Merchandise

bikinidcard.com – Jika kamu tergabung dalam suatu komunitas maupun pernah mengikuti suatu acara, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan yang namanya merchandise. Lalu, apakah kamu bisa menjelaskan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis merchandise?

Merchandise

Jika kamu kesulitan untuk menjelaskannya, artinya kamu harus baca artikel ini hingga habis karena pada artikel ini akan dibahas tuntas segala hal tentang merchandise.

Merchandise Adalah…

Secara harfiah merchandise artinya adalah barang dagangan. Namun berbeda dengan barang dagangan pada umumnya, barang dagangan ini diproduksi dalam jumlah terbatas dan untuk segmen pasar tertentu. Biasanya barang ini diciptakan oleh seorang selebriti, penyanyi, penulis maupun seniman untuk dibeli oleh para penggemarnya. Merchandise tersebut nantinya akan dicetak nama, foto maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan mereka.

Selain dibuat oleh orang terkenal, juga dapat diterbitkan oleh suatu komunitas misalkan komunitas pesepeda, pendaki gunung, pecinta kopi, dan sebagainya. Merchandise yang diterbitkan oleh komunitas akan dijual kepada para anggotanya dan anggota dari komunitas lain yang satu nice.

Beberapa perusahaan juga ada yang menerbitkannya untuk kepentingan tertentu. Biasanya mereka akan membagikannya secara gratis kepada para kliennya maupun calon klien potensial.

Produk yang biasa dipakai banyak sekali. Setiap perusahaan, komunitas, artis atau orang berpengaruh pasti berbeda – beda menurut segmen target, didukung desain yang dicetak. 

Fungsi dan Tujuan Merchandise

Lalu apa tujuan orang-orang maupun komunitas menerbitkan merchandise? Apa fungsi merchandise bagi orang-orang yang membeli maupun mendapatkannya?

1. Memperoleh Keuntungan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biasanya merchandise dijual oleh pihak idola kepada para penggemarnya. Tidak ketinggalan komunitas itu sendiri menjual kepada para anggotanya. Jadi sudah jelas bahwa tujuan utama diciptakannya merchandise adalah untuk memperoleh keuntungan.

2. Meningkatkan Loyalitas

Biarpun tujuan utama pembuatan merchandise adalah untuk mencari keuntungan, tapi barang ini juga bisa berfungsi untuk meningkatkan loyalitas para penggemar seseorang maupun anggota suatu komunitas. Apalagi jika merchandise tersebut dibagikan secara gratis.

3. Branding

Tujuan dan fungsi merchandise yang berikutnya adalah untuk branding. Baik personal branding maupun company branding. Jika ada banyak orang yang menggunakan merchandise yang terdapat nama seseorang maupun sebuah perusahaan, lalu orang-orang tersebut menggunakan membawanya ke tempat yang ramai, pasti akan ada setidaknya satu hingga dua orang yang tidak sengaja melihat merchandise tersebut dan membaca tulisan maupun melihat gambar yang dicetak pada merchandise itu. Orang-orang tadinya tidak tahu jika ada orang maupun perusahaan tersebut akhirnya menjadi tahu.

Kamu mungkin berpikir jika hanya sekitar satu hingga dua orang yang akan mendapatkan informasi mengenai orang maupun perusahaan yang menerbitkan merchandise, lalu apa gunanya? Tentu saja berguna. Jika ada setidaknya 100 orang yang membeli merchandise tersebut, lalu secara tidak langsung setiap orang akan memberitahu kepada 1 orang mengenai seseorang maupun perusahaan yang bersangkutan, artinya ada 100 orang baru yang akan mendapatkan informasi mengenai seseorang maupun perusahaan tadi.

4. Identitas Diri

Tujuan dan fungsi mercahndise yang terakhir adalah sebagai identitas diri. Misalkan, suatu komunitas membagikan merchandise berupa kaos kepada para anggotanya. Kaos tersebut kemudian diwajibakan dipakai saat berwisata. Tanpa disadari ternyata ada anggota komunitas yang terpencar dengan teman-temannya. Supaya mudah mencarinya, anggota komunitas yang lain hanya perlu memperhatikan orang-orang yang mengenakan kaos dengan warna maupun corak yang sama dengan kaos merchandise yang mereka pakai.

Baca Juga : Cetak Merchandise Custom Unik Untuk Perusahaan

Jenis Merchandise

Jika kamu tertarik untuk bikin merchandise, tetapi bingung dalam menentukannya, di bawah ini ada 11 jenis merchandise yang bisa kamu jadikan inspirasi:

1. Mug

Mug merupakan barang yang paling banyak dijadikan sebagai merchandise oleh siapapun, bahkan beberapa agensi idola KPOP juga mengeluarkan merchandise KPOP resmi berupa mug. Banyak orang memilih mug sebagai merchandise karena mug merupakan barang yang dibutuhkan oleh semua orang. Selain itu biaya produksi mug tergolong murah.

2. Pin & Gantungan Kunci

Pin dan gantungan kunci juga banyak dipilih sebagai merchandise karena harganya sangat murah. Bahkan harganya jauh lebih murah dibandingkan mug. Namun, ketika pin dan gantungan kunci dijadikan sebagai merchandise suatu fandom, harga jualnya bisa naik hingga 5 kali lipat. Jadi, jika kamu berniat untuk menjual merchandise tetapi hanya memiliki dana sedikit, pin dan gantungan kunci adalah solusinya.

4. Tumbler Insert Paper

Merchandise tumbler

Baca Juga : Jual Marchandise Kaos Keren

Apa itu tumbler insert paper? Tumbler insert paper adalah tumbler plastik yang dapat disisipi kertas yang telah dicetak dengan suatu tulisan maupun gambar, misalkan logo dan nama komunitasmu. Jika target pasarmu adalah anak sekolah dan mahasiswa, tumbler insert paper merupakan keputusan yang tepat dipakai. Sebab, anak sekolah dan anak kuliahan pasti butuh botol minum.

5. Termos Portable

Termos portable atau yang lebih dikenal dengan nama tumbler stainless steel adalah botol minum yang terbuat dari logam anti karat. Rata-rata tumbler stainless steel dapat berfungsi untuk menyimpan air panas, tetapi daya tahan air panas yang disimpanna tidak selama termos sungguhan, paling lama 14 jam atau setengah hari. Termos portable termasuk dalam kategori merchandise mewah dengan harga yang mahal.

6. Kipas

Kipas yang dimaksud di sini bukan kipas listrik, ya, tetapi kipas kertas maupun kipas plastik. Mungkin jika kamu menjuak kipas kertas maupun kipas plstik biasa, nggak akan banyak orang yang membelinya. Namun, jika kamu mencetak suatu gambar maupun tulisan yang berkaitan dengan suatu hal, pasti akan laris manis. Contohnya kamu menjadikan kipas sebagai merchandise BTS, lalu kamu cetak ilustrasi wajah member BTS, pasti para ARMY bakal membelinya.

7. Jam Dinding

Seperti halnya tumbler stainless, jam dinding juga termasuk merchandise dengan harga yang mahal, tetapi harganya lebih murah dibandingkan harga tumbler portable.

8. Celengan Kaleng

Saat ini menabung di celengan kaleng rasanya sudah nggak zaman, sebab orang-orang lebih memilih menabung di bank, selain itu bank-bank swasta maupun negeri telah menerbitkan layanan pembukaan rekening melalui ponsel, jadi menabung di bank makin praktis. Meski begitu, jika kamu berniat menjadikan celengan kaleng sebagai merchandise non-official suatu tokoh, para penggemar fanatiknya pasti tetap akan membelinya, meskipun nggak butuh-butuh amat.

Oh ya, harga celengan kaleng juga termasuk murah lho. Kalau kamu menjualnya 2x lipat dari harga produksi, celengan kaleng tetap terlihat murah. Jadi, jangan khawatir jika nanti orang-orang nggak mau membelinya karena kemahalan.

9. Kaos

Selain mug, pin, gantungan kunci, dan kipas, kaos juga termasuk barang yang paling banyak dijadikan sebagai merchandise. Harga kaos custom beragam, tergantung dengan kualitas bahan pembuatan kaos dan teknik cetak desain yang dipakai.

Jika kaos tersebut terbuat dari bahan premium, biasanya harga produksi merchandise kaos sama dengan harga kaos-kaos distro. Begitu juga dengan teknik cetak yang dipaka, harga kaos sablon dengan kaos cutting atau pun cetak printing berbeda. 

10. Topi

Jika kamu merasa harga kaos terlalu mahal, maka kamu bisa ganti dengan topi. Apparel custom yang satu ini, biasanya dipakai oleh artis atau perusahaan dengan target market anak muda khususnya laki – laki. 

Merchandise topi

11. Flashdisk

Ingin merchandise yang anti mainstream? Flashdisk merupakan jawaban akan keinginanmu. Saat ini sangat jarang orang-orang maupun perusahaan yang menggunakan flashdisk, begitu juga dengan agensi.

Padahal, saat ini flashdisk sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran, jadi jika kamu mengeluarkan merchandise berupa flashdisk, dijamin bakal banyak orang yang berminat. Apalagi jika pada flashdisk tersebut dicetak nama seorang tokoh/grup idola.

Mau cetak flashdisk custom murah? Klik!

Contoh Merchandise Unik

Berikut contoh gambar di atas:

Contoh Merchandise Unik

Bagus-bagus, bukan? Kalau kamu jadi bingung mana merchandise yang harus kamu pilih, maka sesuaikan saja dengan budgetmu!

merchandise

0.00
9.8

Rating

9.8/10
logo bikinidcard putih
  • ALAMAT KANTOR

Bikinidcard
Jl. Nyi Agengnis No. 550, KG 1, Kel. Rejowinangun
Kec. Kotagede, Yogyakarta 55171

Google Maps :
(Klik langsung disini)

  • HARI DAN JAM KERJA

Buka: Senin – Sabtu
Jam: 09:00 – 17.00 WIB

Copyright © 2018 Bikinidcard.com | Registered under PT Bisa Bikin Sejahtera