Serba-Serbi Member Card yang Penting Anda Ketahui

Anda mungkin pernah mendengar maupun membaca isitilah member card atau kartu member bahkan pernah memilikinya. Jenis kartu ini tentunya memiliki banyak manfaat baik untuk customer, perusahaan, maupun komunitas.

Berikut ini, penjelasan tentang member card dari pengertian, fungsi, jenis id dan dimana tempat cetak yang profesional dan terecomanded.

Pengertian Member Card

Member card adalah kartu yang digunakan sebagai penanda dan diberikan oleh suatu perusahaan, institusi, lembaga maupun organisasi kepada para klien maupun anggota mereka.

Bagi perusahaan, institusi maupun lembaga, tidak semua klien dapat memiliki member card. Bagi perusahaan, intitusi maupun komunitas, semakin banyak kartu member yang dibagikan akan semakin menguntungkan.

member card

Mengapa bisa begitu? Berikut ini adalah fungsi member card yang harus Anda tahu:

Fungsi Kartu Member

Fungsi kartu anggota bagi sebuah perusahaan, institusi maupun lembaga antara lain adalah:

1. Meningkatkan Loyalitas Klien/Customer

Fungsi pertama member card bagi sebuah perusahaan, institusi maupun lembaga adalah untuk meningkatkan loyalitas para klien maupun customer.

Orang-orang yang telah lama menjadi klien maupun customer di suatu perusahaan, lembaga maupun institusi perlu diberi kartu member agar mereka tidak pernah pindah ke perusahaan, isntitusi maupun lembaga lain.

Kartu member yang hanya diberikan kepada para klien maupun customer tertentu nantinya akan memberikan manfaat bagi para customer maupun klien tersebut seperti mendapat potongan harga, mendapatkan bonus dan lain sebagainya.

2. Media Branding

Selain berfungsi untuk meningkatkan loyalitas para klien maupun customer, member card juga berfungsi sebagai media branding.

Para klien maupun customer yang mendapatkan banyak keuntungan setelah memiliki kartu anggota pasti akan merasa senang dan puas dengan layanan perusahaan, institusi maupun lembaga yang bersangkutan.

Para klien maupun customer yang merasa senang dan puas pasti akan menceritakan kelebihan-kelebihan perusahaan, institusi maupun lembaga yang bersangkutan kepada rekan-rekan maupun sanak saudara mereka.

Dari sanalah tercipta citra baik perusahaan, insitusi maupun lembaga yang bersangkutan. Karena orang-orang selalu mendengar citra baik dari perusahaan, insitutsi maupun lembaga itu, orang-orang yang belum menjadi klien maupun customer pasti tidak ragu untuk mencoba menjadi klien maupun customer perusahaan, institusi maupun lembaga tadi.

Selain itu, orang-orang pasti tetap memilih menggunakan jasa maupun produk perusahaan, lembaga maupun insitusi yang sudah terkenal akan kelebihan-kelebihannya.

Berdasarkan fungsi member card di atas, dapat dipastikan betapa pentingnya kartu anggota bagi sebuah perusahaan, insitusi maupun lembaga. Beberapa contoh perusahaan nasional hingga internasional yang memberikan kartu anggota bagi para customernya antara lain adalah Chatime, Starbucks, Ramayana dan toko buku Gramedia.

Baca Juga : Pentingnya Kartu Member Card untuk Perusahaan dan Komunitas

Manfaat untuk Anggota

Jika tadi telah dibahas seputar fungsi member card bagi sebuah perusahaan, lembaga maupun institusi, sekarang saatnya kita bahas seputar manfaat bagi para customer atau klien.

a. Mendapatkan Diskon

Para customer maupun klien yang mendapatkannya bisa mendapatkan diskon harga barang dan jasa. Baik yang diberikan perusahaan, institusi maupun lembaga yang bersangkutan dengan ketentuan yang telah dibuat.

Dengan menggunakan kartu ini, Anda sudah tertandai sebagai member dan data Anda tidak akan tertukar dengan member lain. Ini dikarenakan ketika Anda sudah mendaftar, Anda medapatkan kode tertentu yang berbeda dengan member lainnya.

b. Mendapatkan Poin

Selain mendapatkan diskon, para klien atau customer juga bisa mendapatkan poin. Poin tersebut nantinya jika telah terkumpul dalam jumlah tertentu maka dapat ditukarkan dengan suatu produk maupun suatu layanan.

c. Mendapatkan Pelayanan Khusus

Selain itu, para pemegang kartu anggota juga bisa mendapatkan pelayanan khusus. Misalnya di sebuah perpusatakaan kota para pengunjung dapat meminjam buku menggunakan KTP maupun kartu anggota perpustakaan.

Bagi pengunjung yang meminjam buku menggunakan KTP saja maka hanya bisa meminjam 1 buah buku dan lamanya peminjaman maksimal 5 hari. Sementara bagi pemilik kartu anggota perpustakaan dapat meminjam hingga 3 buku dengan durasi peminjaman hingga 1 minggu.

Sistem pemberian manfaat di atas tentu berbeda-beda di suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Penjelasan di atas hanyalah contoh. Setiap perusahaan maupun institusi dapat membuat sistem penggunaan member card sesuai dengan keinginan masing-masing.

Jenis Member Card

Jika biasanya Anda mendapatkan kartu member menggunkan kertas tebal, sudah saatnya Anda menggunakan bahan yang lebih awet dan lebih trendi.

Apalagi kalau bukan menggunakan bahan PVC seperti ID Card karyawan atau kartu BPJS Anda. Namun, kartu PVC ini juga banyak macamnya lho.

Berdasarkan bahannya, ada 5 jenis bahan ID Card untuk digunakan sebagai kartu anggota yang bisa Anda pilih dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jenis krtu ID Card ini antara lain:

1. ID Card Press

Member card yang menggunakan ID Card press adalah kartu dengan kualitas paling bagus dengan ketebalan 0.76 mm. Jenis kartu member ini hasil cetaknya cerah, paling detail dan tidak akan luntur.

2. ID Card Metalik

Jenis kartu yang kedua adalah jenis kartu metalik yang bergliter atau seperti metalik, baik berwarna silver maupun gold. ID card metalik ini memiliki ketebalan dan ukuran yang sama dengan ID Card press, yang membedakannya hanya tampilannya saja.

3. ID Card Instant

Member card instan hampir sama dengan kartu anggota yang menggunakan jenis ID Card press. Hal yang membedakan keduanya adalah hasil cetakannya. Hasil cetakan kartu anggota instant tidak setajam hasil cetakan kartu anggota dengan ID Card press dan mesin cetaknya juga menggunakan mesin press id card laminasi.

4. ID Card Magnetik

Member card magnetik adalah kartu yang bagian belakangnya terdapat magnetik stripe atau yang memiliki nama lain pita magnetik. Pita magnetik tersebut berfungsi untuk menyimpan data-data penting dan rahasia.

5. ID Card Printed Offset

Jenis ID Card yang terakhir adalah ID card printed offset dimana Anda bisa mencetak desain yang sama untuk ribuan member card. Selain itu, dengan menggunakan jenis ID card ini bisa mencetak ribuan kartu dalam waktu yang singkat dan sekali cetak.

Desain Member Card

Anda dapat membuat desain kartu keanggotaan menggunakan sembarang software grafis baik software untuk PC/laptop maupun untuk gadget seperti corel draw, adobe photoshop maupun adobe illustrator. Pada bagian depan kartu, biasanya dicetak desain berupa nama perusahaan atau instansi, jenis member dan kadang diberi huruf timbul.

Jika tidak ingin menggunakan huruf timbul sebagai nomor kartu atau nama pemilik akrtu anggota, bisa juga mungganakan magnetic stripe.

Contoh Kartu

Berikut adalah contoh kartu member yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk membuat desain member card:

Berikut ini adalah contoh kartu member Anggota komunitas. Anda bisa mencetak desain yang lebih menarik lagi sesuai komunitas Anda.

member card komunitas

Sedangkan ini adalah contoh kartu member belanja yang bisa Anda cetak untuk perusahaan Anda. Selain digunakan untuk menandai member, kartu ini dapat menambah pendapatan perusahaan.

fungsi member card

Ukuran Member Card

Ukuran kartu anggota sama dengan ukuran standar ID card yaitu 86 mm x 54 mm supaya mudah disimpan di dalam dompet atau card pouch.

Cetak Member Card

Butuh kartu anggota untuk perusahaan, institusi maupun lembaga Anda? Anda bisa memesannya di Bikinidcard.com. Kami merupakan vendor pembuatan ID card dan aksesorinya. Anda dapat memesan kartu ini di tempat kami dalam jumlah berapapun, karena kami tidak memberikan minimal order, kecuali pada kartu anggota printed ofset.

Tidak bisa mendesain? Tenang, tim desainer kami siap membantu Anda untuk membuat desain member card sesuai dengan keinginan Anda.

Harga Member Card

Harga member card produksi di percetakan member card Bikinidcard.com dapat Anda cek pada link berikut Whatsapp CS atau hubungi 0822 4303 3334 untuk melakukan pemesanan.

Daftar harga kartu member juga bisa dicek di website resmi kami bikinidcard.com. Anda juga dapat memesan langsung di kantor kami yang berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No. 550, KG 1, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55171.

Member Card

0.00
9.8

Rating

9.8/10