Perlengkapan Panitia Qurban

Perlengkapan panitia qurbanbikinidcard.com. Sayangnya idul qurban kali ini berbarengan dengan pandemi COVID-19. Idul adha di momen pandemic seperti itu menjadikan para panitia harus menambah perlengkapan. Jika biasanya hanya pisau dan perlengkapan penyembelihan lain yang harus dibawa, kini ada perlengkapan tambahan. Apa saja perlengkapan tersebut?

perlengkapan panitia qurban

Perlengkapan Panitia Qurban di Masa Pandemi

Di bawah ini adalah perlengkapan panitia qurban di luar RPH-R yang wajib ada di masa pandemi.

  1. Masker Panitia Qurban

Perlengkapan pertama yang paling penting sudah pasti maker paniti qurban. Selain bertujuan untuk melindungi diri dari virus corona, masker bisa meminimalisir bau tidak sedap dari hewan kurban seperti bau darah, jeroan (isi perut), dan kotoran hewan kurban.

Selain itu, masker juga akan melindungi hewan kurban yang sedang dipotong/dikuliti dari napas dan droplets tukang jagal hewan kurban, sehingga daging qurban lebih terjamin kebersihannya.

Baca Juga : Cetak Masker Scuba Bergaransi

  1. ID Card Panitia Qurban

Perlengkapan kedua yang wajib ada saat idul adha di masa pandemi yang kedua adalah ID card panitia qurban (link). ID card panitia qurban sangat penting agar orang-orang dapat membedakan mana panitia qurban dan mana warga yang menonton/membantu memotong daging qurban.

Jika para panitia tidak menggunakan ID card paniti qurban maka orang-orang yang akan mencari mereka akan kesulitan karena semua orang yang ada di lokasi penyembelihan hewan kurban tampak sama semua, tidak ada ciri khusus yang membedakan.

  1. Tali ID Card Panitia Qurban

Ada ID card harus ada tali ID card karena tanpa adanya tali ID card maka kartu identitas panitia qurban tersebut tidak dapat dikenakan. Bila ID card tidak dikenakan maka sia-sia saja membawa ID card sebab ia tidak bisa menunjukkan identitas para panitia qurban. Orang-orang yang hendak mencari panitia tetap akan kerepotan karena tidak ada yang memebdakan antara panitia dan orang lain.

Supaya ID card bisa berfungsi sebagaimana mestinya maka setiap panitia qurban wajib menggantungkannya pada tali ID card panitia qurban.

Baca Juga : Cetak Tali ID Card Printing

  1. Sabun Tangan atau Hand Sanitizer

Jangan lupakan sabun tangan atau hand sanitizer. Panitia wajib menyediakannya supaya panitia maupun warga yang membantu memotong daging qurban bisa mencuci tangan mereka, sehingga daging tetap steril. Selain untuk menjaga kesterilan daging, sabun maupun hand sanitizer juga berguna untuk membersihkan tangan dari noda darah hewan kurban.

  1. Pengukur Suhu Badan

Pengukur suhu badan juga tidak boleh dilupakan untuk memastikan bahwa setiap panitia, tukang jagal maupun warga yang hendak membantu proses penyembelihan maupun pemotongan hewan kurban dalam kedaan sehat, tidak menampakkan ciri-ciri COVID-19.

  1. Sarung Tangan

Biasanya panita maupun warga yang menguliti maupun memotong hewan kurban tidak menggunakan sarung tangan. Namun di masa pandemi seperti saat ini sebaiknya gunakan sarung tangan dari karet seperti yang digunakan oleh tenaga medis untuk membedah pasien. Tujuan menggunakan sarung tangan adalah untuk menjaga kebersihan daging qurban. Selain itu juga untuk mencegah penularan bakteri, kuman hingga virus.

Bukan hanya itu, menggunakan sarung tangan juga membuat proses mencuci tangan lebih cepat karena tangan tidak terlalu kotor. Bila tidak menggunakan sarung tangan, telapak tangan pasti akan sangat kotor, aroma daging mentah biasanya akan bertahan selama beberapa jam bahkan berhari-hari.

Selain menyediakan perlengkapan-perlengkapan di atas, panitia juga harus membuat peraturan social distancing. Para warga yang hendak membantu menguliti hewan kurban maupun memotong daging hendaknya saling berjarak minimal  1 meter. Jika tidak memungkinkan maka sesuaikan dengan area yang digunakan untuk memotong hewan kurban.

Perlengkapan Panitia Qurban

0.00
9.8

Rating

9.8/10