Persiapan Menyambut New Normal

Menyambut new normalbikinidcard.com. Pemerintah Indonesia telah memberlakukan “New Normal” setelah masa PSBB. Masyarakat sudah bisa beraktivitas di luar rumah seperti biasa, tetapi dengan menaati protocol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Menyambut New Normal

Supaya kita bisa menjalani new normal sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, yuk simak 9 tips menyambut new normal berikut.

Tips Menyambut New Normal

  1. Gunakan Masker

Menggunakan masker selama bepergian adalah salah satu protokol yang wajib ditaati selama new normal untuk mencegah penularan virus corona. Selain itu masker juga berfungsi melindungi saluran pernapasan dari polusi serta kulit wajah dari debu jalanan.

Baca Juga : Bikin Masker Printing Wajah Sendiri

Kalau kamu berpikir bahwa tidak ada satpol PP maupun petugas khusus di jalanan yang akan mengawasimu kamu tidak bisa bersantai begitu saja. Sebab pusat perbelanjaan, tempat makan dan tempat-tempat umum lainnya kini mewajibkan setiap pengunjungnya untuk mengenakan masker. Sementara itu mereka tidak menyediakan masker untuk para pengunjung. Jadi dari awal kamu memang harus menggunakan masker.

Mau bikin masker kece? Klik!

  1. Bawa Hand Sanitizer

Pusat perbelanjaan dan tempat-tempat makan kini menyediakan tempat cuci tangan bagi para pengunjung. Namun bisa jadi ketika kamu berada di suatu tempat yang tidak tersedia tempat cuci tangan misalkan di perjalanan saat gowes kamu merasa lapar dan ingin beristirahat sebentar untuk memakan bekal yang kamu bawa. Oleh karena itu kamu wajib membawa hand sanitizer, paling tidak membawa tisu basah yang mengandung alcohol.

  1. Bawa Perlengkapan Pribadi

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadimu seperti alat makan dan perlengkapan ibadah. Meskipun warung makan-warung makan memebersihkan alat makan mereka sebersih mungkin, tapi di masa pandemic seperti saat ini ada baiknya kamu membawa alat makan sendiri supaya kesehatanmu lebih terjamin.

Selain itu jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan ibadah karena tempat-tempat ibadah yang mulai dibuka kembali, di masa pandemic ini tidak akan menyediakan perlengkapan ibadah untuk umum supaya memutus rantai penularan virus corona.

  1. Jaga Jarak

Terapkan jaga jarak sesuai dengan tanda yang telah disediakan di tempat umum. Biasanya tempat umum seperti pusat perbelanjaan memberikan tanda untuk berjaga jarak berupa tanda silang. Arti dari tanda silanga adalah berada tidak boleh berada di titik tersebut. Namun bila di tempat umum yang kamu kunjungi tidak terdapat tanda untuk jaga jarak, kamu tetap harus menerapkan jaga jarak secara mandiri.

  1. Bawa Bekal Sendiri

Jika kamu sudah mulai bekerja atau akan bepergian, sebaiknya bawa bekal yang kamu masak sendiri supaya kamu yakin dengan kehigienisannya.

  1. Cuci Bersih Sayur dan Buah

Setiap akan makan sayur dan buah jangan hanya cuci dengan air, cuci dengan sabun khusus untuk sayur dan buah. Beberapa sabun cuci piring ada yang bisa digunakan untuk mencuci sayur dan buah.

  1. Masak Olahan Hewani Hingga Matang

Kalau kamu pecinta olahan daging dan telur setengah matang bahkan cenderung mentah, sebaiknya hindari makan daging maupun telur setengah matang maupun mentah selama masa new normal. Masaklah daging dan telur hingga matang sempurna untuk membunuh bakteri di dalamnya.

Bukan hanya itu, jika kamu membeli susu segar yang masih mentah, masaklah hingga mendidih supaya benar-benar aman.

Baca Juga : Bagaimana Infeksi Virus Corona

  1. Hindari Kerumunan

Usahakan untuk menghindari kerumunan. Misalkan kamu akan belanja di pasar yang biasanya antreannya tidak jelas maka tunggulah hingga kerumuman tersebut tidak sesak, jika perlu pindah ke lapak lain yang lebih sepi.

  1. Minum Vitamin

Jangan lupa untuk minum vitamin yang berguna untuk menambah daya tahan tubuh seperti vitamin C dan vitamin B kompleks.

Nah, sekian tips dari kami untuk menyambut new normal. Jadi, apa kamu sudah benar-benar siap?