunitas adalah…

Komunitas didefinisikan hampir mirip oleh beberapa ahli. Beberapa pengertian komunitas dari beberapa ahli adalah:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, komunitas adalah kelompok organisme (orang atau lainnya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah atau lingkungan tertentu. Komunitas diartikan juga oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai kelompok masyarakat atau sebuah paguyuban.

  • Georgia Hillery Jr.

Komunitas adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah dan punya hunungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

  • Christensson dan Robinson

Komunitas adalah orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis. Mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan punya ikatan antara orang-orang yang bertempat tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.

  • Mc Millan dan Chavis

Komunitas adalah kumpulan dari para anggota yang memiliki rasa saling memiliki, terikat antara satu dengan lainnya dan percaya kalau kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama anggota punya komitmen yang sama.

  • Koentjaraningrat

Menurut Dr. Koentjaraningrat seorang antropolog mengartikan komunitas adalah suat kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan berinkarnasi menurut suatu system adat-istiadat, terikat oleh suatu identitas dalam komunitas.

Dari beberapa definisi menurut para ahli di atas, komunitas terdiri dari 3 unsur utama yang Menyusun sebuah komunitas adalah:

1. Ruang Lingkup

Unsur ruang lingkup adalah dasar yang musti ada di sebuah komunitas. Tempat ini dipakai sebagai wadah mengemukakan ide dan menentukan Tindakan dari setiap anggotanya. Tanpa adanya ruang lingkup, sebuah komunitas hanya terdiri dari orang-orang yang berkerumun saja tidak melakukan hal positif.

2. Anggota

Tidak ada komunitas yang tidak ada anggotanya, meski hanya 5 orang. Kalau komunitas yang kuat, mereka bisa saling membantu meningkatkan hubungan yang didasari oleh rasa saling menghormati. Orang-orang ini berinteraksi untuk belajar, membangun hubungan unteraksi, kebersamaan dan tanggung jawab.

3. Praktis

Praktis yang dimaksud dalam sebuah komunitas adalah kerangka, ide, informasi, gaya bahasa, sejarah dan dokumen yang dibagi oleh sesama anggota komunitas. Keberhasilan dalam unsur yang satu ini bergantung dari keseimbangan antara aktivitas dan hasil dari aktivitas itu sendiri, seperti dokumen atau alat.

Kesimpulannya, sebuah komunitas harus ada anggota yang ditempatkan di wadah tertentu dan memiliki kegiatan, kerangka, ide maupun informasi. Beberapa ciri khusus dari komunitas tersebut antara lain:

a. Memiliki Kesatuan Hidup

Masyarakat yang punya kesatuan hidup teratur, umumnya memiliki hubungan sosial yang khusus. Hubungan ini dijalani oleh member komunitasnya sebagai komunitas sosial. Contoh, rasa simpati dan empati.

b. Memiliki Sifat Teritorial

Salah satu ciri komunitas yang kedua adalah mereka bersifat territorial. Territorial yang dimaksud adalah wadan asal atau tempat tinggal yang sama dengan member komunitas. Contoh komunitas yang lebih bersifat territorial adalah komunitas mahasiswa daerah.

c. Bersifat Inklusi

Ciri ketiga adalah memiliki sifat inklusi. Sifat inklusi ini artinya perkembangan di dalam sebuah komunintas bersifat tertutup bagi seseorang dengan perbedaan yang ada.

d. Memiliki Struktur

Seperti layaknya organisasi, komunitas juga membentuk struktur untuk menjalankan setiap kegiatannya. Struktur ini biasanya terdiri dari ketua, bendahara dan lainnya. Struktur yang terbentuk ini berpedoman pada aturan dan akhirnya mempengaruhi pola perilaku membernya.

e. Punya Hubungan Timbal Balik

Memiliki hubungan timbal balik menjadi keharusan di dalam sebuah komunitas. Mereka memiliki hubungan seperti ini atas kemauan dan dipengaruhi empati dari setiap membernya.

Jenis-jenis Komunitas Adalah

Dengan melihat definisi, unsur dan ciri-cirinya, komunitas dapat diklasifikasikan jadi beberapa jenis. Menurut Crow & Allan, komunitas dibagi jadi 3 jenis antara lain:

  • Komunitas Berdasarkan Lokasi

Jenis komunitas yang pertama adalah kelompok orang yang berdasarkan lokasi. Komunitas ini adalah yang paling banyak ada di sekitar Anda. Mereka berkumpul karena berasal dari alamat atau selokasi geografis antara anggota. Setiap member komunitas yang selokasi asal ini saling akan saling mengenal sehingga dapat memberikan kontribusi bagi lingkungannya. Contoh komunitas yang berdasarkan lokasi adalah; komunitas mahasiswa Nias, KMAB (Komunitas Medan Asri Beradab) dan masih banyak lagi.

  • Komunitas Berdasarkan Minat

Jenis komunitas ke dua adalah komunitas yang berdasarkan minat. Member komunitas ini punya ketertarikan dan minat yang sama. Misalnya, sama dalam pekerjaan, hobbi, benda, music yang sama. Contoh komunitas yang dibentuk berdasarkan minat di Indonesia adalah kopaja (komunitas penyuka budaya Jepang), kominitas gundam dan masih banyak lagi.

  • Komunitas Berdasarkan Komuni

Jenis komunitas ke tiga adalah sekumpulan orang yang berkelompok, mereka mempunyai minat dan kepentingan bersama-sama. Contoh komunitas berdasarkan komuni adalah organisasi sosial.

Harus banget ya masuk ke komunitas? Mungkin untuk Anda yang punya hobi atau menjadi mahasiswa, menjadi bagian komunitas sangat penting. Beberapa manfaat masuk dalam komunitas antara lain:

1. Memperluas Koneksi

Apabila dilihat dari unsur komunitas, komunitas terdiri dari orang-orang yang punya minat atau demografis yang sama. Mempunyai anggota yang banyak, jelas menjadikan koneksi juga lebih banyak. Anda dapat berkenalan dengan anggota komunitas yang bisa membantu untuk mengakses hal yang sebelumnya tidak diketahui. Memiliki koneksi yang luas juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis lho!

2. Melatih Kemampuan Public Speaking

Tidak hanya punya banyak teman, dengan bergabung dalam komunitas juga melatih kemampuan berbicara di depan umum. Public speaking ini dapat terlatih karena dalam setiap pertemuan pasti ada hal-hal yang bisa didiskusikan bersama-sama. Semakin Anda aktif dalam setiap diskusi, tentu kemampuan berbicara di depan umum Anda lebih terasah. Skill ini sangat berguna saat Anda harus bertemu client atau mempresentasikan hasil kerja Anda.

3. Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Manfaat ketiga jika ikut dalam komunitas adalah bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan anggota komunitas. Tidak hanya berbagi, Anda juga bisa mendapatkan referensi dari orang lain sehingga berbagi ilmu ini menciptakan lingkungan positif.

4. Mendapatkan Dukungan

Di komunitas, Anda dikelilingi oleh orang-orang yang punya pengalaman yang mirip dengan apa yang Anda alami. Apalagi kalau Anda ikut di komunitas yang mempunyai anggota dengan background sama dengan kehidupan Anda. Anggota komunitas yang punya pikiran sama, pasti menyediakan dukungan untuk Anda dan orang-orang yang sedang melalui perjalanan yang sama seperti Anda.

Demikian penjelasan tentang Komunitas. Komunitas adalah wadah yang paling tepat untuk Anda yang punya teman, circle dan pergaulan yang positif. Khusus untuk Anda yang punya komunitas, Bikinidcard.com siap melayani kebutuhan komunitas Anda.

Tersedia identitas anggota alias kartu member, identitas untuk event komunitas atau merchandise maupun media branding dengan desain custom dengan harga terjangkau. Kunjungi website kami di bikinidcard.com atau hubungi customer service kami untuk info dan penjelasan selengkapnya.

Semoga artikel kali ini bermanfaat 😊

logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera